Cara Daftar Mobile Banking BCA

Pentingnya cara daftar Mobile Banking BCA tentu berlaku bagi para nasabah yang ingin mengutamakan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi. Layanan Mobile Banking BCA, bagaimanapun memang siap memanjakan para nasabah bank BCA. Karena Kamu bisa melakukan transaksi keuangan tanpa harus datang langsung ke kantor BCA ataupun mencari gerai ATM BCA terdekat.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran transaksi online sekarang ini sudah banyak diamnfaatkan masyarakat milenial.Hal tersebut mengingat perkembangan sistem digital yang begitu pesat. Seperti melakukan pengecekan saldo rekening, dan transfer hanya melalui perangkat laptop atau smartphone saja. Namun yang paling mudah ialah melakukan transaksi memakai smartphone, sebab Kamu bisa membawanya kemana saja.

Cukup dengan membuka platform Mobile Banking/m-Banking Kamu bisa mentransfer uang atau melakukan berbagai macam transaksi perbankan lainnya.

Tentang Layanan Mobile Banking BCA

Jika berbicara tentang layanan Mobile Banking, dalam artikel ini Kami akan membahas tentang cara mendaftar Mobile Banking BCA beserta cara aktivasinya. Bank BCA telah dikenal sebagai bank swasta terkemuka yang ada di Indonesia dan telah menyediakan layanan Mobile Banking.

Mobile Banking sendiri termasuk salah satu layanan yang praktis, mudah, aman serta bersifat user friendly. Jadi wajar jika banyak nasabah BCA yang semakin bertambah tiap tahunnya. Belum lagi, ada banyak sekali keuntungan yang doperoleh dengan menggunakan rekening tabungan BCA dan memanfaatkan layanannya.

M-Banking BCA sendiri senantiasa memberikan kemudahan untuk setiap nasabah bank BCA dalam melakukan transaksi finansial kapan saja dan dimana saja. Selain itu, cara menggunakan layanan Mobile Banking BCA sendiri sangat mudah, meskipun bagi pemula. Tapi tentu saja, untuk bisa memakai layanan mobile banking BCA dengan nyaman Kamu harus mempunyai jangkauan itnernet stabil. Di samping itu, aplikasi mobile banking BCA bisa diunduh dengan mudah, baik lewat App Store maupun Play Store.

Selain itu, untuk tiap transaksi memakai mobile banking BCA akan dilindungi melalui sistem proteksi yang ketat. Misalnya saja, dengan meminta menginputkan nomor PIN yang sudah Kamu buat sebelumnya. Lalu setiap transaksi akan dilakukan encrypt guna menjamin keamanannya.

Lalu, bagaimana cara daftar mobile banking BCA? Simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Cara Daftar Mobile Banking BCA

Cara Daftar Mobile Banking BCA
Mendaftar Mobile Banking BCA

Mendaftar Mobile Banking BCA

Untuk mendaftar mobile banking BCA, Kamu bisa melakukannya via ATM atau langsung ke kantor BCA terdekat untuk meminta bantuan dari Customer Service. Silahkan ikuti panduannya di bawah ini!

1. Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BCA via ATM

Cara daftar mobile banking BCA via ATM sendiri mempunyai banyak keuntungan. Benefit yang pertama, Kamu dapat melakukannya kapan saja. Kita ketahui bahwa gerai mesin ATM beroperrasi selama 24 jam tanpa batas. Kemudian yang kedua, Kamu tak perlu repot-repot mengantre mendatangi kantor cabang terdekat bank BCA.

Oke, langsung saja ikuti panduan mendaftar mobile banking BCA lewat ATM berikut ini!

