Cara Pasang GPS di Mobil

Cara Pasang GPS di Mobil

Jika Kamu memiliki kendaraan roda empat, tentu Kamu ingin melengkapi sistem keamanan atau mungkin ingin melacak kemana saja mobilmu digunakan oleh pasanganmu. Cara pasang GPS di mobil memang tidak sulit. Sebenarnya beberapa orang biasanya lebih memilih untuk memasangnya di bengkel-bengkel profesional. Tapi, tak ada salahnya jika Kamu mencobanya sendiri.

Adapun alasan cara pasang GPS di mobil sendiri tentu saja lebih hemat jika dibandingkan memilih jasa pasang GPS mobil. Peranan GPS saat ini memang sangat penting. Misalnya saja, saat mobilmu dicuri, maka Kamu akan lebih mudah melacak posisi mobil tersebut. Mengingat pentingnya peranan GPS, tentu saja memasang perangkat GPS tidak boleh dilakukan asal-asalan. Tujuannya ialah supaya alat tersebut dapat bekerja secara optimal dan efektif.

Read More

Cara Pasang GPS di Mobil

Cara Pasang GPS di Mobil
Pasang GPS di Mobil Mudah

Tutorial Pasang GPS di Mobil Mudah Bagi Pemula

Jika Kamu ingin memasang GPS di mobilmu, ada beberapa langkah cara pasang GPS di mobil yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Mendaftarkan Kartu SIM

Cara pasang GPS di mobil pertama, yaitu persiapkan kartu seluler atau kartu SIM. Kamu bisa mengunakan provider apapun tergantung keinginanmu. Pastikan memilih provider yang mempunyai jankauan sinyal terbaik, karenanya lebih mudah terhubung internet. Sehingga kartu SIM tersebut dapat dipasangkan ke perangkat GPS di kendaraan roda empatmu.

Daftarkan SIM Card dengan paket kuota internet. Sebab alat GPS tersebut nantinya harus terkoneksi dengan program atau aplikasi yang sudah terinstal di smartphone.

2. Memasang Kartu SIM di Perangkat GPS

Setelah paket kuota data didaftarkan, SIM Card bisa dipasang langsung di perangkat GPS. Namun sebelum memasang di perangkat GPS, sebaiknya pastikan perangkatmu dalam kondisi mati atau off terlebih dahulu. Setelah kartu SIM terpasang dengan baik dan benar, nyalakan perangkat.

Tujuannya untuk mencegah agar sinyal tidak terganggu. Lalu perhatikan GPS tersebut. Ketika ditemukan stiker hologram, pastikan stiker tersebut langsung menghadap ke bumi. Dengan cara tersebut, percaya atau tidak bisa membuat tangkapan sinyal lebih baik.

3. Persiapkan Komponen-Komponen yang Dibutuhkan

Cara pasang GPS di mobil berikutnya ialah persiapkan seluruh komponen yang diperlukan. Dengan kata lain, Kamu tidak hanya mempersiapkan GPSnya saja, melainkan juga memerlukan komponen pendukung yang lainnya. Sebut saja seperti aki, kabel dan lain sebagainya. Selain itu, apabila ingin memasang perangkat GPS sendiri, sebaiknya pahami tentang kelistrikan. Sebab dalam pemasangan perangkat GPS, Kamu akan berhadapan langsung dengan ilmu kelistrikan.

4. Merakit Seluruh Komponen

Setelah semuanya dipersiapkan, cara pasang GPS di mobil selanjutnya ialah tinggal merakit seluruh komponen. Silahkan pasang GPS dan rakit dengan baik, sebab jika ada kesalahan bisa merusak GPS secara langsung. Ini dia panduan proses merakit GPS di mobil :

  • Silahkan amati kabel GPS yakni kabel (-) yang berwarna hitam dan kabel (+) yang berwarna merah. Kabel (+) dikenal juga sebagai power langsung, sementara kabel (-) disebut sebagai ground.
  • Hubungkan kabel (-) GPS ke dalam kabel (-) aki. Lalu lanjutkan dengan cara menghubungkan kabel (+) perangkat GPS menuju kabel (+) aki.
  • Pastikan pula jika kabel (+) GPS telah tersambung pada sakering. Biasanya dalam perangkat sudah ada sekering langsung. Dengan begitu, dapat mencegah konsleting listrik terjadi yang bisa merusak GPS itu sendiri.

5. Setting Perangkat GPS di Mobil

Apabila seluruh komponen tadi telah dirakit sedemikian rupa, cara pasang GPS di mobil selanjutnya ialah memasangkan perangkat GPS di mobil. Namun sebelumnya lakukan pengaturan atau setting-an terlebih dulu. Tujuannya agar perangkat GPS dapat dijalankan secara online.

