Cara Check In Online Citilink

Jika ingin melakukan check in pesawat dengan cepat tanpa mengantri, kini Kamu bisa mencoba cara check in online Citilink. Check in pesawat online kini sudah tersedia bagi seluruh maskapai penerbangan, salah satunya ialah maskapai penerbangan Citilink Indonesia. Adapun check in pesawat Citilink online sendiri dibagi ke dalam 2 pilihan, yaitu melalui web onine dan aplikasi.

Kita ketahui bahwa pesawat adalah armada transportasi paling tepat untuk perjalanan dalam jarak jauh. Adapun proses yang tak boleh dilewatkan begitu saja oleh calon penumpang maskapai penerbangan ialah melakukan check in terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

Di zaman yang serba modern saat ini, proses check in sendiri tak harus selalu dapat dilakukan di bandara, mengingat Kamu kini bisa melakukan check in pesawat secara online. Seperti halnya cara check in online Citilink

Tentang Maskapai Penerbangan Citilink

Citilink adalah salah satu perusahaan maskapai penerbangan yang biayany terjangkau sehingga paling banyak digemari masyarakat. Akan tetapi, walaupun menawarkan biaya tiket pesawat murah tapi Citilink tetap memberikan pelayanan serta keamanan yang sangat mumpuni.

Bahkan Citilink kini hadir sebagai pilihan andalan maskapai penerbanan para pelaku travelling low budget. Citilink sendiri didirikan sebagai perusahaan maskapai penerbangan sejak tahun 2001 silam. Perusahaan ini termasuk anak perusahaan Garuda Indonesia, dan sengaja dibentuk dengan tujuan untuk melayani rute penerbangan dalam negeri alias domestik.

Akan tetapi, pada tahun 2012 lalu tepatnya di bulan Juli, Citilink sudah memisahkan diri secara resmi dari Garuda Indonesia, hingga mengukuhkan seragam dan logonya sendiri. Semua aktivitas operasional penerbangan maskapai Citilink ini berpusat pada Bandara Internasional di Surabaya, yaitu Bandara Juanda.

Tak hanya itu saja, Citilink kini telah menjadi maskapai yang menyediakan konsep web check in selain menawarkan layanan check in manual di konter bandara. Citilink juga sudah menambahkan pelayanannya lewat unit self check in di beberapa bandara di Indonesia.

Proses check in maskapai penerbangan Citilink secara online biasanya dibuka selama 48 jam sampai sekitar 2,5 jam sebelum waktu keberangkatan pada tiket pesawat. Kamu bisa check in Citilink online jika sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pihak maskapai Citilink itu sendiri.

Syarat pertama, Kamu telah membayar tiket pesawat yang ditunjukkan lewat status confirmed. Ini artinya tiket pesawat sudah sepenuhnya dibayar tanpa menunggak atau mencicil. Kemudian syarat yang kedua ialah Kamu harus mempunyai 6 digit nomor kode pemesanan Citilink yang diperoleh sesudah tiket pesawat berstatus confirmed. Selanjutnya, kode booking inilah yang dipakai saat proses check in berlangsung.

Keuntungan Proses Check In  Citilink via Online

Keuntungan memakai layanan web untuk check in pesawat Citilink ialah semakin cepat, mudah, dan tanpa membuang banyak waktu. Check in Citilink via web sendiri dapat dilakukan kapan saja, baik di rumah, di kantor, di perjalanan, dan dimana saja Kamu berada asalkan Kamu memiliki perangkat HP yang sudah terkoneksi internet.

Selain itu menggunakan layanan check in Citilink via web, juga dapat dilakukan mulai dari 48 jam hingga maksimal 2,5 jam sebelum keberangkatan. Tentu saja waktu yang diberikan sangat panjang bagi Kamu yang ingin mempersiapkan diri sebelum keberangkatan naik pesawat dan bisa menari tahu di terminal berapa saja keberangkatan pesawat Citilink tanpa diburu waktu.

