Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil

Bagaimana cara merawat kucing kecil? Merawat kucing memang hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Meskipun Kamu belum bisa membeli Anggora atau Persia, Kamu bisa memulainya dengan merawat kucing kampung terlebih dahulu. Bahkan tak sedikit orang merawat kucing kampung kecil sampai dewasa. Kucing memang hewan peliharaan yang menggemaskan dan cara perawatannya juga sangat mudah. Jadi wajar jika banyak orang tertarik merawat kucing.

Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil
Merawat Kucing Kecil

Merawat Kucing Kampung dari Kecil

Jika dibandingkan kucing lain, tentu saja kucing kampung mempunyai sifat sedikit lebih liar. Ini artinya kucing ini selain bermain di rumah juga seringkali pergi ke tempat ramai, ke kebun, atau kemanapun. Hanya saja, masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat kucing kecil kampung dengan benar. Namun Kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat kucing :

1. Rawat Kucing dari Kecil

Jika dibandingkan merawat kucing besar, tentu akan semakin menyenangkan jika Kamu merawat kucing kampung dari kecil. Cara merawat kucing kecil sebenarnya cukup mudah. Apalagi kucing kampung yang masih kecil biasanya sangat menggemaskan. Di samping itu, Kamu pun dapat membentuk karakter binatang peliharaanmu ini sesuai keinginan apabila merawatnya dari sejak kecil.

Kucing kampung yang berumur 3 bulan biasanya sangat ideal sebab biasanya mereka sudah mampu minum sendiri, serta tidak tergantung pada air susu induknya. Inilah yang membuat cara merawat kucing kecil kampung tak terlalu sulit.

2. Pemberian Makanan yang Cukup

Apapun jenis hewan peliharaanmu, tentu saja Kamu harus memberinya makan. Sama halnya dengan memelihara kucing kampung, penting untuk mengetahui jenis makanannya. Kamu harus tahu bahwa secara naluriah, kucing kampung menyukai makanan berupa ikan serta daging buruannya. Namun kebiasaan makan daging dan ikan dapat diubah apabila Kamu membiasakan kucing memakan makanan rumah dari sejak kecil.

Apabila Kamu berniat merawat kucing kampung, tentu saja Kamu wajib menyediakan minuman dan makanan yang cukup dan layak. Seperti mulai memberikan nasi yang dicampur dengan ikan halus. Supaya kebutuhan nutrisi kucing terpenuhi, Kamu harus menyediakan makan kucing setidaknya 2-3 kali sehari. Asalkan porsinya tak terlalu banyak supaya kucing tidak obesitas.

Selain itu, jika Kamu merawat kucing yang masih cukup kecil, sebaiknya beri susu 2 kali sehari supaya pertumbuhannya lebih baik dan sehat.

3. Biarkan Kucing Berburu Tikus Namun Jangan Sampai Memakannya

Sebenarnya karakter alami dari kucing kampung ialah berburu tikus. Pasalnya daging tikus dari hasil uruannya seringkali menjadi makanan yang mereka sukai. Namun jika Kamu ingin merawat kucing kampung, maka sebaiknya beri makanan kucing yang layak serta mengandung nutrisi baik bagi kucing. Jadi bukan berarti harus melarangnya untuk berburu tikus.

Berburu tikus boleh-boleh saja karena kita tidak bisa menghapus sifat alaminya, asalkan jangan sampai kucing peliharaanmu memakannya. Selain itu, berburu tikus juga sengat membantumu untuk menjaga agar rumah dijauhi dari hama dan tikus.

4. Buatkan Tempat yang Layak Untuk Kucing

Cara merawat kucing kecil selanjutnya ialah buatkan kandang atau tempat kucing. Kucing kampung memang tidak bisa selalu tinggal di dalam rumah. Namun Kamu tetap perlu membatasi waktu bermain kucing di luar serta membuatkannya kandang untuk tempat tinggal kucing dengan nyaman.

Apabila memungkinkan, Kamu bisa membuatkan tempat latihan buang air dan tempat pup di dalam kandang. Sehingga, kebersihan kandang kucing tetap terjaga. Kamu tinggal membersihkan kandangnya saja secara rutin tiap dua minggu sekali.

