Cara Daftar IMEI iPhone

IMEI Smartphone kini memiliki peranan sangat penting, terkait legalitas smartphone itu sendiri. Hal ini juga sudah menjadi standar wajib yang diberlakukan oleh pemerintah kepada setiap pemilik smartphone. Dengan demikian setiap smartphone yang dijajakan di pasaran wajib mendaftarkan nomor IMEI, sama halnya dengan pengguna iPhone.  Jika Kamu membeli iPhone dari luar negeri, maka harus mendaftar IMEI iPhone terlebih dahulu dengan cara daftar IMEI iPhone.

Berbicara tentang IMEI, jika Kamu baru mendengar istilah ini, IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity, yang artinya nomor identifikasi perangkat hp yang didalamnya terdapat 15 kode digit rahasia. Umumnya di dalam kode IMEI terdapat kode assembling, serial nomor ponsel, kode manufaktur dan kode negara.

Read More

Mengingat produk iPhone terbaru sendiri seringkali lama dirilis di tanah air, oleh sebab itu biasanya pengguna iPhone harus mendaftarkan nomor IMEI. Apalagi jika Kamu baru membelinya dari luar negeri, penting sekali melakukan cara daftar IMEI iPhone.

Cara Daftar IMEI iPhone

Cara Daftar IMEI iPhone
Mendaftar IMEI iPHone

Tutorial Mendaftar IMEI iPhone

Melakukan pendaftaran IMEI sendiri bisa dilakukan lewat web resmi dari Bea Cukai ataupun lewat aplikasi secara online. Namun perlu diketahui, biasanya layanan untuk mendaftarkan IMEI iPhone paling lambat yaitu 60 hari sesudah pembelian dan kedatangan produk. Maka dari itu, Kamu harus segera melakukan registrasi IMEI iPHone ketika perangkatmu tiba. Berikut cara daftar IMEI iPhone yang bisa dilakukan :

Terkait:  Cara Cek IMEI

1. Mendaftar IMEI iPhone Melalui Web Resmi Bea Cukai

Cara daftar IMEI iPhone lewat web resmi Beacukai sendiri sebenarnya paling mudah dan praktis, karena Kamu tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke situs web beacukai.go.id memakai web browser yang Kamu gunakan.
  • Lakukan pengisian formulir untuk pendaftaran dengan lengkap.
  • Setelah itu, Kamu pun akan menerima kode QR dan ID registrasi.
  • Silahkan bawa perangkat iPhone yang ingin Kamu daftarkan nomor IMEI-nya langsung ke layanan pemeriksaan di Bea Cukai.
  • Jika sudah di ACC, selanjutnya Kamu akan menerima nomor IMEI.
  • Selamat, kini iPHone-mu sudah dapat dipakai untuk kebutuhan layanan mobile.

2. Mendaftar IMEI iPhone Lewat Aplikasi

Sebelum Kamu melakukan cara daftar IMEI iPhone ini, Kamu tentu harus mendownload dan menginstal aplikasi Beacukai. Baru kemudian, bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Lakukan registrasi terlebih dahulu, caranya inputkan kelengkapan data diri, berupa data penerbangan, nama serta produk di dalam formulir yang telah tersedia.
  • Setelah itu, inputkan identitas mengenai produk iPhone milikmu, seperti merk hp dan tipenya.
  • Simpan semua data tersebut dalam formulir yang Kamu isikan, lalu ketuk ‘complete’ selanjutnya tunggu sampai muncul ID registrasi dan kode WR.
  • Setelah itu, Kamu tinggal membawa perangkat iPhone menuju pos pemeriksaan layanan Bea Cukai yang ada di bandara guna memperoleh nomor IMEI dan menerima persetujuan. Jika Kamu sudah menerima nomor IMEI, maka Kamu bisa langsung memasang SIM Card yang digunakan.

Cara Cek IMEI iPhone Sudah Terdaftar atau Belum

Jika Kamu sudah mengetahui cara daftar IMEI iPhone di atas, maka langkah berikutnya yang harus Kamu ketahui ialah mengecek IMEI iPhone apakah sudah terdaftar atau belum. Berikut ada beberapa metode pengecekan IMEI perangkat iPhone yang dapat dipilih, di bawah ini :

Terkait:  Cara Daftar IMEI HP

1. Cek Nomor IMEI iPhone Lewat Setting

Jika Kamu ingin mengecek nomor IMEI iPhone milikmu apakah sudah terdaftar atau belum, maka Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan buka menu settings.
  • Setelah itu, masuk ke menu general di perangkat iPhone.
  • Lalu ketuk ‘About’ dan Kamu akan menerima informasi terkait iPhone yang dipakai, salah satunya nomor IMEI.

