Cara Mengaktifkan Android System Webview

cara mengaktifkan android system webview
cara mengaktifkan android system webview

Cara mengaktifkan Android System Webview adalah penting untuk kamu ketahui, untuk pengguna smartphone Android. Android System Webview ini memiliki peranan penting untuk mendukung kinerja dari smartphone Android.

Sebab Android System Webview ini memiliki fungsi sebagai bagian pendukung dari aplikasi Google Crome, sehingga aplikasi-aplikasi lain dapat secara otomatis dialihkan ke Google Crome tanpa kamu harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Cara kerjanya adalah saat kamu membuka sebuah link, maka link tersebut akan secara otomatis terbuka di aplikasi browser tanpa kamu harus menyalin url link tersebut ke aplikasi browser.

Akan tetapi ada baiknya jika kamu mengaktifkan sistem yang satu ini di versi Android 6.0 ke bawah sebab pada Android versi 7.0 keatas pengguna wajib melakukan instalasi aplikasi Google Crome sebagai penganti dari System Webview.

Untuk pengguna smartphone Android, System Webview sendiri adalah hal yang sudah tidak asing lagi, karena saat kamu melihat daftar aplikasi yang harus diperbarui di Google Play Store maka sistem yang satu ini tentu turut muncul di daftar.

Mungkin kamu mengira jika aplikasi ini tidak penting dan kamu ingin menguninstall aplikasi, namun aplikasi Android System Webview in sangat penting untuk smartphone Android. Karena hanya dengan adanya aplikasi ini maka kinerja smartphone Androidmu bisa berjalan dengan lancar khususnya untuk mengalihkan link langsung ke browser. Jadi tidak perlu susah payah untuk buka browser lagi.

Pada pembahasan artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara mengaktifkan Android System Webview. Apabila kamu ingin mengaktifkan salah satu sistem Android ini namun kamu mengalami kesulitan, maka kamu bisa menyimak penjelasan yang akan dijelaskan pada artikel ini. Kemudian dipraktekan sendiri di smartphone Androidmu.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan System Webview juga cukup mudah, kamu hanya harus melakukan beberapa langkah saja. Simak!.

Apa itu Android System Webview ?

Mungkin kamu masih bertanya-tanya apa itu Android System Webview. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu mengenal sistem ini. Android System Webview sendiri adalah komponen sistem yang akan memungkinkan aplikasi Android untuk menampilkan konten web didalamnya tanpa harus membuka aplikasi browser secara khusus.

Atau dengan kata lain Android System Webview ini merupakan mesin web browser yang hanya berfungsi untuk menampilkan halaman web salah suatu aplikasi.

Hampir semua aplikasi browser mendukung Android System Webview, seperti aplikasi Opera mini, Google Crome, Firefox, dan lain sebagainya. System Webview ini merupakan aplikasi bawaan dari smartphone Android.

Fungsi Android System Webview

Setelah kamu mengetahui pengertian dari Android System Webview, ada baik jika kamu juga mengetahui fungsi dari sistem ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk menampilkan konten website secara langsung dari aplikasi pihak ketiga yang menggunakan komponen Crome tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Contohnya jika kamu mendapatkan link melalui aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan lain-lain. Ketika kamu menekan link tersebut maka sistem akan secara otomatis membuka konten web pada link tersebut tanpa kamu harus membuka aplikasi browser seperti Crome terlebih dahulu.

Dengan fungsi inilah akan memberikan pengalaman penguna Android dengan lebih baik lagi, karena dengan adanya kemudahan ini tidak perlu berganti aplikasi jika ingin membuka sebuah link.

Supaya fungsi dari Android System Webview ini bisa terus bekerja dengan baik dan optimal sangat disarankan untuk terus mempebarui aplikasi ini setiap ada pembaruan aplikasi.

Salah satu fungsi dari melakukan pembaruan aplikasi adalah selain untuk alasan keamanan dan menghilangkan bug pada aplikasi, melakukan pembaruan juga berfungsi untuk meminimalkan eror pada sistem, karena jika sistem tidak diperbarui bisa jadi konten website yang akan ditampilkan menjadi putih saja meskipun kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

Oleh sebab itu terus perbarui aplikasi Android System Webview di Google Play Store, dan aplikasi yang satu ini juga memiliki ukuran aplikasi yang kecil jadi tidak perlu khawatir memori penuh, juga proses update aplikasi menjadi semakin singkat.

Cara Mengaktifkan Android System Webview

cara mengaktifkan android system webview
cara mengaktifkan android system webview

Jika kamu pengguna smartphone yang memiliki sistem operasi Android versi 6.0 kebawah, tentunya kamu mengatahui jika aplikasi Android System Webview merupakan aplikasi terpisah yang ada di Google Play Store. Akan tetapi untuk Android 7.0 keatas, sistem ini sudah menjadi aplikasi bawaan jadi akan memudahkan penggunanya.

Dan yang paling penting untuk pengguna versi Android 7.0 System Webview ini dapat kamu uninstall tanpa khawator karena sistem ini telah tergantikan fungsinya dengan Google Crome,

Akan tatapi jika versi Android milikmu dibawah itu maka kamu hatus mengaktifkan Android System Webview ini karena System Android Webview ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk smartphone Android.

Cara untuk mengaktifkan Android System Webview ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama buka smartphone Android milikmu terlebih dahulu.
  • Jika sudah kamu bisa masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu langkah selanjutnya adalah buka opsi Aplikasi yang terdapat pada menu Pengaturan.
  • Langkah berikutnya kamu bisa scroll dan cari aplikasi Android System Webview.
  • Lalu kamu bisa klik Aktifkan.
  • Selesai, dengan melakukan langkah-langkah diatas maka Android System Webview milikmu akan secara otomatis sudah aktif.

Itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan aplikasi Android System Webview yang dapat kamu coba sendiri, bagaimana cukup mudah bukan ?.

Apakah Aman Apabila Menonaktifkan Android System Webview ?

Berikutnya jika ada sebagian dari pengguna Android khususnya yang masih menggunakan versi Android 6.0 kebawah dan ingin menetahui aman atau tidaknya untuk smartphone Android jika menonaktifkan sistem ini, maka kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Dapat dikatakan jika Android System Webview adalah bagian yang tidak terpisahkan untuk smartphone Android mulai dari awal-awal adanya smartphone Android hingga saat ini.

Dan untuk Android 10, pihak Google telah berencara untuk memisahkan Webview ini dengan sistem OS inti. Akan tetapi meskipun menjadi aplikasi yang terpisah adanya sistem ini masihlah sangat penting.

Namun untuk kamu yang sudah menggunakan Android versi 7.0 keatas, kamu bisa menonaktifkan Android System Webview tanpa khawatir adanya konsekuensi yang akan mempengaruhi smartphone Android. Jika versi Androidmu masih dibawah 7.0 kamu harus terus mengaktifkan Android System Webview melihat fungsi penting dari aplikasi ini.

Yang perlu kamu tahu jika kamu menonaktifkan Android System Webview, akan mempengaruhi kinerja beberapa aplikasi yang menggunakan layanan System Webview ini.

Demikianlah pembahasan seputar cara mengaktifkan Android System Webview. Jika kamu ingin mengaktifkan sistem ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas. Untuk smartphone Android versi terbaru, aplikasi ini secara otomatis dinonaktifkan oleh sistem dan tidak bisa di aktifkan kembali, atau bisa jadi bisa diaktifkan namun tidak bisa diperbarui. Jadi cara ini terutama ditujukan untuk pengguna Android versi 6.0 kebawah ya. Selamat mencoba.

 

Related posts