Selain itu, pastikan pula kandang kucing tetap hangat dan bersih supaya nyaman serta tak menimbulkan kuman yang menyebabkan penyakit.

5. Sering Mengajak Kucing Bermain

Kamu juga harus meluangkan waktu mengajak kucing bermain. Karena akan lebih menyenangkan apabila kucing kampung tak hanya sekedar sebagai binatang peliharaan saja melainkan juga sebagai sahabat untuk bermain. Selain itu, kucing kampung biasanya akan merasa semakin nyaman apabila majikannya sering bermain bersama mereka. Baik itu di luar maupun di dalam rumah.

Namun pastikan jangan sampai kucingmu terlalu capek sebab mereka juga butuh wakut untuk beristirahat sekitar 10 jam setiap hari. Tentu saja Kamu mungkin tak mau jika kucing peliharaanmu kurus. Namun bukan berarti kucing terlalu gemuk bisa dibilang sehat.

Dengan kata lain, Kamu harus mengetahui bagaimana cara agar kucing tetap sehat dan menggemaskan.

6. Pemberian Vitamin

Cara merawat kucing kecil berikutnya ialah Kamu bisa memberikan asupan vitamin di samping memberikan makanan yang sehat bagi kucing. Karena biasanya kucing kurus disebabkan oleh nafsu makannya yang sedikit. Agar nafsu makan hewan peliharaanmu ini bertambah, Kamu tentu saja harus memberinya vitamin.

Adapun vitamin yang biasa digunakan ialah minyak ikan. Kamu dapat membeli minyak ikan di apotek. Selain itu, ada pula pakan kucing dengan vitamin yang dapat Kamu beli lewat petshop.

7. Pemberian Vaksin

Meskipun Kamu merawat kucing kampung, tetap saja demi kesehatan kucing Kamu harus memberikan vaksin. Kucing yang gemuk dan suka makan juga belum tentu dapat terhindar dari yang namanya penyakit. Supaya kucing kecil kampungmu gemuk dan sehat, dibutuhkan pemberian vaksin untuk kucing secara khusus.

Dalam pemberian vaksin, kamu bisa membawa kucing tersebut ke dokter hewan. ilahkan ikuti saran dokter untuk kesehatan kucingmu.

8. Mengelus Kucing Setiap Waktu

Selain cara merawat kucing kecil dari segi makanan dan kandang, tentunya Kamu juga perlu memberikan perhatian lebih pada kucing. Untuk membuat kucing lebih jinak. Kamu bisa mengelus kucing kampung yang diadopsi setiap waktu supaya mereka merasa diperhatikan.

9. Menggendong Kucing Ketika Memandikan

Supaya kucing tidak takut lagi dengan air, Kamu bisa menggendongnya saat memandikan. Ketika kucing merasa nyaman, maka ia dapat beradaptasi dengan lingkungan baru seperti mandi menggunakan sabun dan air.

10. Melatih Kucing dari Kecil

Kamu juga harus melatihnya dari kecil untuk membuat kucing lebih jinak. Terlebih lagi jika Kamu mengadopsi kucing kampung tersebut sejak bayi. Ada banyak cara untuk membuat kucing manja dan jinak yang bisa dilakukan dan sangat mudah.

11. Melatih Buang Air di Kota Pasir atau Litter Box

Kamu juga bisa melatih kucing kesayanganmu supaya tidak pup dimana saja atau sembarangan. Kamu dapat menyimpan litter box tepat di dekat kucing. Karena secara insting, mereka akan pup atau buang air kecil di tempat tersebut.

12. Berikan Mainan yang Disukai Oleh Kucing

Kamu bisa memberikan mainan unik atau mainan favorit kucing, sebab kucing biasanya suka iseng dan menyukai mainan-mainan tertentu.

Itulah 12 cara merawat kucing kecil kampung yang bisa Kamu coba agar kucing lebih jinak dan tumbuh dengan baik. Selain itu, bagi kucing yang masih bayi, pastikan Kamu selalu membersihkan kotoran matanya supaya kebersihannya tetap terjaga. Selain itu, ikuti panduan di atas untuk merawat kucing kampung sejak kecil.

Related posts