Cara Absen di E-Learning

Cara Absen di E-Learning
Cara Absen di E-Learning

Metode pembelajaran secara elektronik ini, banyak dijumpai di kalangan kampus. Kalau di Sekolah Menengah ke Atas sampai dengan tingkatan SD, kebanyakan menggunakan bantuan dari Classroom. Buat kalian yang sudah menjadi seorang mahasiswa, wajib banget ketahui bagaimana cara absen di elearning. Supaya, absensi atau nilai kehadiran kamu jadi tidak nol.

Pengajaran berbasis website tersebut, bisa kalian akses melalui smartphone, PC, atau laptop. Akan tetapi, kamu harus tepat waktu. Pasalnya, apabila dosen sudah menentukan berapa lama seorang mahasiswa dapat mengerjakan soal. Sistem dapat langsung tertutup  secara otomatis, tanpa menunggu sampai user bisa menyelesaikan soalnya. Artinya, harus perhatikan waktu!

Untungnya, meskipun terasa sangat diburu oleh waktu. Tenaga pengajar memiliki kuasa yang cukup besar untuk dapat berikan keringanan tambahan bagi mahasiswanya. Oleh karena itu, kalian jangan langsung panik. Siapa tahu kan, ada perubahan yang terjadi. Kemudian, user harus menggunakan NIM untuk nama pengguna. Kata sandi di elearning sendiri, bisa diganti.

Cara Absen di E-Learning

Cara Absen di E-Learning
Cara Absen di E-Learning

Cara Absen di Elearning yang Telat

Buat kalian yang sudah terbiasa di zona nyaman, dan terkadang lupa kalau saat itu adalah hari untuk masuk sekolah. Tenang, kamu tetap bisa bersantai, asalkan saat waktunya ulangan serta mengerjakan tugas dikerjakan secara mandiri ya… Tips yang akan dijelaskan berikut, hanya berlaku untuk pengisian absensi di kelas saja. Bukan BOT yang bisa menjawab pertanyaan.

Cara absen di elearning yang telat, dapat kalian lakukan melalui perangkat smartphone. Tidak perlu menggunakan PC/ laptop. Caranya juga cukup praktis. Kalau tampilan di layar tampak terpotong, kamu bisa klik titik tiga vertikal yang berada di pojok kanan paling atas. Lalu, tap Dekstop site sampai muncul tanda centang di samping tulisannya. Simak penjelasannya disini.

  • Tekan bagian paling atas di luar kotak (sembarang tempat) untuk mengaktifkan mode perubahannya
  • Kemudian, tekan tanda + tambahkan sebuah aktivitas atau sumber data. Posisinya, berada di paling bawah sebelah kanan layar
  • Lanjutkan cara absen elearning secara otomatis, dengan memasukkan judul absen di kolom nama. Pengisian kolom di bawahnya, bisa disesuaikan kebutuhan kalian masing-masing
  • Selesai mengisi semua kolom tersebut, kalian bisa pindah ke proses berikutnya. Yaitu, dengan pilih tombol “Simpan dan Kembali ke Kursus”
  • Lalu, pilih di bagian topik absensi pada matakuliah yang kalian ikuti
  • Layar akan menunjukkan tampilan untuk mengubah atau edit atau menambahkan absensi di kelas dan mata kuliah tertentu  (Attendance for The Course)
  • Pada kolom session, tampak semua kolom isinya kosong. Lalu, kalian pilih “Add atau Tambahkan” untuk diarahkan ke tampilan berikutnya
  • Klik atau centang “Create Multiple Sessions”, dan centang juga di bagian “Allow Student to Record Own Attandace”. Isi kolom session date, session end date, frequency
  • Di bagian pilihan “Duration”, dan “Session Days” dapat kalian tentukan sendiri sesuai kebutuhan pembelajaran
  • Selesai lakukan edit di kolom session, kalian tinggal lanjutkan dengan pilih “Add Session”. Nanti, secara otomatis secara berkala sesuai dengan frekunsi yang telah diisi akan muncul kolom absensi di waktu tersebut
  • Lihat prosesnya, sama seperti ketika kalian belum menggunakan trik cara absen di elearning yang telah dijelaskan di atas
  • Nanti, akan tampak tanda yang beda dibandingkan ketika kalian lakukan secara manual
  • Kamu bisa langsung mengubahnya di menu setelan atau pengaturan absen (setting). Ganti akrnoym , nilai, serta keterangan pada bagian tersebut
  • Beres mengisi semua kolom. Kemudian, pilih tombol perbaharui atau “update”. Bisa juga dengan menambahkan keterangan lain pada kotak “Add
  • Selesai melakukan perubahan, diamkan sampai mahasiswa di mata kuliah tersebut dapat lakukan absensi secara mandiri.

Cara Absen di Elearning Madrasah

Pembelajaran dengan konsep teknologi atau yang lebih sering disebut dengan elearning ini, secara umum diaplikasikan di dunia pendidikan. Termasuk juga, sekolah-sekolah madrasah yang notabengenya mengedepankan pelajaran sambil menjunjung tinggi nilai agama islam. Oleh sebab itu, siswa-siswi yang bersekolah di tempatnya mendapat julukan sebagai santri.

Terlepas dari apa yang diajarkan oleh sekolahan madrasah, dan julukan yang diberikan oleh masyarakat bagi mereka yang berperan sebagai tenaga pengajar ataupun murid. Ada hal yang jauh lebih penting untuk dipahami. Ya, bagaimana cara absen di elearning madrasah. Perihal, caranya, terkadang kamu akan menemukan tampilan yang berbeda. Tergantung dari kampus.

Namun, sebagian besar caranya hampir mirip dengan apa yang telah dijelaskan sebelumnya. Kali ini, hal yang akan dibahas masih seputar elearning. Hanya saja,  bukan pengertian atau trik untuk isi absensinya. Melainkan, apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh orang yang menggunakan sistem belajar berbasis teknologi tersebut. Berikut, penjelasan selengkapnya!

1. Model Belajar dengan Konsep Mandiri

Siapapun kalian, selama sudah terikat atau tergabung dengan lingkup sekolah. Pasti akan ada saatnya untuk mengikuti kegiatan belajar yang berdasarkan kurikulum saat itu. Kebetulan nih, kurikulumnya banyak yang lebih menuntut para siswa atau mahasiswa untuk dapat lakukan pengerjaan tugas secara mandiri. Artinya, tenaga pengajar bisa menyampaikan dasarnya saja.

Apakah kamu berhasil atau tidak dalam memahami, dan mengerjakan tugas di kemudian hari. Hal tersebut, bukan tanggung jawab dari pihak pengajar. Melainkan, diri kalian sendiri. Loh kok begitu? Ya memang, soalnya kurikulum yang dibuat pada dasarnya ingin melihat siswa-siswi aktif di setiap mata pelajaran yang dirinya ikuti. Kalau tidak mengerti, harus bertanya.

2. Biaya yang Dikeluarkan Jauh Lebih Hemat

Kalau kita bahas soal anggaran yang dikeluarkan, tentu jawaban dari pihak penyelenggara atau administrasi akan lebih memilih untuk melanjutkan budaya pembelajaran elearning. Ya, soalnya biaya yang dikeluarkan dalam pengoperasinnya tidak membengkak. Dana yang ada dapat diakumulasikan secara efisien ke bagian fasilitas ataupun sarana lainnya. Hemat deh…

Pokoknya, apabila kalian kalkulasikan biaya yang dibutuhkan ketika pelajaran tatap muka secara langsung dengan versi elearning. Pasti, rupiah yang dikeluarkan bisa jauh lebih hemat bukan? Nah, itulah yang diharapkan oleh para pekerja administrasi. Sehingga, anggaran dapat ditingkatkan untuk keperluan yang lebih penting. Contoh, beasiswa atau perbaikan sarana.

3. Waktu Belajar yang Fleksibel

Selain itu, manfaat yang dapat dirasakan oleh para siswa atau mahasiswanya terletak di jam pembelajaran. Ini penting! Mengingat banyak orang yang mengambil kuliah di sebuah universitas sambil melakukan pekerjaan. Artinya, di satu sisi mereka butuh untuk menuntut ilmu. Namun, di sisi lain dirinya juga harus mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh sebab itu, waktu belajar yang fleksibel menggunakan sistem elearning sangat membawa dampak positif bagi mereka yang kesulitan membagi waktu dengan pekerjaan. Selain kita bisa temukan hal baiknya, ternyata ada juga negatif yang ditimbulkan. Tapi, tergantung dari kepribadian masing-masing. Beberapa diantaranya ada yang menyepelekan dan acuh tak acuh.

So, kalian mau jadi siswa yang tetap patuh meskipun tidak berhadapan langsung dengan para tenaga pengajar, atau malah sebaliknya. Ingat! Biaya pendidikan itu mahal loh.. jangan kamu sia-siakan ya.. Sudah paham kan cara absen di elearning? Sekian perjumpaan kita kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Bye bye!

Related posts