Cara Check In Online Citilink

Cara Check In Online Citilink
Panduan Check In Citilink Online

Panduan Check In Citilink Online

Nah, dalam panduan check in Citilink online, Kami akan mengulas 3 pilihan metode yang bisa Kamu lakukan. Adapun metode tersebut diantaranya yaitu cara check in online Citilink via web, via aplikasi, dan via Traveloka. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini :

1. Check In Citilink Online via Web

Cara pertama yang akan kita bahas ialah check in Citilink Online via web. Metode ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengikuti tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke web resmi Citilink terlebih dahulu, di link berikut!
  • Jika sudah, Kamu akan masuk ke halaman utama dan di situ akan tersedia ketentuan dan persyaratan yang perlu Kamu setujui. Kamu tingal ceklis syarat ketentuannya, apabila sudah paham. Silahkan klik Ok.
  • Setelah itu, cukup inputkan nomor konfirmasi pesanan yang telah Kamu peroleh ketika melakukan booking tiket pesawat Citilink online. Pastikan Kamu mengetikan nama belakangmu. Lalu silahkan klik FIND Booking.
  • Apabila data-data yang diinput pada kolom check in via web sudah benar semua, selanjutnya akan muncul beberapa data penumpang berdasarkan data dari tiap-tiap penumpang.
  • Langkah berikutnya, Kamu tinggal tekan continue. Lalu akan muncul tampilan menu pop up, ini artinya apakah Kamu ingin menyimpan barang bawaanmu di bagasi pesawat ataut tidak? silahkan tekan OK jika ya, dan klik Cancel jika tidak.
  • Lalu saat check in online, jika muncul informasi keamanan dan peringatan yang memerlukan persetujuanmu, segera pilih continue. Kamu bisa centang di tanda persetujuan.
  • Terakhir, langsung pilih check in now dan Kamu pun akan mendapatkan boarding pass yang siap di print.

Jika sudah di print out atau dicetak, maka Kamu akan mendapatkan informasi keterangan gate tempat menunggu dan tempat duduk.

2. Check In Citilink Online via Aplikasi

Sebenarnya cara check in online Citilink via aplikasi prosedurnya hampir sama seperti cara di atas. Kamu hanya perlu men-download aplikai Citilink di App Store atau Google Play Store saja. Cara yang satu ini lebih mudah sebenarnya karena para penumpang tidak perlu mengingat alamat web Citilink, Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya sekali dan bisa menggunakannya berkali-kali.

Adapun panduan check in Citilink online lewat aplikasi, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh apikasi Citilink lalu intall di perangkat Hp-mu.
  • Jika sudah sukses terpasang di perangkatmu, silahkan buka aplikasinya.
  • Inputkan nomor kode booking atau konfirmasi.
  • Setelah itu, inputkan akun email dan nama belakangmu.
  • Lalu pilih “find booking” kemudian lanjutkan proses sampai muncul boarding pass, yang nantinya akan langsung dikirimkan lewat email atau langsung tersimpan pada aplikasi.

Menariknya lagi, cara check in online Citilink juga bisa dilakukan lewat aplikasi Traveloka. Untuk lebih jelasnya, simak panduanya di poin 3.

3. Check In Citilink Online Lewat Traveloka

Untuk melakukan check in online Citilink melalui Traveloka, Kamu bisa simak ulasan cara cek in di Traveloka berikut :

  • Silahkan download aplikasi Traveloka terlebih dahulu.
  • Lalu login ke akun Traveloka, jika Kamu belum mendaftarnya silahkan registrasi lebih dahulu caranya dengan klik “Daftar Sekarang”.
  • Jika sudah masuk, silahkan buka “e-ticket Anda”.
  • Lewat “check in online” atau “Pesanan” di halaman utama silahkan buka menu “e-ticket” dan tekan “check in onlline”.
  • Selanjutnya isi semua data yang diperlukan untuk kebutuhan check in.
  • Sesudah data-data diisi, Kamu akan diminta untuk menyetujui kebijakan yang tertera.
  • Lalu tekan lagi “check in”.
  • Setelah berhasil, maka Kamu akan mendapatkan boarding pass yang bisa dilihat lewat e-ticket. Di samping itu, Kamu boarding pass milikmu juga akan langsung dikirimkan lewat akun email.
  • Silahkan cek boarding pass lalu lihat, setelahnya unduh boarding pass.

Nah, itulah tahapan-tahapan cara check in online Citilink melalui web, aplikasi resmi dan aplikasi Traveloka yang bisa Kamu ikuti. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019