Cara Cek PLN Gratis

Bagaimana cara cek PLN gratis? Ya, pihak Pemerintah telah mengambil kebijakan yang terkait dengan dampak pandemi untuk para pelanggan PLN, terutama bagi pengguna listrik pra bayar atau token listrik berkapasitas daya listrik 900 VA dan 450 VA. Dimana kebijakan tersebut diambil sebagai bentuk kompensasi bagi pelanggan PLN yang ada di seluruh Indonesia.

Namun sayangnya tak semua pelanggan token listrik menerima token gratis, karena ada beberapa faktor diantaranya ialah perubahan data pelanggan/pengguna PLN dari yang awalnya R1/R1T menjadi R1M.

Jadi, penting sekali untuk mengetahui hanya pengguna atau pelanggan yang kodenya R1/900 dan R1/R1T 450 saja yang menerima kompensasi token PLN dan tidak berlaku bagi pelanggan yang memiliki kode R1M.

Jadi, jika kebetulan pada meteran terlihat kode R1T900 dan Kamu tidak menerima kode token ini artinya sudah terjadi perubahan status, perubahan tersebut biasanya tidak di update.

Selain itu, perubahan status tersebut disebabkan oleh pengguna sudah tergolong kategori pelanggan mampu yang salah satunya ditunjukkan berdasarkan perubahan bangunan rumah, yang awalnya menggunakan papan menjadi keramik dan tembok.

Mekanisme dan Persyaratan Mendapatkan PLN Gratis

Sebelum kita membahas cara cek PLN gratis, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang mekanisme dan persyaratan untuk mendapatkan PLN gratis.

Terkait instruksi presiden mengenai kebijakan pembebasan biaya tagihan listrik untuk masyarakat miskin. PT. PLN menentukan mekanisme dan persyaratan penggratisan listrik untuk masyarakat miskin.

Pasalnya pelanggan dengan golongan daya 450 VA diberi keringanan untuk tidak membayar tagihan listrik hingga 3 bulan lamanya, baik untuk pengguna prabayar maupun pasca bayar. Sedangkan bagi pelanggan yang bergolongan daya 900VA mendapatkan diskon sebanyak 50%.

Adapun penentuan kedua golongan tersebut menurut Peraturan dari Menteri ESDM No.32 Tahun 2018 mengenai mekanisme perubahan tarif listrik untuk Rumah Tangga.

Seperti kita ketahui, layanan listrik berdaya 450 VA memang dikhususkan bagi rumah tangga golongan miskin.

Cara Cek PLN Gratis

Cara Cek PLN Gratis
Cek PLN Gratis

Nah, untuk mengetahui apakah kita tergolong ke dalam kategori pengguna yang menerima token listrik gratis ataukah tidak, Kamu bisa ikuti beberapa cara cek PLN gratis di bawah ini :

Cara Cek PLN Gratis Via Tokopedia

Kamu juga bisa melakukan cara cek PLN gratis dengan mengunjungi salah satu situs atau aplikasi e-commerce Tokopedia. Adapun tahapan yang harus dilakukan ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke web Tokopedia atau bisa dengan klik link https://www.tokopedia.com/pln.
  • Selanjutnya inputkan nomor meter atau ID pelanggan/IDPEL. Lalu pilih opsi Token Listrik.  Setelah itu, pilih saja misalnya pulsa token Rp. 20.000.
  • Lalu klik “Beli”.
  • Kemudian akan muncul keterangan berupa nomor IDPEL, nama pengguna dan daya listrik yang digunakan. Selain itu, Kamu bisa mengetahui informasi tentang jenis kategori pelanggan.

Misalnya saja, pada layar terdapat tulisan jenis pelanggan R1/450, ini artinya Kamu termasuk pelanggan yang memiliki hak untuk menerima token gratis dari PLN. Namun jika Kamu ditampilkan notifikasi “Nomor Pelangganmu Bermasalah”, artinya Kamu masuk ke dalam kategori pelanggan pasca bayar atau tanpa token.

Tidak perlu dilanjutkan untuk membeli token sebab Kamu hanya memerlukan datanya saja. Sementara bagi kategori pelanggan R1M sendiri tidak berhak menerima token subsidi.

