Cara Hemat Token Listrik

  • Whatsapp

Baik itu menggunakan listrik prabayar maupun token listrik tetap saja harus berhemat agar pengeluaran kebutuhan rumah tangga lebih irit. Meskipun sudah melakukan cara hemat listrik pascabayar, tetap saja Kamu juga harus mengikuti cara hemat token listrik. Karena tetap saja jika penggunaan listrik di rumah tidak bijak, bisa membuat pembelian pulsa listrik atau token masih besar.

Untuk menyiasati penggunaan token listrik, ada beberapa tips yang perlu Kamu lakukan agar pulsa listrik yang bisa dibeli tidak terlalu besar. Lalu, bagaimana cara hemat token listrik?

Read More

Cara Hemat Token Listrik

Cara Hemat Token Listrik
Menghemat Token Listrik

Menghemat Token Listrik

Listrik kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap kantor, rumah, hotel hingga fasilitas umum semuanya memerlukan listrik. Namun pemakaian listrik dalam hal penerapannya sendiri banyak yang kurang terkontrol. Selain itu, kebutuhan listrik yang diperlukan oleh setiap rumah bervariasi, sesuai kebutuhannya.

Namun tidak sedikit rumah yang tak terlalu besar, memasang daya listrik cukup besar. Hal tersebut tentu saja bisa membuat penggunaan token listrik lebih boros. Sebagai solusinya, Kamu bisa mencoba cara hemat token listrik berikut ini :

1. Mengurangi Pemakaian AC Berlebihan

Cara menghemat token listrik lainnya ialah mengurangi pemakaian AC berlebihan. Dengan tingkat penduduk di area perkotaan yang semakin padat, semakin membuat lahan hijau berkurang. Sehingga terpaksa Kamu harus tinggal di wilayah yang sempit. Karena bagaimanapun, area yang sumpek dan padat pasti bisa berdampak terhadap udara.

Terkait:  Cara Beli Token Listrik di Shopee

Panasnya hawa udara di dalam ruangan di tempat yang sumpek tentu saja memicu sebagian besar masyarakat perkotaan memasang AC. Ketika hendak memasang AC, tentu saja Kamu sudah paham akan resikonya. Dimana penggunaa AC di dalam rumah bisa berdampak pada besarnya daya listrik yang digunakan.

Untuk meminimalisir pemborosan penggunaan listrik, Kamu harus pandai memilih AC. Sebaiknya gunakan pendingin ruangan ini di waktu yang diperlukan. Jangan sampai Kamu menyalakan AC seharian penuh sebab termasuk pemborosan listrik.

2. Pakai Laptop Daripada Komputer

Cara hemat token listrik berikutnya ialah pakai laptop daripada komputer. Biasanya borosnya meteran dapat diakibatkan oleh pemakaian PC atau komputer dalam waktu yang lama tnapa henti. Jadi sebaiknya pakai laptop saja. Konsumsi listrik yang diperlukan untuk melakukan charge laptop biasanya lebih sedikit daripada memakai PC yang harus selalu tersambung listrik.

Pemakaian laptop tentu saja menjadi lebih praktis. Kamu bisa membawa perangkat ini kemana saja, bahkan saat pergi ke kamar sekalipun. Belum lagi pekerjaanmu dapat diselesaikan dengan tepat waktu serta membuat tagihan listrik menjadi tidak membengkak.

3.  Atur Penggunaan Alat Lektronik Berdaya Besar

Pastikan untuk mengecek kembali apa saja jenis peralatan elektronik berdaya listrik di rumah. Hal tersebut penting sekali untuk menyiasati agar lebih irit energi listirk. Setiap peralatan elektronik biasanya akan memberitahukan jumlah watt-nya.

Contohnya, pemakaian dispenser, AC, rice cooker, magic com, water heater, mesin cuci, atau yang lainnya.

Setelah mengetahuinya, Kamu harus mengatur penggunaan peralatan elektronik agar token listrik tidak mudah habis. Seperti misalnya, pemakaian mesin cuci hanya 2 kali seminggu atau cabut steker dispenser. Selain itu, bisa juga mengoptimalkan konsumsi air dingin dengan penggunaan kulkas atau memasak air panas.

4. Efisien Melakukan Charge Smartphone

Silahkan cari smartphone atau Hp yang baterainya tahan lama. Selain itu, pilih pula HP yang memiliki fitur fast charge. Sesudah baterai Hp penuh, pastikan untuk mencabut kabel pengisi daya listrik dengan segera.

