Cara Custom Link Google Form

  • Whatsapp

Bagaimana cara custom link Google Form? Saat ini Google Form memang sedang populer dan banyak digunakan sebagai platform pembuatan formulir pendaftaran atau kuesioner secara online. Adanya form elektronik yang diusung Google tersebut semakin mempermudah para pengelola, untuk melakukan analisis terhadap survey atau peninjauan dengan tepat sehingga mendapatkan hasil yang benar-benar akurat.

Selain itu, hasil yang didapat dari Google Form tadi bisa diubah ke dalam grafik atau diagram. Menariknya lagi, Google Form juga sudah terhubung secara otomatis ke dalam Google Drive. Jadi Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah lewat perangkat apapun.

Read More

Biasanya saat Kamu membagikan URL atau link ke Google Form, maka link tersebut akan terlihat sangat panjang dengan kode yang rumit. Jangankan mudah diingat, kita yang melihatnya saja tentu sudah malas membacanya. Lain halnya jika Kamu memperingkas tautan link tersebut menjadi lebih singkat.

Bagaimana, tertarik dengan ulasan cara custom link Google Form? Mari simak ulasannya di bawah!

Cara Custom Link Google Form

Cara Custom Link Google Form
Memperpendek Link Google Form

Memperpendek Link Google Form Mudah

Untuk memperpendek Link Google Form sendiri ada banyak cara yang bisa Kamu pilih melalui ratusan layanan yang tersedia di internet. Namun di sini Kami hanya akan membahas beberapa saja.

Kamu bisa menggunakan beberapa platform berikut ke dalam cara custom link Google Form. Simak panduannya di sini!

Terkait:  Cara Mengembalikan Gmail yang Terhapus

1. Cara Memperpendek Link Google Form Melalui GG.gg

Salah satu cara memperpendek link Google Form yang bisa Kamu coba ialah dengan menggunakan URL shortener dari GG.gg. Situs ini memiliki tampilan yang lebih sederhana. Selain itu juga menyediakan fitur-fitur yang menarik, mulai dari fitur tracking yang dapat memantau traffic pengunjung, hingga kustomisasi link untuk Google Form.

Menariknya lagi, untuk menggunakan cara custom link Google Form di Gg.gg juga tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dulu. Tapi jika Kamu ingin mengecek statistik url yang Kamu bagikan, tak ada salahnya mencoba akun gratis yang ditawarkan di GG.gg.

Oke, langsung saja ikuti tutorial kustomisasi url Google Form di situs Gg.gg di bawah ini :

  • Silahkan masuk ke GG.gg
  • Kemudian salin url Google Form tersebut di kolom yang sudah tersedia.
  • Lalu centang pilihan “Customize Link” jika ingin mengubah link url yang dibuat untuk Google Form.
  • Inputkan nama link sesudah http://gg.gg/
  • Selanjutnya klik “Shorten Url” digunakan untuk mempersingkat tampilan url Google Form yang Kamu bagikan.

2. Cara Memperpendek Link Google Form Melalui Adtival

Langkah selanjutnya ialah melalui Adtival. Kabar baiknya, Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan jika melakukan short link memakai layanan ini.

Metodenya memang tak jauh berbeda dari cara custom link lainnya. Sesudah link Google Form-mu jadi kemudian dibagikan, Kamu bisa memperoleh komisi menarik setiap ada user yang mengklik url tersebut. Oke, langsung saja ikuti tutorial di bawah ini :

  • Silahkan buka webnya di sini, dan buat akun secara gratis.
  • Lalu masuk ke tab “New Link” dan salink url Google Drive di kotak isian.
  • Setelah itu, klik “Advanced Options”.
  • Buat link custom di kotak yang harus diisi pada tulisan “Alias”.
  • Kemudian ganti domain url pendek menggunakan domain lain sesuai yang telah disediakan.
  • Selanjutnya tinggal klik “Shorten”.

