Cara Export Filmora

Wondershare Filmora atau biasa dikenal sebagai Filmora adalah salah satu aplikasi editing video yang mudah dipelajari dan sangat simpel. Sehingga bisa membantu para pemula untuk mengedit video dengan mudah. Selain itu, mungkin banyak pemula yang masih belum mengetahui bagaimana cara export Filmora? Karenanya Kami akan bahas di sini!

Seperti kita ketahui proses pembuatan dan pengaturan video bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan oleh siapapun. Karena memerlukan proses yang cukup rumit dan panjang. Akan tetapi, semua usaha Kalian akan terbayar saat rendering video berjalan dengan baik dengan hasil video yang berkualitas.

Read More

Bagi yang sering melakukan editing video, istilah export atau render adalah hal yang familiar. Tapi masih saja banyak orang yang belum mengetahui istiahrendering.

Lalu, Apa Itu Proses Rendering atau Exporting Video?

Sederhananya proses rendering adalah aktivitas editing video, puti penggabungan serta membangun gambar dalam sebuah objek yang dilakukan secara kolektif. Dengan demikian bisa menghasilkan video yang benar-benar utuh. Dalam proses rendering video, Kalian memerlukan sebuah aplikasi atau perangkat lunak khusus editing video di perangkat laptop atau PC.

Hingga saat ini, jarang sekali orang yang me-rendering video di perangkat tablet atau smartphone. Sebab sistem operasinya masih belum mendukung. Selain itu, sistem komputer yang lebih kuat berkapasitas besar, sehingga lebih handal menghasilkan hasil akhir video yang berkualitas dan profesional.

Di samping itu, proses exporting video di perangkat Hp tidak dapat berjalan lancar, sebab daya tahannya memang lebih lemah jika dibandingkan di laptop atau komputer.

Lalu, aplikasi atau tools apa yang dapat digunakan untuk menghasilkan video rendering terbaik? Sebenarnya ada banyak aplikasi atau software editing video untuk rendering atau exporting video. Salah satunya adalah Wondershare Filmora.

Cara Export Filmora

Cara Export Filmora
Export Video Filmora

Export Video Filmora

Fimora memiliki interface yang menarik, sehingga sangat ideal bagi para pemula yang ingin melakukan proses rendering video berskala kecil. Ada beberapa fitur yang disediakan oleh Filmora, diantaraya transisi dan efek-efek yang ditawarkan untuk mempercantik proses editing video. Selain itu, ada beberapa fitur lainnya seperti Add text, Adjust Duration, Tune, Trim, Split, Crop, dan lain sebagainya. Selain kemudahan cara crop video di Filmora, Kalian juga bisa melakukan rendering video di aplikasi ini.

Lalu, bagaimana cara export video Filmora? Berikut panduan lengkapnya :

  • Pertama-tama silahkan buka software Filmora yang sudah Kamu download terlebih dahulu.
  • Setelah itu, klik File kemudian pilih “Settings”.
  • Kemudian cari “GPU”, lalu centang pada tulisan “Enable GPU Acceleration”.
  • Jika sudah, tinggal pilih “Save” atau “Ok” di bawahnya.
  • Selesai.

Itulah proses cara export Filmora mudah dan cepat yang bisa Kamu lakukan. Lalu, bagaimana jika tidak bisa export video Filmora?

Export Video Filmora ke MP3 Agar Video Tidak Buram

Selain cara di atas, Kalian juga bisa melakukan cara export video Filmora agar tidak buram. Biasanya buramnya video atau tidak di Youtube dipengaruhi oleh faktor bitrate pada video. Selain itu, usahakan untuk menyamakan bitrate video dengan berkas video sebelum di edit. Adapun cara melihat adanya bitrate video adalah klik kanan di video lalu pilih properties.

Setelah itu, pilih opsi tab detail dan muncul keterangan dalam video informasi bitrate. Lalu pilih Export, dan selanjutnya Kamu akan melihat pengaturan setting-nya. Selanjutnya pilih MP4, dan pilih Settings. Kemudian pilih opsi Quality Best.

Tahap berikutnya samakan resolusi dengan resolusi pada file video sebelum diedit, dan samakan FPS dengan video sesaat sebelum diedit. Kemudian usahakan bitrate sama seperti video aslinya. Selanjutnya klik OK.

Tips Agar Cara Export Filmora Berhasil

Gagal melakukan cara export Filmora mungkin sering dialami oleh para editor. Hal tersebut memang sangat menyebalkan. Selain itu, penyebabnya juga bervariasi. Mulai dari efek, source maupun yang lainnya. Tapi, yang paling menyebalkan ialah sulit meemukan penyebab kegagalan export itu sendiri.

Adapun untuk mengatasi export video Filmora yang gagal, ialah berikut ini :

1. Membuang Efek Video

Salah satu faktor kenapa gagal mengeksport video Filmora adalah dikarenakan efek videonya. Maka dari itu, Kalian bisa mengatasinya dengan membuang efek video. Efek video yang dipasang bisa membuatnya gagal rendering. Selain itu bisa juga dari instalasi efek plugin dari luar.

Cek pada timecode error, apabila Kalian memasang efek dari luar, silahkan buang efek video tersebut dan ganti memakai efek lainnya. Kemudian lakukan rendering video dan export. Namun jika masih gagal, sebaiknya jangan gunakan efek lagi.

2. Konversi File

Gagal cara export Filmora lainnya juga bisa dikarenakan source-nya bermasalah. Umumnya dipengaruhi faktor codec. Apabila Kalian mempunyai source aneh-aneh yang diperoleh dari perangkat kamera tertentu, coba memakai software converter.

Silahkan ubah tipe file dan codec-nya pada format lain yang umum. Kalian bisa melakukan konversi ke dalam format MP4 memakai codec H.264.

3. Mengganti Gambar

Untuk mengatasi video tidak dapat di export melalui Filmora lainnya ialah dengan cara mengganti gambarnya. Metode tersebut dapat dicoba apabila kedua cara di atas masih saja gagal atau tidak work. Kemungkinan penyebabnya adalah source yang Kalian miliki sudah corruptSource yang mengalami corrupt. Biasanya source teresebut tidak dapat diperbaiki kembali seperti dulu.

Jadi terpaksa Kalian harus mengubah gambar atau menyalinnya lagi memakai sumber asli.

4. Membuat Project yang Baru

Apabila dalam hasil editan video tidak terjadi masalah, cara ini bisa dilakukan dan aman dilakukan. Mungkin permasalahannya ialah pada project yang dibuat. Silahkan buat project beserta sequence baru. Selanjutnya salin lalu tempelkan isi sequence yang mengalami masalah tadi ke dalam sequence baru.

5. Melakukan Proses Rendering dan Replace

Cara export Filmora selanjutnya adalah dapat dilakukan dengan melakukan rendering video kemudian replace. Biasanya cara tersebut hampir sama seperti mengkonversi video. Namun hanya dilakukan pada sequence dan biasanya hanya memilih potongan-potongan tertentu saja.

Jika Kalian mengalami kegagalan export untuk tiap potongan tertentu, silahkan klik kanan potongan tersebut. Setelah itu pilih opsi render dan replace. Kalian bisa memilih format dan preset apa saja yang Kalian suka, lalu tekan “Ok”.

6. Nonaktifkan OpenCL atau CUDA

Untuk mengatasi gagal export video pada Filmora ini juga dapat dilakukan apabila VGA Kalian tidak mendukung GPU Acceleratio, baik seperti OpenCL atau CUDA.

Seharusnya OpenCL atau CUDA tersebut bermanfaat untuk mempercepat proses rendering video yang ada, tapi terkadang justru menimbulkan masalah tertentu.

Jika ingin mengatasi persoalan tersebut, Kalian bisa pilih “File” kemudian masuk ke “Project Setting” dan masuk ke “General”. Lalu ubahlah rendere ke dalam Mercury Playback Engine.

Itulah panduan untuk mengatasi cara export Filmora yang gagal dengan mudah. Akan tetapi sebelumnya, pastikan Kalian mengetahui penyebab kenapa Filmora yang dipakai tidak dapat melakukan export. Akan tetapi, jika Kalian bingung, sebaiknya ikuti panduan di atas!

Ulasan Baru:

Related posts