  • Silahkan cari gerai mesin ATM bank BCA terdekat dan berfungsi baik.
  • Lalu masukkan karut debit/paspor/ATM BCA yang Kamu miliki.
  • Inputkan PIN ATM BCA seperti biasanya.
  • Silahkan cari, lalu pilih “Autodebet/Daftar e-banking”. Biasanya menu tersebut terletak tepat di pojok sebelah kiri.
  • Kamu akan masuk ke sub menu selanjutnya, silahkan klik “Mobile Banking”.
  • Setelah itu, layar ATM akan memunculkan notifikasi jika Kamu akan melakukan aktivasi mobile banking bank BCA dan pembuatan PIN untuk mengakses mobile banking. Pastikan kerahasiaannya terjaga dan jangan pernah memberitahukan siapa pun.
  • Biasanya di bawah peringatan ada tulisan “Lanjutkan” silahkan pilih, lalu tekan tombol yang ada di sampingnya.
  • Lalu akan muncul kolom pengisian yang wajib diisi nomor ponsel untuk digunakan dalam bertransaksi.
  • Di layar ATM akan muncul pertanyaan yang mengharuskanmu memilih YA apabila telah mengisi nomor HP dengan benar.
  • Setelah itu, Kamu wajib mengisi kolom selanjutnya dengan PIN untuk mengakses layanan mobile banking BCA. Kamu bisa menentukan PIN sendiri. Kamu bisa menyamakannya dengan PIN untuk ATM, asalkan tidak mudah ditebak orang tapi mudah diingat olehmu sendiri.
  • Cara daftar mobile banking BCA selanjutnya, tinggal masukkan PIN mobile banking BCA ulang dengan benar.
  • Setelah itu, di layar mesin ATM akan muncul tulisan jika proses pendaftaran m BCA sudah sukses dilakukan.
  • Kemudian mesin ATM akan langsung mengeluarkan struk bukti transaksi yang Kamu lakukan, dalam hal ini struk aktivasi mobile banking BCA.

2. Cara Daftar dan Aktivasi Mobile Banking BCA via Customer Service

Mendaftar mobile banking BCA lewat customer service sebenarnya kurang fleksibel dibandingkan cara lewat ATM. Hal ini dikarenakan, Kamu baru bisa mengurusnya di jam operasional atau kerja seperti pada umumnya, mulai dari jam 07.30-jam 16.00. Sementara pada tanggal merah dan hari Minggu biasanya layanan CS akan tutup. Di samping itu, untuk jarak lokasi kantor cabang BCA juga belum tentu berdekatan. Belum lagi Kamu harus direpotkan dengan sistem antrean saat berada di bank BCA.

Meskipun demikian, tentu saja bukan berarti cara ini tidak mempunyai kelebihan tersendiri. Jika Kamu melakukan cara daftar mobile banking BCA via customer service, maka semua proses yang dilakukan akan langsung dibantu oleh CS yang bertugas. Kamu hanya perlu menunggu posesnya sambil duduk didepan CS, buat PIN mBCA, dan Kamu pun akan langsung bisa memakai layanan ini.

Akan tetapi, ada ketentuan dan syarat yang wajib Kamu bawa sebelumnya. Adapun syarat tersebut diantaranya KTP atau kartu identitas, kartu paspor/ATM BCA, buku tabungan BCA dan nomor Hp yang selalu aktif untuk mengakses layanna m banking BCA. Kemudian, semuanya wajib Kamu tunjukkan ke staf customer service untuk dijadikan bukti bahwa Kamu benar pemilik dari rekening tersebut.

Pilihan Cara Daftar Mobile Banking BCA Paling Tepat

Jika dibandingkan antara cara daftar mobile banking BCA via ATM dengan customer service, sebenarnya yang paling baik ialah dengan melalui SC yang bertugas. Kenapa? Karena transaks lewat m-BCA sendiri dikategorikan ke dalam 2 pilihan, yaitu transaksi finansial dan transaksi non finansial. Melakukan aktivasi mbanking BCA di ATM hanya dapat dilakukan untuk transaksi yang bersifat non finansial. Sementara lewat CS sendiri memungkinkanmu untuk melakukan semua transaksi finansial.

Adapun yang dimaksud transaksi non finansial sendiri ialah seperti pengecekan saldo, info bunga, mutasi rekening, info kurs, info bunga dan lainnya. Sementara transaksi finansial sendiri adalah transaksi yang biasanya melibatkan proses perpindahan dana, seperti payment, e-commerce dan transfer antar atau sesama nasabah BCA.

Sebagai saran, sebaiknya lakukan pendaftaran layanan mobile banking BCA saat Kamu membuat rekening tabungan bank BCA-nya. Hal ini bertujuan agar pembuatannya dalam satu waktu sekaligus. Sehingga Kamu tak perlu lagi harus mengurus registrasi mobile banking BCA.

Nah, itulah panduan lengkap cara daftar mobile banking BCA dan aktivasinya yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019