3. Cara Memperpendek Link Google Form di BI.ink

Kamu bisa memperpendek link Google Form di situs Bi.ink. Sama seperti yang lainnya, situs Bi.ink memiliki tampilan yang sangat mudah. Simak saja tutorialnya di bawah ini :

Terkait:  Cara Google Docs Voice Typing
  • Di langkah awal, Kamu bisa salin url Google Form milikmu.
  • Lalu, kunjungi website BI.Ink.
  • Setelah itu, silahkan masuk ke akun Bi.Ink.
  • Jika sudah masuk, tinggal pilih tab “New Link”.
  • Selanjutnya silahkan tempelkan url Google Form tadi yang sudah dibuat.
  • Kemudian akan muncul url dengan tampilan lebih pendek dari sebelumnya.

4. Cara Memperpendek Link Google Form Melalui Dik.si

Hasil kreativitas anak bangsa bernama Dik.si ini juga menyediakan kemudaian cara custom link Google Form. Dari tampilannya juga sudah dibilang up to date. Kamu dapat memakai web ini secara gratis. Jika ingin menikmati fitur lebih lengkap, Kamu harus melakukan login lebih dahulu melalui akun Twitter, Google maupun Facebook. Jika dilihat secara overall, platform ini cukup dianjurkan meskipun masih baru. Silahkan akses websitenya di sini!

Itulah cara custom link Google Form gratisan yang bisa Kamu pilih untuk mempersingkat tautan atau url yang akan dibagikan. Lalu, bagaimana cara mengirim link yang sudah diubah tadi?

Mengirim Link Google Form

Jika link Google Form sudah dipersingkat, kini kamu tinggal membagikan url tersebut ke pengguna atau respondense untuk mengisi quesioner atau ke peserta ujian. Nah, link inilah yang nantinya dipakai untuk mengakses formulir di Google Form cukup dalam 1 klik saja. Selanjutnya jika Kamu ingin membagikan link tersebut, silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama, silahkan salin atau copy link Google Form yang sudah diperpendek sebelumnya.
  • Lalu buka aplikasi perpesanan di LINE, Telegram maupun WhatsApp, sesuai yang digunakan untuk membagikan link tersebut.
  • Jika Kamu ingin membagikan link ke Grup WhatsApp misalnya, silahkan tekan Grup WhatsAppmu, lalu tekan kemudian tahan pada tab “Ketik Pesan” dalam grup WA.
  • Selanjutnya tinggal tekan tempel atau paste, lalu kirimkan.
  • Kemudian para peserta ujian nantinya cukup mengklik link tadi dan langsung dibawa ke halaman Google Form.
Terkait:  Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Keunggulan Menggunakan Google Form

Sebenarnya ada cukup banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan Google Form, diantaranya :

1. Dapat Diakses Secara Gratis

Menggunakan layanan Google Form sendiri tidak berbayar alias gratis. Sehingga Kamu tak perlu lagi memakai uangmu untuk mencetak form atau pembelian aplikasi.

2. Bisa Langsung Dibagikan

Keunggulan yang dimiliki oleh Google Form lainnya ialah mudah di share. Membagikan form hanya dalam satu klik saja ke berbagai platform dengan mudah dan praktis. Seperti melalui grup chatting, sosial media dan lain sebagainya.

3.  Programnya Ringan

Google Form juga bisa dikatakan sebagai platform yang ringan digunakan. Sehingga, Kamu bisa meggunakan platform ini tanpa mengalami kendala apapun. Selain itu, form ini juga kompatible di berbagai perangkat.

4. User Friendly

Form elektronik dari Google ini memang sangat gampang diakses. Baik untuk pembuatan Form maupun penggunaan platformnya. Jadi Kamu bisa membuat form penilaian dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi kembali. Selain itu, Kamu tinggal membagikan form yang Kamu buat. Google Form dapat diakses mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja.

5. Tersedia Fitur Spreadsheets

Fitur Spreadsheets yang terdapat pada Google Form juga turut memberikan nilai plus tersendiri. Tools yang tersedia di sini memungkinkanmu untuk mengecek langsung respon tinjauan di form tersebut. Selain itu, ada pula informasi respon waktu dan grafiknya memakai fitur ini.

Demikian ulasan tentang cara custom link Google Form dan keunggulan menggunakan platform ini untuk membuat formulir penilaian/survey, dan ujian. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Related posts