Cara HD IN Video di HP

Bagaimana cara HD in Video di Hp? Bagi Kalian yang gemar mengoleksi berbagai macam video, tentu ingin selalu membuat video berkualitas dengan mengonversinya ke format HD (High Definition). Sebenarnya, untuk mengonversi HD in video akan lebih mudah dilakukan jika memakai perangkat Windows. Akan tetapi, Kalian tetap bisa menyesuaikan pengaturan video berkualitas tinggi ini di kamera perangkat android agar bisa merekam video beresolusi tinggi.

Meskipun fokus ke dalam cara HD in video di Hp, tutorial yang Kami bagikan di bawah juga berlaku bagi pengguna Windows/Mac.OS, iPhone atau iPad. Oke, langsung saja simak panduannya di bawah ini!

Cara HD In Video di HP

Cara HD In Video di HP
Mengonversi HD in Video di HP

Mengonversi HD In Video di Windows atau Mac OS

Untuk mengonversi HD in video di Windows atau Mac OS, Kalian bisa memakai Handbrake di PC/komputer. Handbrake sendiri adalah sebuah  program editing video gratis untuk mempermudah meningkatkan kualitas video yang berkualitas rendah. Apabila Kalian belum mempunyai HandBrake di PC/komputer, bisa ikuti panduan di bawah ini!

1. Buka Link Handbrake di PC

Untuk membuka URL/link handbrake di PC, ada beberapa langkah yang harus Kalian ikuti berikut :

  • Pertama-tama silahkan kunjungi link berikut di peramban web Kalian.
  • Pilih “Download” sesuai dengan OS Windows Kalian.
  • Double klik file yang sudah diunduh.
  • Jika Kalian memakai komputer Mac, silahkan seret pada ikon handbrake ke dalam folder “Applications”.  Di Windows, silahkan ikuti petunjuk atau instruksi yang ditampilkan pada layar guna menyelesaikan instalasi handbrake.
  • Tekan open source, yang terletak di pojok sebelah kiri atas pada jendela program.

2. Impor File Video ke Program

Langkah cara HD in video di Windows berikutnya silahkan impor bekas video ke dalam program. Kalian bisa langsung menyeret file tersebut ke dalam kotak bertuliskan “or drop a file or folder here”. Selain itu, bisa juga dengan mengeklik “file” kemudian pilih berkas/file.

3. Pilih Template atau Preset Berkualitas Tinggi Pada Menu “Preset”

Menu yang satu ini terletak di bagian atas pada jendela program, dan ada di bilah menu apabila Kalian memakai komputer Mac. Adapun preset di sini ialah  rangkaian pengaturan untuk menyesuaikan kualitas file video untuk dapat ditampilkan secara optimal pada resolusi atau jenis layar tertentu.

  • Misalnya, jika Kalian ingin meningkatkan resolusi video ke dalam full HD 1080 pixel. Silahkan pilih opsi pada preset “HQ 1080p30″.
  • Semakin berkualitas video tersebut, tentu saja ukuran berkasnya akan semakin besar. Jangan pilih video dengan resolusi terlalu tinggi apabila Kalian memang tak terlalu membutuhkannya.
  • Demi menyelaraskan kualitas video, silakan klik “Video” lalu pindahkan slider bertuliskan “Constant Quality” ke sebelah kanan atau kiri.

4. Tekan “Preview”

Kalian bisa menekan “Preview” yang terletak di atas jendela program. Preview video singkat melalui penyesuaian kualitas video yang dipilih selanjutnya akan ditampilkan.

5. Pilih Tab “Filters” Untuk Memperoleh Opsi Penyuntingan Lebih Banyak

Tak hanya meningkatkan resolusi, Kalian juga  dapat memakai peralatan berupa deinterlace dan sharpen untuk mengurangi atau menghilangkan cacat dalam video asli. Sesudah membuat perubahan, tekan tombol “preview” kembali untuk mengecek tampilan video sesudah penyuntingan.

6. Menentukan Lokasi Penyimpanan Video

Pilih “Save As” di bagian bawah pada jendela program dan akan menampilkan tempat penyimpanan bawaan pada program. Kalian juga dapat membiarkan pengaturan atau dengan mengeklik “browse” jika ingin memilih folder lain. Namun apapun pilihannya, tentunya Kalian harus mengingat tempat penyimpanan supaya dapat menemukan berkas video yang telah dilakukan enkode nantinya.

7. Tekan “Start Encode”

Tombol yang satu ini terletak di bilah peralatan pada bagian atas jendela program. Dimana video akan diedit atau dikonversi ke dalam format baru menjadi berkualitas tinggi. File hasil konversi akan disimpan pada folder yang telah ditampilkan atau dipilih di langkah sebelumnya.

Mengonversi HD In Video di Hp Android

Cara HD in video di Hp android juga cukup mudah. Kalian bisa mengikuti panduannya di bawah ini :

1. Rekam Video Berformat 4K atau HD

Sebelum memulai tahapan rekaman, sebaiknya pastikan Kalian mengecek pengaturan kamera supaya dapat merekam video dalam format terbaik. Biasanya langkah-langkahnya akan berbeda di tiap perangkat android. Selain itu, tak semua perangkat menyediakan pilihan resolusi video yang sama. Tapi, biasanya Kalian bisa mengakses settingan kamera melalui langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan buka kamera di home screen.
  • Tekan “settings” atau tanda roda gigi. Apabila Kalian tidak menemukan keduanya, tekan ikon berbentuk menu lalu pilih “Settings”.
  • Kalian bisa pilih kamera belakang atau depan.
  • lalu pilih resolusi video lebih tinggi. Contohnya, jika Kalian ingin merekam resolusi video berkualitas tinggi atau full HD silahkan tekan “4K”.

2. Memasang Konverter Video Untuk Mengubah File Video Berformat HD

Cara hd in video di HP berikutnya, walaupun ada banyak pilihan aplikasi video editing khususnya untuk konverter dapat diperoleh lewat Play Store gratis, akan tetapi sebagian besarnya menetapkan tambahan biaya apabila Kalian ingin mengonversi format video berkualitas tinggi full HD atau 1080p.

Salah satu aplikasi untuk mengonversi HD in video HP adalah Video Format Factory dari Keerby yang sudah bereputasi tinggi bisa mengonversi video. Namun Kalian harus membayar sejumlah $4,49 demi meningkatkan status pada akun Kalian jika hendak mengonversi video ke dalam format full HD atau HD.

Jika Kalian merasa konversi file berkualitas rendah ke dalam format 720p sudah cukup, maka Video Transcoder dapat dijadikan pilihan gratis yang open source. Kalian bisa memilikinya melalui link ini.

3. Buka Berkas Video Pada Aplikasi Konverter

Misalnya jika Kalian men-download aplikasi Video Format Factory, silahkan buka aplikasinya. Kemudian sentuh “+Add” di pojok sebelah kiri atas pada layar. Kemudian pilih berkas video yang akan dikonversi.

4. Pilih Resolusi Video yang Kalian Inginkan

Langkah cara mengonversi HD In video di Hp berikutnya ialah, terlepas dari aplikasi apa yang Kalian pakai, Kalian harus memilih ukuran output konversi. Misalnya, untuk meng-upgrade kualitas file video ke dalam resolusi 1080p, silahkan pilih kualitas 1080p atau dengan resolusi 1920 x 1080.

Apabila aplikasi yang dipakai menetapkan biaya konversi ke dalam format video berkualitas tinggi. Silahkan ikuti instruksi yang ditampilkan pada layar guna memproses pembayaran.

Dimana semakin tinggi tingkat resolusi videonya, maka ukurannya pun akan semakin besar.

5. Tekan Opsi Untuk Mengonversi File Video

Cara HD In Video di HP terakhir, yaitu opsi atau pilihan tersebut mungkin ditampilkan ke dalam ikon centang maupun teks “convert”. Sesudah video dikonfersi, maka resolusinya pun akan diperbarui.

Itulah 2 opsi cara HD in Video di Hp dan Windows/PC yang bisa Kalian ikuti tutorialnya. Dengan mengikuti tutorial di atas, Kalian tentu bisa mendapatkan video beresolusi tinggi hanya dengan mengonversinya di perangkat android!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019