Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara menonaktifkan keyboard laptop? Penggunaan laptop saat ini sangat penting untuk aktivitas sehari – hari, maka tidak heran jika banyak orang memilikinya. Laptop selain bisa digunakan untuk menulis berbagai jenis laporan, juga bisa digunakan untuk editing foto maupun video. Jika dilihat dari sarana hiburannya, laptop juga bisa digunakan untuk menonton film dan mendengarkan lagu.

Khusus bagi kamu yang sering mengetik dengan menggunakan laptop, tentu merasa sangat terbantu oleh adanya keyboard bawaan dari laptop itu sendiri. Namun, jika kamu tidak nyaman dengan menggunakan keyboard bawaan dan lebih senang menggunakan keyboard eksternal dengan alasan ukuran keyboard bawaan terlalu kecil, maka solusinya ialah menggunakan keyboard eksternal.

Untuk menggunakan keyboard eksternal, lebih baik kamu menonaktifkan terlebih dahulu keyboard internalnya. Cara menonaktifkan keyboad laptop sebenarnya cukup mudah dilakukan. Karena Kamu hanya tinggal mengikuti langkah demi langkah untuk menonaktifkan keyboard internal.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop
Menonaktifkan Keyboard Laptop

Menonaktifkan Keyboard Laptop

Untuk mematikan keyboard laptop, ada 3 opsi cara menonaktifkan keyboard laptop yang bisa kamu lakuka. Cara ini sangat efektif untuk mengganti keyboard bawaan dengan keyboard eksternal. Kamu bisa menonaktifkan keyboard menggunakan tombol, menggunakan device manager dan menonaktifkan keyboard secara permanen. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Menonaktifkan Keyboard Laptop Secara Manual

Cara yang pertama ini merupakan cara yang sederhana sehingga kamu bisa menonaktifkannya dengan sangat mudah. Meskipun demikian, tentu saja harus memakai keyboard internal dengan kondisi yang masih baik. Sebab apabila keyboard internal yang tertanam di laptopmu sudah rusak dan ada banyak tombol yang tidak berfungsi kembali, maka cara ini tidak dapat dipraktekkan.

Dari berbagai jenis laptop, tentu cara menonaktifkan keyboard laptop memakai keyboar memiliki cara tersendiri, yang bisa Kamu praktekkan di bawah ini :

  • Untuk tipe perangkat laptop tertentu, silahkan cek tombol F1 maupun tombol F12 di dalam keyboard internal. Silahkan lihat apakah ada logo keyboard atau tidak. Apabila Kamu sudah menemukannya, tinggal tekan saja opsi tombol Fn + logo keyboard atau bisa juga dengan Ctrl + Alt + logo keyboard.
  • Jika pada tombol F1 hingga F12 tidak ada logo keyboard, kamu tinggal cari logo keyboard di sebelah kiri dan sebelah kanan laptop. Jika sudah ada maka caranya lakukan kombinasi seperti pada langkah sebelumnya.
  • Pada laptop jenis tertentu, ada tombol khusus yang langsung bisa menonaktifkan perangkat keyboard dengan cepat.

2. Tutorial Menonaktifkan Keyboard Laptop via Device Manager

Cara menonaktifkan keyboard laptop kedua yaitu menggunakan Device Manager. Di dalam device manager ini semua aktivitas yang Kamu lakukan memakai laptop, bisa terdeteksi termasuk aktivitas keyboard laptopmu.

Dengan opsi Device Manager ini, kamu bisa menonaktifkan keyboard internal dengan mudah dan hampir semua jenis laptop langkah – langkah nya sama, berikut penjelasannya :