Cara Cek PLN Gratis Dengan Aplikasi Payfazz

Kamu juga bisa mengecek apakah termasuk ke dalam pelanggan yang berhak menerima token gratis ataukah tidak melalui aplikasi Payfazz. Berikut panduan cara cek PLN gratis menggunakan aplikasi Payfazz, diantaranya :

  • Silahkan buka aplikasi Payfazz terlebih dahulu, jika belum mempunyai aplikasinya Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.
  • Jika sudah berhasil mengunduhnya, buat akun di aplikasi Payfazz dan lakukan login.
  • Selanjutnya pilih opsi Tagihan PLN.
  • Jika sudah, silahkan inputkan nomor ID pelanggan atau Nomor Meter.
  • Pilih next atau Lanjut, kemudian isikan nomor ponsel.
  •  Lalu klik Cek Tagihan.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi “Tagihan Listrik Sudah Lunas”, ini artinya Kamu tidak perlu membayar tagihan listrik alias gratis.

Cara Cek PLN gratis ke Kantor Pos Terdekat

Selain kedua cara di atas, Kamu juga bisa menggunakan cara cek PLN gratis yang satu ini, yaitu dengan mendatangi kantor pos terdekat.

Silahkan Kamu datangi kantor Pos terdekat di tempat tinggalmu, langsung temui petugas kantor Pos di sana dan konfirmasikan kedatanganmu untuk mengecek tagihan listrik PLN apakah ada tagihan ataukah tidak ada (gratis). Pastikan Kamu menyebutkan nomor IDPEL kepada pihak petugas kantor Pos.

Itulah ketiga pilihan cara cek PLN gratis yang bisa Kamu coba untuk memastikan apakah Kamu mendapatkan token atau tagihan PLN gratis ataukah tidak.

Cara Mendapat Token Listrik Gratis

Adapun untuk mendapatkan PLN gratis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di bawah ini :

Cara Mendapatkan PLN Gratis Langsung dari Situs Resmi PLN

Cara mendapatkan PLN gratis yang pertama, bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi PLN secara langsung. Kamu bisa klik link https://layanan.pln.co.id.

Untuk mendapatkan nomor token, Kamu bisa inputkan nomor meter di halaman utama situs setelah kamu login sebelumnya. Pastikan untuk tidak mencantumkan nomor IDPEL atau ID Pelanggan, sebab berdasarkan pengalaman biasanya selalu gagal bila memakai IDPEL.

Adapun posisi dari nomor meter sendiri terletak bersebelahan barcodei atau di samping nomor pelanggan bagian atas.

Setelah itu, klik “Cari” jika sudah berhasil. Maka selanjutnya akan langsung muncul kode token PLN di layar
Kamu bisa memasukkan nomor kode token yang tertera pada layar ke meteran.

Adapun cara memasukkannya sama seperti ketika memasukkan atau melakukan pengisian token listrik pada umumnya.

Untuk mengecek voucher apakah masuk atau tidak ialah dengan cara melihat besarnya daya listrik sebelum memasukkan kode tersebut.

Jika awalnya daya listrik yang Kamu miliki 30.00 Kwh sesudah menerima gratis token listrik 87.6 Kwh, jadi jumlahnya totalnya menjadi 117.60 Kwh.

Cara Mendapatkan PLN Gratis Via WhatsApp

Cara mendapatkan PLN gratis ini terbilang efektif. Caranya sebenarnya cukup gampang, Kamu hanya perlu mengirimkan WA ke 0812-2123-123 dengan langsung menyertakan IDPEL.

Sekali lagi, Kamu harus pastikan terlebih dulu jika Kamu termasuk pelanggan PLN yang berhak menerima token PLN grati, dan jika ternyata tidak tergolong kategori yang berhak maka Kamu tidak akan menerima token gratis.

Misalnya saja, pelanggan berdaya listrik 900 dan 450 watt yang tidak masuk ke dalam golongan subsidi, ialah untuk jenis pelanggan R1M/900, B1/900, dan B1/450 karena termasuk ke dalam kategori usaha.

Lalu, bagaimana jika pengguna listrik pasca bayar yang termasuk ke dalam kategori pelanggan dengan subsidi listrik gratis? Tentu secara otomatis, Kamu tak perlu membayar tagihan listrik hingga 3 bulan lamanya.

Namun pastikan terlebih dahulu statusmu sebagai pelanggan PLN dengan tipe R1/R1T 900 dan 450.  Sementara, bagi pelanggan berdaya 900 watt, akan mendapatkan diskon sebesar 50%.

Demikianlah ulasan cara cek PLN gratis dan cara mendapatkannya yang bisa Kamu coba untuk memastikan tagihan listrik atau token listrik di rumahmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019