Seperti lewat website atau aplikasi montoring yang telah terkoneksi ke perangkat GPS langsung di mobil. Jika sudah, mobil dapat langsung dipantau dengan mudah. Kamu tak perlu khawatir perangkat tak dapat berjalan baik. Apabila seluruh tahapan cara pasang GPS di mobil di atas sudah dilakukan dengan benar, bisa dipastikan GPS dapat bekerja optimal.

Tips Pengaturan GPS di Mobil

Selain cara pasang GPS di mobil, Kamu juga harus memperhatikan cara pengaturan GPS di mobil. Berikut tips-tips yang harus Kamu ikuti :

1. Pastikan Telah Menginstal Sistem GPS-nya

Sebelum melakukan pengaturan GPS tracker di mobil, sebaiknya pastikan jika sistem GPS-nya telah terinstal dengan baik. Kamu dapat mengikuti panduan dalam buku manual GPS. Pastikan juga supaya tips ini dapat dilakukan ketika Kamu ada di dalam rumah. Jika sudah dilakukan, sebaiknya coba cek GPS beberapa kali demi memastikan apakah sistem GPS telah terinstall atau belum.

2. Memastikan Pengaturan GPS Sudah Benar

Setelah menginstal GPS, Kamu harus mengatur pengaturan GPS-nya segera, Ada hal-hal yang perlu diatur dalam pengaturan GPS. Seperti pemilihan rute, volume GPS dan sistem pencantuman lokasi tertentu yang akan dituju.

Pastikan pula untuk tidak mengganti pengaturan yang sudah dilakukan. Terlebih lagi, jika Kamu melakukannya saat dalam perjalanan. Jika melakukan hal ini, maka bisa membuatmu kebingungan menentukan rute tertentu untuk tiba ke lokasi tujuan. Jika Kamu ingin mengubah pengaturan GPS, Kamu dapat melakukannya ketika sudah tiba di lokasi tujuan.

3. Pastkan Untuk Selalu Membawa Baterai Cadangan GPS

Terkadang baterai GPS seringkali kehabisan, bahkan bocor serta tak dapat digunakan kembali. Adapun untuk mengantisipasinya, Kamu harus membawa baterai cadangan dan charger. Namun untungnya, sekarang ini ada banyak GPS mobil yang sudah dilengkapi oleh baterai cadangan dan charger.

Permasalahan Dalam Pemasangan GPS dan Solusinya

Ada beberapa permasalahan yang mungkin terjadi sesudah memasang perangkat GPS di mobil. Tapi Kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa solusi yang bisa Kamu lakukan. Berikut ini ulasannya :

1. GPS Tak Kunjung Mati Meskipun Aki Mobil Terlepas

Biasanya daya GPS bergantung sekali dengan daya aki kendaraan. Jika aki mobil mati atau terlepas, maka perangkat GPS pun ikut mati. Akan tetapi, pada beberapa kasus, beberapa perangka GPS tetap saja tak kunjung mati meskipun aki mobil telah dilepas.

Sebagai solusinya, Kamu harus mengganti baterai perangkat GPS menggunakan baterai cadangan. Adapun fungsi baterai cadangan itu sendiri yaitu bisa membuat GPS agar tetap menyala walaupun tanpa memakai daya aki mobil.

2. GPS Tak Bisa Melacak Lokasi Dengan Akurat

Mungkin ada kalanya perangkat GPS tidak dapat melacak lokasi dengan akurat. Hal tersebut tentu saja membuatmu menjadi kesal. Jika hal ini terjadi, sebaiknya jangan langsung kesal. Kamu bisa mencoba langkah solutif di poin selanjutnya.

3. Cek Kondisi Kendaraan Terkini

Cek kondisi mobilmu terkini. Apakah dalam keadaan mati atau menyala. Jika kondisi mobilmu mati serta GPS-mu tidak dapat melacaknya, hal ini tentu sangat wajar. Sebab GPS memang tak dapat melacak keberadaan lokasi mobil dengan akurat, jika mobil dalam kondisi mati.

4. Cek Sinyal dan Jumlah Satelit GPS

Biasanya GPS yang berkualitas mempunyai sinyal kuat, dan mempunyai satelit setidaknya 3 buah bahkan lebih. Jika jumlah satelit dan sinyalnya sudah ideal tapi GPS masih saja tidak dapat melacak lokasimu, maka cek tempat dimana perangkat GPS-mu berada.

Apabila perangkat GPS tersebut ada di area yang tidak dapat terjangkau oleh sinyal GPS, hal ini wajar. Sebab sinyal GPS tak dapat menyala jika ada di kawasan yang tidak terjangkau oleh sinyal GPS, misalnya di basement atau hutan.

Jika Kamu menemukan kendala-kendala di atas, sebaiknya langsung menghubungi penyedia GPS yang Kamu beli.

Ya, itulah ulasan terkait cara pasang GPS di mobil dan setting GPS di mobilmu beserta cara untuk mengatasi masalah terkait pemasangan GPS. Bagaimana, mudah kan?

Related posts