Terkait:  Cara Jualan Token Listrik

5. Matikan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Kamu juga bisa mencoba cara hemat token listrik yang satu ini. Pastikan sebelum tidur pada malam hari, Kamu sudah mematikan seluruh peralatan elektronik, seperti AC, komputer, music player, AC, TV dan alat elektronik lain. Adapun tujuannya yaitu untuk menghemat penggunaan/konsumsi listrik.

6. Mencuci Baju Pakai Tangan

Cara hemat token listrik lainnya ialah jika Kamu terbiasa menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju, sebaiknya sesekali Kamu mencuci pakai tangan untuk lebih menghemat listrik. Memang, mesin cuci bisa membantumu untuk mencuci baju dengan cepat. Namun penggunaan mesin cuci yang terlalu sering memerlukan banyak penggunaan daya listirk.

7.  Jangan Memakai Pengering Ketika Musim Panas

Mesin cuci banyak dipilih karena lebih praktis dalam hal mengeringkan pakaian. Akan tetapi, jika Kamu ingin lebih berhemat daya listrik di rumah agar tidak boros, sebaiknya jangan memakai pengering saat musim panas. Karena pemakaian mesin cuci yang terlalu sering, khususnya untuk pengering bisa membuat daya listrik di rumah menjadi lebih boros.

8. Memakai Kode Penghemat Listrik Token

Cara menghemat listrik token terakhir adalah memakai kode untuk penghemat listrik. Karena cara demi memperoleh token listrik secara gratis mempunyai keamanan cukup ketat. Jadi Kamu hanya dapat melakukan penghematan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan hack  meteran listrik token atau prabayar caranya degan menginputkan kode penghemat.

Biasanya setiap meteran mempunyai tombol kombinasi angka dengan memunculkan fungsi berbeda. Tidak hanya dipakai untuk menginputkan kode listrik tetap menyala. tetapi juga memiliki fungsi yang berbeda. Kamu dapat mencari informasi tambahan sumber lain tentang perbedaan merk atau tipe meteran yang berpengaruh pada kode tombol yang bervariasi.

Terkait:  Cara Cek Pembayaran Listrik

9. Kurangi Pemakaian Magic Com

Peralatan listrik yang membutuhkan daya besar untuk penggunaannya ialah magic com atau penanak nasi. Supaya lebih menghemat listrik, Kamu bisa memakai kompor untuk menanak nasi. Hal ini dilakukan agar lebih menghemat penggunaan listrik untuk magic com.

10. Memakai Setrika Otomatis

Untuk mengatur temperatur panas pada setrika juga perlu dilakukan karena setrika memakan daya listrik yang besar. Untuk lebih menghemat penggunaan setrika, maka Kamuu bisa memilih setrika otomatis. Biasanya setrika ini akan mati dengan sendirinya saat suhu panasnya terlalu tinggi. Tak hanya dapat menurunkan konsumsi listrik saja, alat setrika otomatis ini juga tidak membuat pakaian berlubang akibat suhunya terlalu panas.

11. Memakai Lampu LED

Untuk menghemat token listrik yang paling gampang ialah dengan memakai lampu LED. Pemakaian lampu dalam kebutuhan rumah tangga sudah pasti tidak dapat dihindari. Apalagi dalam ruangan yang tidak mendapat kondisi pencahayaan dari sinar matahari

Meskipun harganya mahal, tapi lampu LED menawarkan energi yang lebih hemat. Bahkan pada lampu bolham yang dayanya 60 watt memiliki tingkat kecerahan yang sama seperti  LED berdaya 7 watt. Sementara usia penggunaan lampu LED sendiri lebi panjang dan tahan lama jika dibandingkan lampu bohlam biasa.

12. Perbanyak Menanam Tanaman di Rumah

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai hiasan cantik, adanya tanaman hijau di rumah dapat membuat ruangan di dalam rumah lebih sejuk dan segar. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat membuat listrik menjadi lebih hemat.

Jika ruangan di rumah sudah sejuk, maka pemakaian AC dapat dikurangi. Terutama pada pagi hingga sore hari. Karena AC menyedot energi atau daya listrik cukup banyak.

Nah, itulah 12 cara hemat token listrik yang bisa Kamu praktekkan agar biaya kebutuhan rumah tangga dapat diminimalisir. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts