Cara Check In Pesawat di Traveloka via Web dan Aplikasi, Wajib Tahu!

Cara Check In Pesawat di Traveloka
Cara Check In Pesawat di Traveloka

Jika sebelumnya kita sudah bahas cara check in Traveloka untuk tempat akomodasinya, nah kali ini kita akan bahas tentang cara check in pesawat di Traveloka!

Hayo, siapa yang belum tahu gimana cara check in pesawat? Di era serba canggih ini, tentu saja kita bisa dengan mudah mengakses segala hal termasuk check in pesawat.

Read More

Adanya layanan online buat check in seperti Traveloka, turut memanjakan para penggunanya agar bisa memesan tiket pesawat hingga cara check in pesawat di Traveloka dengan mudah.

Traveloka sendiri bukan nama baru sebagai platform perjalanan online yang terkemuka. Terbukti dengan banyaknya pengguna yang sudah memanfaatkan platform ini, baik untuk pesan tiket pesawat maupun reservasi hotel secara online.

Nah, untuk kamu yang belum pernah melakukan check in pesawat di platform ini, penting memahami bagaimana cara check in pesawat di Traveloka! Yuk, kita mulai pembahasannya!

Apa Sih Kelebihan Check In Pesawat di Traveloka?

Sebelum melanjutkan cara check in pesawat, kamu harus tahu jika Traveloka telah menawarkan banyak kelebihan sebagai platform buat pesan tiket pesawat online. Ini nih kelebihan menggunakan Traveloka yang bisa kamu dapatkan :

1. Mudah dan Nyaman

Sudah pasti, dengan melakukan check in pesawat di platform Traveloka sangat mempermudah proses pemesanan tiket pesawat hingga keberangkatan. Alhasil, kamu akan lebih nyaman lagi ketika hendak bepergian dengan pesawat.

Kamu gak perlu harus antri di bandara untuk check in, sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga!

2. Fleksibel

Kamu juga bisa check in pesawat menggunakan platform ini tanpa kenal waktu dan tempat. Check in bisa dilakukan baik sebelum keberangkatan atau beberapa hari sebelumnya, asalkan memiliki akses internet yang sangat baik untuk proses check-in pesawat.

3. Pilihan Tempat Duduk

Melalui Traveloka, kamu dapat memilih tempat duduk yang diinginkan sesuai keinginan kamu. Kelebihan dari check-in secara online ini, kamu bisa melihat peta tempat duduk yang tersedia dan memilih yang paling sesuai dengan kenyamanan kamu.

4. Dapat Menghindari Antrian Panjang

Dengan melakukan check-in pesawat menggunakan Traveloka, kamu dapat menghindari antrian panjang di bandara.

Sehingga nantinya, kamu bisa langsung menuju gerbang keberangkatan setelah tiba di bandara tanpa harus mengantri untuk check-in lagi, karena sudah dilakukan secara online.

5. Boarding Pass Elektronik

Setelah berhasil check-in melalui Traveloka, selanjutnya kamu akan menerima boarding pass elektronik. Kamu bisa menyimpannya di perangkat HP atau bisa juga mencetaknya sebagai bukti check-in.

Dengan menggunakan Boarding pass elektronik, maka akan memudahkan kamu dalam mengakses penerbangan dan meminimalkan risiko kehilangan boarding pass dalam bentuk fisik.

6. Integrasi dengan Tiket Pesawat

Jika kamu telah membeli tiket pesawat melalui Traveloka, maka proses check-in akan lebih mudah. Sebab Traveloka secara otomatis menghubungkan tiket yang sudah kamu miliki dengan proses check-in secara online.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari nomor pemesanan atau rincian tiket pada saat prosesnya.

7. Notifikasi dan Pengingat

Traveloka memberikan notifikasi dan pengingat baik melalui aplikasi atau melalui alamat email yang terdaftar. Tujuannya untuk mengingatkan mengenai waktu check-in, batas waktu check-in, dan informasi penting lainnya terkait penerbangan yang akan kamu lakukan.

Hal ini pastinya bisa membantumu agar terhindar dari batas waktu maksimal check-in dan memastikan keberangkatan agar berjalan lancar.

8. Fitur Lainnya

Selain check-in online, pada Traveloka menyediakan berbagai fitur tambahan seperti pemesanan tiket, pengelolaan jadwal penerbangan, penambahan layanan tambahan.

Misalnya saja, seperti jika kamu membawa bagasi tambahan dan lain sebagainya, maka kamu bisa mengaksesnya menggunakan platform yang satu ini.

Melalui kelebihan check in di Traveloka di atas, tentu saja dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan fleksibilitas bagi yang mau bepergian dengan menggunakan pesawat terbarng.

Care Check In Pesawat di Traveloka

Cara Check In Pesawat di Traveloka
Cara Check In Pesawat di Traveloka

Ada dua metode yang dapat kamu lakukan jika ingin melakukan check-in pesawat di Traveloka, yaitu menggunakan website dan aplikasi. Ini nih ulasannya :

Metode 1: Check In Pesawat di Traveloka menggunakan Website Resmi Traveloka

Cara check in pesawat di Traveloka ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi website Traveloka dan pastikan kamu punya koneksi internet yang memadai :

1. Buka Situs Traveloka

Buka browser web di perangkat terlebih dahulu baik menggunakan HP atau computer. Selanjutnya kunjungi situs resmi Traveloka di alamat berikut : www.traveloka.com .

2. Pilih Menu Pesawat

Di halaman utama Traveloka, kamu akan menemukan beberapa pilihan yang salah satunya terdapat menu “Pesawat”. Silakan lanjutkan untuk memproses check-in pesawat di Traveloka.

3. Masukkan Informasi Penerbangan

Pada halaman “Pesawat”, sekarang cukup masukkan informasi penerbangan kamu, seperti kota asal, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Klik tombol “Cari Penerbangan” untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

4. Pilih Tiket Pesawat

Dari hasil pencarian penerbangan, sekarang kamu pilih tiket pesawat yang sesuai dengan preferensi. Klik “Pilih” untuk melanjutkan.

5. Pilih Opsi Check-in Online

Setelah memilih tiket pesawat, pada halaman detail tiket, carilah opsi “Check-in Online” atau tombol serupa. Silakan klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses check-in.

6. Verifikasi Identitas Diri

Pada halaman check-in online, kamu akan diminta memverifikasi identitas yang kamu miliki. Isilah dengan benar mulai dari nama dan detail identitas lainnya yang sesuai dengan tiket dan dokumen identitas yang kamu gunakan Ketika saat memesan tiket.

7.Pilih Penumpang yang Akan Dicheck-in

Jika kamu memesan tiket untuk beberapa penumpang sekaligus, pilih penumpang yang akan kamu check-in saat itu. Jika hanya ada satu penumpang, berarti langsung saja melanjutkan ke langkah berikutnya.

8. Pilih Tempat Duduk

Pada halaman check-in, sekarang pilihlah tempat duduk sesuai dengan preferensi kamu dari opsi yang tersedia. Perhatikan bahwa ketersediaan tempat duduk mungkin terbatas berdasarkan kebijakan dari maskapai penerbangan yang kamu pilih.

9. Selesaikan Check-in Kemudian Dapatkan Boarding Pass

Setelah memilih tempat duduk, lanjutkan dengan menyelesaikan proses check-in. Setelah berhasil, selanjutnya kamu akan diberikan boarding pass elektronik yang dapat disimpan di perangkat atau bisa juga di cetak sebagai bukti check-in Ketika bepergian.

Metode 2 : Check In Pesawat di Traveloka menggunakan Aplikasi

Jika memilih cara check in pesawat di Traveloka dengan aplikasi, kamu harus unduh aplikasi Traveloka terlebih dahulu. Ini dia langkah-langkahnya :

1. Unduh dan Buka Aplikasi Traveloka

Unduh aplikasi Traveloka dari toko aplikasi di perangkat kamu terlebih dahulu baik menggunakan Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasinya selesai diunduh, sekarang buka aplikasi kemudian masuk dengan menggunakan akun Traveloka.

Jika belum memiliki akun, kamu wajib daftar terlebih dahulu di aplikasi Traveloka dengan mengikuti petunjuk yang muncul pada layar.

2. Pilih Menu Pesawat

Pada halaman utama aplikasi Traveloka, sekarang pilih menu “Pesawat” untuk memulai proses check-in.

3. Masukkan Informasi Penerbangan

Di halaman “Pesawat”, silakan untuk memasukkan informasi penerbangan kamu mulai dari kota asal, tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang jika lebih dari satu. Setelah itu, klik “Cari Penerbangan” untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

4. Pilih Tiket Pesawat

Dari hasil pencarian, pilihlah tiket pesawat yang sesuai dengan perjalanan kamu. Pilih tiket dengan care klik tombol “Pilih”.

5. Pilih Opsi Check-in Online

Pada halaman detail tiket, cari opsi “Check-in Online” atau tombol yang serupa. Ketuk opsi ini tersebut untuk memulai proses check-in secara online.

6. Verifikasi Identitas Diri

Pada halaman check-in, pastikan untuk memverifikasi identitas kamu dengan care memasukkan nama dan detail identitas yang sesuai dengan tiket pada saat memesan tiket.

7. Pilih Penumpang yang Akan Melakukan Check-in

Jika memesan tiket untuk beberapa penumpang, maka pilih penumpang yang akan kamu check-in saat itu.

8. Pilih Tempat Duduk

Masih di halaman check-in, pilihlah tempat duduk yang kamu inginkan dari opsi yang tersedia.

9. Dapatkan Boarding Pass

Setelah memilih tempat duduk, lanjutkan dengan menyelesaikan proses check-in kemudian kamu akan menerima boarding pass elektronik.

Kamu wajib menyimpan boarding pass elektronik di perangkat HP atau dapat dicetak sebagai bukti check-in pada saat bepergian.

Dua cara check in pesawat di Traveloka baik dengan aplikasi maupun web di atas bisa kamu pilih sesuai preferensi. Semoga membantu!

Related posts