[Updated] Cara Install YouTube Vanced

Cara Install YouTube Vanced
Cara Install YouTube Vanced

WIGATOS.com | YouTube adalah layanan streaming paling terkenal di dunia dengan lebih dari satu miliar video yang di-stream setiap harinya. Untuk mengakomodasi tingkat trafik yang super tinggi, YouTube tentu harus bekerja sama dengan pengiklan. Tapi tentu, akan ada beberapa pihak yang merasa tidak nyaman untuk menonton iklan sembari menggunakan YouTube. Memang, YouTube memiliki opsi premium dimana pengguna yang telah membeli fitur ini tidak akan lagi melihat iklan apa pun setelah itu. Tapi buat apa keluar uang kalau kamu bisa ikuti cara install YouTube Vanced dan streaming YouTube tanpa iklan.

Cara Install YouTube Vanced

Cara Install YouTube Vanced
Cara Install YouTube Vanced

Aplikasi YouTube Vanced menawarkan sebagian besar fitur yang tersedia untuk pengguna YouTube Premium. Fitur-fitur kelas atas ini diantaranya adalah memutar video tanpa iklan, memutar video dalam format video pop-up saat menggunakan aplikasi lain, dan juga memutar audio dari video saat layar dimatikan serta download video YouTube.

Fitur-fitur ini tersedia di aplikasi YouTube Vanced tanpa meminta kamu untuk mengeluarkan biaya tambahan. Namun, aplikasi hanya berlaku jika kamu menggunakan YouTube di ponsel pintar berbasis Android dan secara khusus menggunakan aplikasi YouTube Vanced.

Tahapan Cara Install YouTube Vanced Gratis

Meski tidak semudah proses cara download video YouTube tanpa aplikasi, namun proses dan cara install YouTube Vanced sebenarnya tidak juga terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Unduh aplikasi YouTube Vanced dari situs resminya.
  2. Pada halaman unduhan untuk aplikasi YouTube Vanced, gulir ke bawah ke bagian yang bertuliskan Unduhan non-root dan kamu seharusnya akan melihat berbagai opsi dan tema yang tersedia untuk aplikasi tersebut.
  3. Kamu bisa memilih tema Dark atau Black sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. Kalau kamu menginginkan tema stok YouTube Dark yang asli, kamu dapat memilih tema Putih / Dark yang memungkinkan kamu untuk beralih dengan tema Putih layaknya di aplikasi resmi YouTube. Tema Hitam sementara itu adalah tema modded dan lebih gelap dari pada tema stok Dark bawaan.
  4. Setelah kamu mengunduh apk untuk tema pilihan kamu , Anda perlu menginstal aplikasi lain yang disebut MicroG yang memungkinkan kamu menggunakan kredensial Login Google dengan aplikasi YouTube Vanced. Kalau menurut kamu merepotkan, kamu bisa untuk skip install aplikasi ini kalau tidak berencana untuk login dengan akun Gmail kamu. Btw, aplikasi ini tersedia untuk diunduh di halaman yang sama dengan aplikasi YouTube Vanced.
  5. Setelah aplikasi selesai diunduh, kamu perlu menginstal kedua aplikasi tersebut. Kamu dapat menginstal aplikasi MicroG dengan mengetuk apk dan kemudian mengetuk tombol Install di sudut kanan bawah layar.

Setelah YouTube Vanced dan aplikasi MicroG selesai diinstal, kamu dapat melanjutkan untuk login dengan akun Gmail guna mendapatkan semua rekomendasi dan personalisasi dari akun asli kamu.

Tahapan Cara Install YouTube Vanced dengan Aplikasi Vanced Manager

  1. Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Vanced Manager dari situs web resmi.
  2. Buka aplikasi Vanced manager setelah penginstalan. Dari sini kamu akan memiliki opsi untuk menginstal aplikasi Vanced dan aplikasi MicroG dengan lebih mudah
  3. Cukup pilih varian berdasarkan preferensi kamu dan aplikasi tersebut nantinya akan secara otomatis mengunduh apk yang tepat dan mulai menginstal setelah mendapatkan semua permission dari gadget kamu.

Satu kelebihan kiat ini dibanding tahapan sebalumnya adalah aplikasi Vanced Manager akan membuat proses penginstalan dan pengelolaan YouTube Vanced menjadi lebih mudah. Aplikasi ini nantinya akan mengingatkan kamu saat versi terbaru dari YouTube Vanced tersedia.

Dengan menggunakan Vanced Manager kamu juga bisa mendapatkan pembaruan terkini dan menginstalnya dengan mudah di ponsel cerdas Android kamu tanpa harus melihat-lihat secara teratur kapan pembaruan yang baru akan atau malah telah dirilis.

Apakah Legal untuk Menginstal YouTube Vanced?

Pertanyaan ini sama peliknya dengan proses download video YouTube jadi mp3. Secara umum tentu akan ada batasan hak cipta yang tidak boleh untuk diganggu gugat. Namun, aturan dan hukum dari tiap-tiap negara biasanya akan berbeda. Melihat fungsi YouTube Vanced yang sangat menarik tentu rasanya sedikit banyak menyinggung ranah hukum. Tapi tentu akan tentative ketika melihat background aplikasi ini.

Melansir informasi dari XDA Developer, YouTube Vanced adalah versi mod dari aplikasi YouTube resmi. Aplikasi ini juga dikenal sebagai iYTBP (injected YouTube Background Playback) yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Master_T, seorang kontributor senior di forum XDA dan bersama dengan pengembang lain yang mereka namai ulang sebagai “Vanced”.

Beberapa pihak mengklaim bahwa YouTube Vanced tidak memodifikasi tampilan resmi dari YouTube namun alih-alih “hanya” menyaring saluran iklan dan kemampuan memutar video. Namun di sisi lain, YouTube memiliki hak untuk meminta jawaban dan membawa masalah ini ke ranah hukum mengingat fitur premium yang mereka tawarkan tersedia secara cuma-cuma melalui aplikasi ini.

Pada akhirnya, sulit untuk menentukan hitam dan putih masalah legalitas YouTube Vanced yang notabene masih abu-abu di luar sana. Tapi akan lebih baik tentunya untuk menghindari potensi masalah hukum untuk terjadi bukan?

Baru Diulas:

Related posts