  • Silahkan buka opsi Device Manager di perangkat laptop dengan cara klik start. Selanjutnya cari menu Device Manager. Jika kamu kesulitan, bisa ketikkan Device Manager lewat kolom pencarian, untuk memudahkanmu menemukan menu Device Manager dengan cepat. Setelah terbuka, lanjut ke proses berikutnya.
  • Jika sudah masuk pada layanan Device Manager, kamu akan di perlihatkan banyak sekali pilihan menu yang menunjukkan perangkat aktif pada laptop. Diantaranya seperti audio, baterai, bluetooth, camera, driver, firmware, memory, hingga keyboard.
  • Double klik tulisan keyboard hingga muncul sub menu diantaranya : HID keyboard device dan standard PS/2 Keyboard.
  • Pilih keyboard internal yaitu standard PS/2 Keyboard, lalu klik kanan dan nantinya akan muncul menu lanjutan. Menu tersebut diantaranya ada update driver, uninstal device, scan for hardware changes hingga properties.
  • Pilih sub menu update driver lalu akan muncul layar baru yang menjelaskan langkah berikutnya. Biasanya ada dua pilihan yaitu mencari driver keyboard secara otomatis dan mencari driver keyboard secara manual.
  • Untuk menonaktifkan keyboard, pilih pencarian driver secara manual dengan klik browse my computer for driver software.
  • Selanjutnya pilih opsi let me pick from a list of device yang terletak pada bagian bawah.
  • Jika sudah, kamu akan di suguhkan menu baru yaitu untuk memilih driver secara manual. Setelah itu, langkah selanjutnya ialah dengan menghilangkan centang pada menu show compatible hardware.
  • Selanjutnya, kamu akan ditampilkan beberapa perangkat yang tidak ada pada laptop karena tidak kompatibel dengan laptop itu sendiri.
  • Berikutnya kamu tinggal pilih salah satu opsi yang drivernya memang tidak ada atau tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.
  • Langkah terakhir nanti akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa keyboard perangkatmu akan dinonaktifkan. Silahkan pilih Yes untuk mengonfirmasinya.
  • Selesai.

Kamu bisa melakukan langkah cara menonaktifkan keyboard laptop di atas step by step sampai Kamu berhasil mematikan keyboard bawaan di perangkat laptopmu. Kamu tidak perlu khawatir mengenai langkah – langkah menonaktifkan keyboard internal melalui Device Manager karena semua merek laptop bisa kamu praktekkan.

3. Tutorial Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan Cara Permanen

Jika kedua cara menonaktifkan keyboard laptop di atas hanya dilakukan dengan disable saja, kini untuk menonaktifkan keyboard laptopmu secara permanen, Kamu bisa mengikuti cara ini. Ini dilakukan apabila Kamu sudah benar-benar tidak inginmenggunakan keyboard bawaan dari laptop karena berbagai alasan.

Adapun cara menonaktifkan keyboard laptop dengan cara permanen, berikut langkah-langkahnya :

  • Klik menu utama yang berada di pojok kiri bawah, kemudian masuk ke kolom pencarian dan ketikkan keyword gpedit.msc lalu klik jika sudah muncul gpedit.msc tersebut.
  • Jika sudah muncul menu gpedit.msc kemudian masuklah ke computer configuration file, selanjutnya bukalah administrative template pada sub menu nya.
  • Masuk ke system kemudian carilah device intsallation lalu klik tulisan tersebut.
  • Pada sub menu selanjutnya, buka device installation restrictions lalu lihatlah di sebelah kanan tulisan tersebut.
  • Selanjutnya kamu akan menemukan beberapa pilihan opsi yang cukup banyak, kamu hanya tinggal memilih prevent installation devices.
  • Jika sudah di klik, selanjutnya kamu akan mendapatkan kembali jendela baru, disana silahkan klik enabled kemudian klik OK.
  • Ulangi kembali langkah – langkah nya sehingga ketika kamu melakukan restarting laptop, keyboard internal tetap dalam keadaan disable.

Kesimpulan

Itulah cara menonaktifkan keyboard laptop secara permanen, akan tetapi jika kamu ingin sekali mengembalikan keyboard laptop, maka tak perlu khawatir lagi. Yang kamu butuhkan adalah dengan menggunakan keyboard eksternal sebagai alat bantunya.

Caranya adalah dengan mengikuti langkah – langkah seperti di atas, lalu pada jendela tertentu kamu pilih Standard PS/2 Keyboard tepatnya pada jendela select the driver you want to install for this hardware.

Jika kamu sudah memilih opsi tersebut selanjutnya tiggal klik tombol next pada bagian bawah dan terus ikuti langkahnya hingga selesai. Jika sudah maka keyoard internal kamu akan kembali seperti semula.

Nah, demikianlah 3 cara menonaktifkan keyboard laptop yang bisa Kamu gunakan apabila Kamu tidak ingin memakai keyboard laptop bawaan, melainkan ingin memakai keyboard eksternal. Dengan cara di atas, kamu bisa menggunakan keyboard laptop portable tanpa harus memakai keyboard bawaan dari laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts