Cara Download dari YouTube

Bagaimana cara download dari YouTube? Apakah kita bisa mendownload video dari Youtube tanpa menggunakan aplikasi? Apakah video yang didownload dari YouTube akan memiliki kualitas yang bagus? Apakah kita bisa mendownload video dari YouTube dengan menggunakan Smartphone Android?

Beragam pertanyaan di atas kerap kali ditanyakan oleh para pengguna YouTube. Sebagaimana kita tahu YouTube sendiri merupakan salah satu layanan video streaming yang memiliki jumlah pengguna terbanyak.

Pada platform YouTube ini kita bisa menonton video, yang diupload oleh para pembuat video di Youtube atau yang sering dikenal dengan content creator.

Beragam video yang bisa kita tonton di YouTube, mulai dari video tutorial, video prank, video hiburan, video edukasi, atau bahkan video-video lainnya.

Enggak cuma itu saja, youTube juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, dari video yang kita upload. Kita bisa mendapatkan banyak sekali subscriber atau langganan, apabila video yang kita upload menghibur para penonton.

Bahkan saat ini YouTube juga sudah menjadi sarana promosi yang paling banyak digunakan oleh para brand, melalui layanan endorse yang disediakan oleh content creator. Tentunya hal ini bisa menjadi penghasilan tambahan untuk para content Creator dari YouTube.

Selain itu YouTube juga kerap digunakan untuk sarana belajar bagi para mahasiswa, pelajar, atau mungkin orang awam yang sedang mencari video tutorial.

Sebab dengan menggunakan YouTube kita tidak perlu melakukan pembayaran ketika menonton video, mungkin akan ada beberapa iklan yang muncul, baik sebelum video tayang ataupun di tengah video ketika diputar.

Namun hal ini tidak mengganggu, sebab video-video iklan yang muncul tersebut, merupakan sumber penghasilan dari pada konten kreator. Walaupun begitu Kalian juga bisa kok melakukan langganan YouTube premium, untuk menikmati menonton video tanpa gangguan iklan.

Jika Mungkin kalian terganggu dengan adanya iklan pada saat menonton video di YouTube, kalian bisa terlebih dahulu mendownload video di YouTube, untuk kemudian bisa ditonton secara offline, baik dari perangkat smartphone ataupun komputer dan juga laptop.

Sayangnya masih sedikit loh orang-orang yang mengetahui cara download dari YouTube, padahal caranya gampang banget loh.

Cara Download dari YouTube

Cara Download dari YouTube
Download dari YouTube

Cara Download dari YouTube lewat IDM

Cara pertama ini dikhususkan untuk para pengguna komputer ataupun laptop. Disini kita membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama IDM atau Internet Download Manager.

Nah buat yang seringkali melakukan aktivitas download pada komputer dan juga laptopnya, mungkin aplikasi ini sudah tak lagi asing. Sebab selain mendapatkan koneksi download yang stabil dan juga cepat menggunakan IDM, kalian juga bisa kok mendownload video dari YouTube dengan mudah.

  • Download terlebih dahulu aplikasi IDM melalui situs resmi IDM
  • Setelah aplikasinya terdownload silakan kalian instal IDM seperti biasa hingga selesai
  • Setelah proses instalasi selesai kalian akan otomatis diarahkan untuk membuka Browser, untuk mengaktifkan ekstensi dari IDM.
  • Terakhir kalian tinggal mengikuti instruksi yang diberikan ketika browser terbuka
  • Jika sudah terinstal, maka Kalian bisa membuka browser kembali, dan mengetikkan atau membuka laman YouTube
  • Lalu pilih video yang akan kalian unduh atau download
  • Play video tersebut sampai muncul pop up ‘download this video’
  • Klik pada pop-up IDM tersebut, biasanya akan muncul beragam kualitas dari video yang ingin diunduh.
  • Silakan pilih kualitas video yang diinginkan, lalu klik Start download
  • Terakhir kalian tinggal menunggu proses pendownloadan selesai

Untuk beberapa kasus, pop-up download this video kerap kali tidak muncul pada Browser yang digunakan baik di komputer ataupun laptop. Untuk itu kalian bisa menambahkan atau mengaktifkan ekstensi IDM tersebut secara manual. Yaitu dengan cara masuk ke bagian settings > extension > dan aktifkan ekstensi IDM.

Jika extension IDM tidak ditemukan, maka kalian bisa mengupload sendiri file ekstensi dari IDM yang tersedia di direktori instal IDM.

Cara Download dari YouTube lewat Browser

Langkah kedua adalah kita akan mendownload video dari YouTube menggunakan Browser. Nah, browser yang kita maksud disini adalah UC Browser pada perangkat smartphone Android. Caranya juga tidak terlalu sulit kok

  • Jika kalian belum menginstal aplikasi UC Browser, kalian bisa mendownloadnya secara gratis melalui layanan Google Play Store
  • Setelah proses instalasi selesai, maka kita tinggal mengetikkan link youtube.com pada laman address bar, kemudian tekan go
  • Tunggu sampai loadingnya selesai dan menampilkan laman YouTube pada UC Browser
  • Klik pada Kolom pencarian, dan cari video yang ingin kalian download
  • Setelah itu mainkan atau putar video dengan menggunakan layanan mobile data ataupun wi-fi
  • Perhatikan pada bagian Layar video, di bagian bawah kalian akan menemukan ikon download yakni panah ke bawah
  • Klik pada icon download tersebut, dan video akan otomatis terunduh.

Sedikit catatan untuk para pengguna UC Browser, walaupun cara mendownload video di YouTube ini sangatlah mudah, namun tentunya ada beberapa video yang tidak bisa diunduh atau didownload. Hal ini dikarenakan konten kreator tidak memberikan izin kepada penonton untuk mendownload video mereka.

Cara Download dari YouTube melalui Aplikasi

Cara ketiga yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk mendownload video dari YouTube. Nah aplikasi yang bisa kalian gunakan di sini Sebenarnya ada banyak, mulai dari YouTube downloader, ataupun tube mate downloader.

Walaupun ada beragam jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload video YouTube, namun cara kerjanya tidak jauh berbeda kok. Kurang lebih adalah seperti ini

  • Buka Aplikasi YouTube kalian, atau Kalian juga bisa membuka situs youtube.com untuk mencari video yang akan diunduh.
  • Setelah itu kalian bisa klik pada copy link pada address bar, atau menekan titik 3 aplikasi YouTube, lalu pilih copy Link
  • Lalu buka aplikasi YouTube video downloader, yang sudah diinstal tadi. (disini saya menggunakan tube Mate video downloader)
  • Kemudian paste atau tempel link dari video YouTube yang sudah kita copy tadi, ke aplikasi tubeMate Downloader.
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kalian melihat pilihan kualitas video yang bisa didownload
  • Terakhir, tunggu sampai hasil downloadnya selesai, dan kalian bisa menyaksikan video yang sudah diunduh tadi melalui galeri kalian.

Seperti yang sudah kami bilang di atas tadi, tentunya kalian akan menemukan beragam aplikasi yang bisa digunakan untuk mendownload video di YouTube. Jadi silakan kalian pilih salah satu, atau mencarinya di Google Play Store dengan kata kunci Youtube video downloader.

Dengan mendownload video yang ada di YouTube, tentunya kita bisa menontonnya secara berulang-ulang kapanpun dan dimanapun, tanpa membutuhkan koneksi internet dan juga adanya iklan yang muncul. Hal ini tentu sangat mempermudah pengguna ketika video yang di download, merupakan video tutorial.

Dan itulah tadi beberapa cara download dari YouTube yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan atau Gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi