Cara Reset Alarm Mobil

Bagaimana cara reset alarm mobil? Remote alarm mempunyai peran tersendiri untuk sebuah kendaraan bermotor, terutama mobil. Hal ini dapat membantu agar mobilmu terhindar dari kejadian yang tak diinginkan. Biasanya ketika alarm ditekan saat hendak mengunci mobil, biasanya alarm akan menghasilkan bunyi “chip” atau “beep” dan semua pintu akan serentak terkunci otomatis.

Jika semua pintu mobil telah terkunci, maka alarm mobil akan aktif serta melindungi kendaraanmu dari getaran berlebihan, tak terkecuali pada bagian kap mesin dan bagasi. Tak hanya itu saja, alarm mobil juga dapat melindungi mesin saehingga tidak dapat distarter jika alarm aktif. Bahkan alarm akan berbunyi otomatis ketika menerima getaran berlebihan pada modul alarm.

Read More

Akan tetapi, terkadang beberapa remote alarm mobil justru tak bekerja secara maksimal. Jika hal ini terjadi, tahukah Kamu apa saja penyebabnya?

Penyebab Alarm Mobil Tidak Berfungsi

Sebelum kita membahas cara reset alarm mobil, Kamu harus tahu apa saja penyebab alarm mobil tidak berfungsi. Berikut ulasannya :

Terkait:  Cara Reset Router Indihome

1. Baterai Remote Sudah Habis

Sumber listrik pada remote mobil sendiri berupa baterai yang terletak pada remote mobil. Selain itu, biasanya suatu saat bisa saja muatan listriknya akan habis. Adapun pergantian baterai pada remote mobil sendiri biasanya jangka waktunya tidak sampai 1 tahun, sayangnya banyak orang yang lupa mengganti baterai remote dengan rutin tiap satu kali dalam setahun.

Adapun baterai remote mobil yang harus diganti ialah remote cadangan dan remote utama. Jika baterai remotnya sudah habis, Kamu akan kesulitan untuk membuka pintu kendaraanmu, sebab harus melakukannya dengan cara manual menggunakan anak kunci. Selain itu, alarm pun akan terus berbunyi ketika pintu dibuka.

2. Kerusakan Pada Tombol Remote

Kerusakan pada tombol remote umumnya disebabkan oleh usia penggunaan remote yang telah lama, jadi kualitasnya secara perlahan akan menurun. Jika dilihat secara fisik, maka tombol remote akan terlihat pecah dan karet keypad-nya mengalami kerusakan. Penyebab remote rusak juga bisa disebabkan oleh salah pemakaian, seperti kebiasaan mengantongi remote di saku celana. Jadi ketika duduk, maka remote akan langsung tertekan.

Sementara penyebab lainnya ialah terendam air dan jatuh juga dapat mengakibatkan kerusakan remote mobil. Adapun tanda kerusakan ini terjadi apabila ketika Kamu menekan remote, maka lampu LED remote tak akan menyala. Sebagai solusinya, Kamu dapat mengganti atau memperbaiki remote-nya, sesuaikan tergantung tingkat kerusakannya.

3. Kerusakan Pada Modul Alarm

Biasanya masalah ini ditandai oleh alarm berbunyi terus menerus, dan fungsi remote terkadang berfungsi bahkan terkadang tidak. Untuk mengatasinya, Kamu harus melepaskan modul pada alarm supaya alarm tidak aktif sementara waktu, khususnya pada alarm mobil dengan modul yang masih terpisah dari Electric Control Unit mesin.

Namun jika modulnya menjadi satu bersama ECU mesin, solusinya Kamu harus mendatangi bengkel agar dapat dilakukan perbaikan pada sistem alarm atau me-reset alarm. Jika alarm sedang tidak aktif, akses untuk buka dan tutup pintu bisa memakai anak kunci secara manual.

Terkait:  Cara Flash Hp Samsung

4. Gangguan Pada Frekuensi Alarm

Adapun penyebabnya bisa dikarenakan oleh pemancar radio, BTS, logam protector dan kamera CCTV. Biasanya gangguan tersebut terjadi hanya di area tertentu saja, pada beberapa jenis atau merek mobil. Khususnya yang memiliki frekuensi yang mendekati sama seperti frekuensi di lokasi tersebut.

Adapun solusinya, Kamu bisa memindahkan mobil ke lokasi lain yang mempunyai frekuensi berbeda. Dengan demikian, alarm mobil pun bisa kembali normal. Sebagai solusinya, pabrikan mobil telah menghadirkan alarm yang berfrekuensi ganda bagi tipe atau jenis mobil tertentu, karenanya alarm dapat memilih frekuensi yang berbeda pada saat itu.

Cara Reset Alarm Mobil

Cara Reset Alarm Mobil
Reset Alarm Mobil Mudah

Tutorial Reset Alarm Mobil dengan Mudah

Alarm mobil yang berbunyi tanpa sebab sendiri kerap menjadi masalah, karena bisa mengganggu orang yang ada di sekitar dan menimbulkan terjadinya kebisingan. Sebagai solusinya, Kamu harus mencoba cara reset alarm mobil supaya bisa normal kembali.

Sebenarnya, cara reset alarm mobil cukup mudah dan Kamu bisa mengikuti beberapa panduan di bawah ini :

1. Memastikan Baterai Remote Kondisinya Masih OK

Pastikan terlebih dahulu kondisi baterai pada remote mobil masih OK. Jika baterainya sudah melemah, Kamu harus melakukan penggantian. Sebab jika baterainya sudah lemah, hal ini bisa berpengaruh pada fungsi remote itu sendiri, seperti kesulitan membuka pintu, alarm berbunyi terus menerus dan jangkauan sinyal hilang.

2. Membuka Pintu Mobil Dengan Cara Manual

Jika ingin menghentikan bunyi pada alarm mobil yang mengganggu, sebaiknya buka pintu secara manual. Kemudian, tutup pintu mobil sampai rapat. Biasanya alarm berbunyi akibat pintu tak tertutup rapat.

3. Membuka Pintu Sebelah Kanan

Sesudah memastikan seluruh pintu tertutup rapat, langkah selanjutnya buka pintu yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya, biarkan pintu mobil tetap terbuka dan lanjutkan cara reset alarm mobil berikutnya.

Terkait:  Cara Reset Head Unit Mobil

4. Pengecekan Indikator Alarm

Cek indikator alarm. Apabila indikatornya terlihat menyala, ini tandanya pastikan kembali apakah pintu sudah tertutup rapat dan benar-benar terkunci atau belum. Sebab indikator alarm dan sistem alarm biasanya akan menyala apabila ada salah satu saja pintu yang tak tertutup rapat.

5. Masukkan Kunci ke Lubang Kunci Lalu Putar Pada Posisi ON

Selanjutnya, masukkan kunci kendaraan ke lubang kunci dan nyalakan mesin kendaraan. Kemudian, putar kunci pada posisi ON lalu tekan serta tahan lock sekitar 5-10 detik.

6. Putar Kunci ke Posisi OFF

Sesudah itu, Kamu bisa melepaskan tombol lock kemudian putar kunci ke posisi OFF. Lalu, putar lagi kunci pada posisi ON.

7. Tekan Lalu Tahan Tombol Lock

Lalu tekan serta tahan lock selama 5-10 detik. Kamu bisa melakukan cara ini berulang kali hingga lampu indikator untuk alarm di dashboard mati.

8. Cabut Kunci dan Tes Remote Kembali

Saat lampu indikator alarm benar-benar sudah mati, Kamu bisa mencabut kunci mobil lalu keluar kabin.

9. Tutup Pintu dan Kunci Mobil Kembali

Tutup semua bagian pintu mobil lalu kunci memakai tombol lock di remote untuk memastikan agar remotei berfungsi baik.

10. Memastikan Frekuensi Remote Tak Terganggu

Jika masih ada masalah yang terjadi pada remote mobil setelah mengikuti cara reset alarm mobil di atas, coba periksa lagi frekuensi remote-nya. Adapun caranya, sebaiknya hindari area yang dipenuhi oleh gelombang elektromagnetik supaya kinerja komponen kembali normal.

Kesimpulan

Dengan mengikuti cara reset alarm mobil di atas, maka kendala atau masalah yang terjadi pada alarm mobilmu bisa diperbaiki. Mengingat pentingnya alarm mobil, karena ada banyak fungsi yang bisa Kamu manfaatkan tentu perbaikan alarm mobil saat ada masalah harus segera dilakukan. Hal ini dikarenakan, alarm berfungsi sebagai sistem keamanan, tanda peringatan, mencegah aksi pencurian, dan dapat menemukan letak keberadaan mobil.

Karena itulah, jangan menyepelekan fungsi alarm mobil dan pastikan mencoba cara reset alarm mobil di atas saat terjadi masalah pada alarm mobil seperti yang dijelaskan di atas!

Related posts