2. Cek Nomor IMEI iPhone Melalui Kode Dial

Pengecekan nomor IMEI iPhone juga dapat dilakukan dengan mengakses kode panggilan di *#06#. Ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke dial pad di perangkat iPhone-mu.
  • Kemudian ketikkan *#06# di menu panggilan.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan sebanyak 15 digit IMEI pada layar iPhone.

3. Cek Nomor IMEI iPhone Lewat Slot SIM Card

iPhone bisa dikatakan sebagai perangkat eksklusif yang menawarkan kualitas terbaik untuk setiap part-nya, bagkan Kamu bisa menemukan nomor seri di tiap part-nya tersebut. Salah satunya ialah slot kartu SIM yang terdapat pada nomor IMEI. Dengan kata lain, Kamu bisa mengecek nomor IMEI tersebut lewat slot kartu SIM. Baik iPhone 3G maupun iPhone 11 terbaru sekalipun telah disematkan nomor IMEI pada slot kartu SIM-nya.

4. Cek IMEI iPhone Lewat Aplikasi iTunes

Setiap pengguna perangkat iPhone, sangat diwajibkan mengunduh aplikasi iTunes di laptop atau PC. Mengingat iTunes sendiri adalah aplikasi spesial yang hanya terdapat pada iPhone untuk menunjang aktivitas perangkat iOS, salah satunya bisa mengecek nomor IMEI lewat iTunes.

Berikut langkah-langkah pengecekan IMEI via iTunes untuk perangkat iPhone :

  • Untuk melakukannya, Kamu bisa memakai perangkat komputer atau mac OS.
  • Namun sebelumnya, Kamu harus menginstal iTunes terlebih dahulu.
  • Silahkan masuk ke aplikasi, buka lalu jalankan aplikasi iTunes.
  • Kemudian sambungkan perangkat iPhone ke perangkat Mac.
  • Selanjutnya pastikan perangkat iPhone sudah terkoneksi dan bisa terbaca di iTunes.
  • Setelah itu, tekan ikon hp/ponsel.
  • Kemudian pilih ‘Ringkasan’ atau ‘summary’.

Itulah beberapa cara cek IMEI perangkat iPhone yang wajib Kamu ketahui. Mengingat pentingnya IMEI bagi legalitas perangkat iPhone itu sendiri, maka sudah seharusnya Kamu mencoba cara daftar IMEI iPhone terlebih dahulu agar tidak diblokir.

Terkait:  Cara Transfer Dana ke Bank

Bagi Kamu penggemar perangkat iPhone, mungkin Kamu tertarik dengan seri iPhone terbaru dan ingin membelinya dari luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui jika ingin membeli barang dari luar, masi simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Aturan Mengenai Pembelian Produk dari Luar Negari

Misalnya jika Kamu ingin melakukan pembelian seri iPhone terbaru dari luar negeri dan tak sabar jika harus menunggu dirilis di Indonesia. Cara paling cepat yaitu dengan membeli perangkat iPhone tersebut ke luar negeri. Apabila Kamu melakukan pembelian produk iPhone di mancanegara, sudah pasti harus mempersiapkan anggaran berlebih daripada harus menunggu membelinya di tanah air. Sebab biasanya, jika melakukan pembelian produk dari luar, akan dikeakan tambahan pajak yang telah diberlakukan berdasarkan undang-undang.

Pihak kementrian komunikasi dan informatika, keuangan dan kementrian perdagangan sendiri telah menetapkan peraturan terkait IMEI perangkat hp. Nantinya peraturan tersebut mengatur nomor IMEI yang semestinya terdaftar dalam database pemerintah.

Dengan kata lain, jika perangkat hpmu tidak memiliki nomor IMEI yang terdaftar, maka perangkat iPhone yang Kamu beli bisa langsung terblokir. Wajar jika hal inilah yang membuat produk yang dibeli dari luar harganya lebih mahal.

Namun jika Kamu telah mempersiapkan budget berlebih untuk melakukan pembayaran pajak yang harus ditanggung ketika membeli iPhone dari mancanegara, tentu akan lebih mudah. Kamu bisa melakukan pembelian iPHone secara online di Official resmi di luar negeri atau mungkin langsung datang ke outletnya yang ada di luar negeri. Namun jangan lupa untuk mendaftar IMEI setelah menerima produk iPhone dengan cara daftar IMEI iPhone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts