Cara Dempul Mobil

Mobil adalah kendaraan yang kini dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik dengan cara dapat mobil gratis. Mempunyai mobil pribadi tentu harus sudah siap dengan berbagai macam resiko, seperti timbulnya goresan dan luka yang muncul kapan saja tanpa kita sadari. Hal ini justru membuat kita sebagai pemiliknya merasa terganggu karena tidak nyaman. Sebagai solusinya tentu kita harus tahu bagaimana cara dempul mobil dengan baik.

Untuk mengatasi goresan, baret hingga penyok pada body mobil sendiri harus diperbaiki secara hati-hati. Kamu bisa mengatasinya dengan cara dempul mobil agar bekas penyoknya tidak tersisa. Bagi Kamu yang bergelut di dunia otomotif, tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya dempul.

Dalam melakukan pendempulan, sebaiknya dilakukan dengan teliti sebab dempul adalah bagian yang langsung bersinggungan dengan cat. Jadi apabila dempul tidak dilakukan secara merata, maka bisa saja cat yang telah disemprotkan menghasilkan corak yang berbeda pada bagian bodi yang tak terkena dempul.

Kenali Jenis dan Peralatan Dempul

Sebelum membahas cara dempul mobil dengan benar, ada baiknya Kamu memahami tentang jenis-jenis dempul itu sendiri. Berikut penjelasannya :

1. Dempul Epoxy Putty

Jenis dempul yang pertama ialah Epoxy Putty. Dimana dempul ini mempunyai ketahanan pada karat lebih baik dan mempunyai daya rekat baik terhadap beberapa material dasar. Adapun bahan utama yang digunakan pada dempul jenis ini ialah epoxy resin serta amine yang dijadikan sebagai obat pengering atau hardener. Kamu juga dapat membaca ukuran atau takaran yang tepat untuk mencampurkan thinner dengan cat.

2. Dempul Polyester Putty

Dempul jenis ini merupakn tipe 2 komponen, biasanya sering disebut sebagai dempul plastik. Dimana dempul ini biasana memakai bahan organic peroxide yang dijadikan sebagai hardener. Selain itu, memiliki kandungan pigmen yang banyak sehingga bisa membentuk lapisan tebal serta mudah diamplas.

Jenis dempul Polyester Putty dapat menghasilkan tekstur keras sesudah kering. Ada beberapa brand atau merk pada dempul polyester, diantaranya Alfa, San Polac, Isamu, Autoclass, Bodylight, Tanury, Osanglous, dan lain sebagainya.

3. Dempul Lacquer Puty

Dempul ketiga terbuat dari bahan utama acrylic resin dan nitrocellulose. Dimana dempul jenis ini bisa Kamu aplikasikan tipis-tipis agar goresan-goresan tipis pada mobil dapat ditutupi.

Peralatan dan Bahan Dempul yang Wajib Dipersiapkan

Adapun beberapa pilihan alat dan bahan untuk mendempul mobil, ialah sebagai berikut :

  • Dempul, Kamu bisa memilih mana jenis dempul yang diinginkan sesuai kebutuhan.
  • Thinner, yang digunakan untuk mengencerkan campuran zat perekat dan zat pewarna.
  • Cat dasar, umumnya memakai 2 jenis yakni cat basic abu-abu dan merah.
  • Pengeras dempul, biasanya sepaket dengan dempul, selain itu juga bisa dibeli dengan cara terpisah.
  • Sarung tangan dan masker.
  • Kertas pasir atau amplas. Biasanya amplas digunakan untuk menghaluskan atau meratakan dempul supaya rata seperti pada bidang aslinya.
  • Tatakan rata, dipakai untuk mencampur antara pengeras dan dempul.
  • Kain atau lap Microfiber.
  • Jidar, sebagai alat untuk membantu proses pendempulan berbentuk panjang dan lurus dengan panjang sekitar 30 sampai 50 cm. Biasanya alat jidar tersebut hanya dipakai untuk proses mendempul bidang yang luas, daftar serta memerlukan banyak pendempulan.

Jika bahan-bahan di atas sudah Kamu persiapkan dengan lengkap, selanjutnya Kamu sudah bisa memulai persiapan terlebih dahulu sebelum proses mendempul mobil. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama persiapkan terlebih dahulu kertas amplas/pasir halus dan body part fiber sebelum Kamu menerapkan dempul di bagian atasnya.
  • Pastikan bagian permukaan telah dibersihkan dari kotoran dan debu, pakai kain pembersih.
  • Persiapkan tatakan yang rata untuk pencampuran.
  • Kini Kamu bisa mencampur pengeras dan dempul dengan takaran sesuai petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan dempul.
  • Sesudah dicampur, biasanya dempul mulai berubah warna, bisa hujau atau kuning tergantung dari merknya itu sendiri.
  • Dempul yang telah tercampur merata dengan pengeras dapat digunakan selanjutnya dalam waktu sekitar 25 menit.

Sebelum perbaikan dengan cara mendempul mobil. Tentu sangat diperlukan persiapan alat pelindung dan persiapan lainnya karena Kamu akan langsung bergelut dengan fiber dan dempul yang menghasilkan debu-debu. Selain itu, pastikan mengerjakan proses pendempulan ini di tempat yang terbuka.

Cara Dempul Mobil

Cara Dempul Mobil
Cara Mendempul Mobil

Cara Mendempul Mobil

Bagi Kamu yang ingin mengetahui cara mendempul mobil sendiri dengan baik, ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan. Pastikan Kamu sudah mempersiapkan peralatan dan bahan yang digunakan untuk mendempul mobil.

Adapun panduan cara dempul mobil sendiri, ialah sebagai berikut :

1. Bersihkan Media yang Didempul

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah bersihkan media yang didempul terlebih dahulu, Kamu dapat melakukan pengamplasan dengan tujuan agar kotoran dan jamur yang menempel cepat hilang. Apabila ada bagian yang berkarat Kamu bisa memakai grinda untuk mengatasi atau menghilangkannya. Adapun tujuan membersihkan media yang dilakukan sebelum pendempulan sendiri bertujuan agar dempul lebih awet dan dapat menempel kuat.

2. Pengecekan Bagian yang Didempul

Cara dempul mobil berikutnya supaya tidak bergelombang ialah mengecek beberapa bagian yang didempul apabila ada beberapa yang terdapat lekukan atau tidak rata. Jadi, Kamu harus meratakannya lebih dulu memakai palu kecil. Tujuannya supaya hasil pendempulan tak terlalu tebal.

3. Berishkan Lagi Bagian yang Akan Didempul dan Beri Hardenner

Setelah itu, bersihkan lagi bagian yang nantinya akan didempul sampai tidak terdapat kotoran atau debu yang menempel. Lalu ambil dempul seperlunya saja dan pastikan untuk mencampurkan hardenner atau obat dempul sedikit saja. Sebab apabila pmberian hardenner dilakukan terlalu banyak bisa membuat dempul cepat mengering.

Biasanya sesudah dempul tadi tercampur dengan hardenner maka akan langsung berubah warna.

6. Tempelkan Dempul Menggunakan Scrap

Cara dempul mobil berikutnya ialah segera tempelkan dempul menggunakan scrap. Sebab jika dempul tadi sudah bercampur dengan obat akan lebih mudah mengering. Apabila permukaan yang akan didempul lebar, Kamu dapat memakai jidar yang bertujuan agar menarik dempul supaya proses pendempulan merata.

Pada bagian lekukan, Kamu bisa memakai gergaji kayu yang bekas untuk dapat menarik dempul. Hal ini dikarenakan gergaji mudah dibengkokan dan lebih lentur. Akan tetapi, jangan pernah menggunakan gigi gergaji saat menarim dempul sebab bisa hancur dempulnya. Aplikasikan gergaji bagian atas atau bagian gergaji yang lurus agar dempul pada lekukan dapat ditarik.

Supaya hasil dempul pada mobil merata, pakai kartu domino yang digunakan untuk mendempul lekukan-lekukan yang kecil atau di bagian sudut.

Harus diingat bahwa dalam mendempul mobil tak bisa jadi langsung harus dilakukan secara bertahap agar menghasilkan dempul secara merata. Sebaiknya tunggu sampai dempul mengering, lalu ulangi proses pendempulan hingga dempul merata.

Apabila dempul telah merata, Kamu bisa melakukan  pemplariman agar pori-porinya dapat ditutupi serta dapat menghaluskan dempul supaya lebih mudah dilakukan pengamplasan.

Cara dempul mobil sebenarnya tak jauh berbeda dari proses memplester tembok atau dinding. Adapun perbedaannya dilihat dari bahan yang dipakai. Apabila Kamu terbiasa melakukan plester tembok, pastinya Kamu akan lebih mudah belajar mendempul kendaraan roda empat ini.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019