Cara Check In Online Air Asia

Cara Check In Online Air Asia
Cara Check In Online Air Asia

Mau naik pesawat Air Asia, tapi bingung gimana check in-nya? Jangan khawatir, kita akan bagikan gimana cara ceck in online Air Asia!

Air Asia salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang sudah sangat populer di Indonesia. Apalagi maskapai penerangan ini terkenal dengan biaya tiket pesawatnya yang ekonomis dan terjangkau. Inilah kenapa maskapai penerbangan ini kerap menjadi pilihan.

Sebetulnya, Air Asia termasuk salah satu maskapai penerbangan dari Malaysia. Kehadirannya bahkan disertai oleh 100 penerbangan rute domesting sampai internasional. Nah, Air Asia ini menawarkan rute perjalanan di Asia Tenggara dengan lebih luas lagi.

Walaupun berpusat di Malaysia, tapi maskapai penerbangan ini sudah punya kantor pusat yang tersebar di negara-negara lainnya.

Syarat Check-in AirAsia

Jika sebelumnya kita sudah bahas gimana cara check in pesawat di Traveloka, maka di artikel ini kita bakal bahas cara check in online Air Asia. Tapi sebelum kamu menikmati perjalanan udara memakai Air Asia, sebaiknya ketahui beberapa syarat dan ketentuan berikut :

1. Tiket Penerbangan

Ini merupakan syarat yang pertama yang perlu kamu miliki yaitu tiket penerbangan AirAsia yang valid. Kamu bisa dapat tiket penerbangan lewat banyak cara, bisa melalui pembelian langsung di situs web AirAsia, agen perjalanan, situs web pihak ketiga yang bekerjasama dengan AirAsia, atau bisa juga melalui aplikasi.

2. Berkas yang Dibutuhkan

Pastikan telah menyiapkan identitas diri yang resmi dan sah menurut hukum untuk kepentingan identifikasi pada saat di bandara.

Salah satu dokumen yang diterima adalah paspor yang masih berlaku, kartu identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau dokumen identitas lainnya yang diterbitkan secara sah oleh pemerintah.

3. Visa atau Izin Masuk

Jika kamu akan bepergian ke negara tertentu, pastikan telah memperoleh visa atau izin masuk yang diperlukan sesuai persyaratan negara tujuan. Pastikan sebelumnya memeriksa persyaratan tersebut sebelum keberangkatan.

Ketiga syarat diatas merupakan syarat wajib yang harus kamu penuhi supaya prosesĀ check in bisa berhasil tanpa kendala.

Cara Check In Online AirAsia

Cara Check In Online Air Asia
Cara Check In Online Air Asia

Air Asia kini telah menawarkan 2 pilihan metode yang bisa kamu lakukan buat check in tiket pesawat online Air Asia. Metode tersebut bisa kamu lakukan lewat aplikasi maupun website resmi. Ini dia ulasannya :

1. Check In Online Air Asia via Website

Jika kamu mengakses aplikasi menggunakan PC atau komputer, bisa coba langkah-langkah berikut :

  • Buka browser terlebih dahulu yang dapat diakses lewat telepon seluler atau bisa juga menggunakan koputer. Selanjutnya akses situs resmi AirAsia di alamat berikut ini : airasia.com .
  • Setelah masuk di halaman utama, silakan untuk klik menu “Check-in” dimana posisi menut terberada di bagian atas halaman utama.
  • Masukkan nomor penerbangan dan nama belakang kamu sesuai dengan informasi yang tertera pada tiket yang telah kamu miliki.
  • Lanjutkan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan pada langkah berikutnya untuk memilih kursi yang kamu inginkan atau yang masih tersedia.
  • Selain itu, kamu juga dapat memilih untuk menambahkan layanan tambahan, seperti bisa menambahkan bagasi tambahan atau layanan makanan jika memang dibutuhkan.
  • Setelah semua isian selesai, klik tombol “Check-in” atau “Submit” untuk menyelesaikan proses check-in.
  • Terakhir kamu akan mendapatkan boarding pass elektronik yang dapat dicetak sisik atau bisa juga disimpan di perangkat Hp kamu dan dapat dibutuhkan hanya dengan menunjukkan boarding pass tersebut.

2. Check In Online Air Asia via Aplikasi AirAsia

Tapi jika kamu sudah punya aplikasi Air Asia di hp atau lebih suka memakai perangkat hp, bisa coba cara check in online Air Asia lewat aplikasinya berikut :

  • Pertama-tama agar unduh dan instal aplikasi AirAsia terlebih dahulu yang bisa kamu dapatkan di platform perangkat seluler kamu baik iOS atau Android.
  • Setelah aplikasinya terpasang, sekarang buka aplikasinya kemudian temukan menu “Check-in” atau “Manage Booking”.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nomor penerbangan dan nama belakang berdasarkan informasi yang tertera pada tiket yang kamu miliki.
  • Pilihlah kursi yang kamu inginkan dan bila perlu kamu pun bisa menambahkan layanan tambahan mulai dari penambahan bagasi atau yang lainnya.
  • Jika semuanya telah selesai, lanjutkan dengan cara klik tombol “Check-in” atau “Submit” untuk menyelesaikan proses check-in.
  • Selanjutnya boarding pass elektronik akan tersedia di aplikasi dan bisa kamu perlihatkan Ketika sudah tiba di bandara pada saat check-in terakhir.

Apa Saja Sih Keuntungan Cara Check In Online Air Asia?

Saat ini jika kamu hendak bepergian maka untuk check-in bisa dilakukan secara online. Tentu saja keuntungannya cukup banyak dibandingkan dengan cara konvensional.

Karenanay bisa tingkatkan pengalaman kamu untuk melakukan perjalanan udara memakai AirAsia. Ini nih keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika check in pesawat online lewat Air Asia!

1. Hemat Waktu

Dengan check-in online, tentu saja kamu dapat menghindari antrian panjang ketika berada di bandara hanya untuk check-in. Oleh karenanya, secara tidak langsung dapat menghemat waktu berharga kamu.

Selain itu, kamu juga gak perlu datang lebih awal untuk mengantri di konter check-in karena sebelumnya sudah check-in secara online dan sudah memiliki boarding pass elektronik yang valid.

2. Pilihan Kursi

Kamu yang melakukan check in pesawat online, juga bakal dapat keuntungan seperti bisa memilih kursi yang kamu inginkan sebelum kedatangan di bandara. Ketika melakukan check-in melalui website atau menggunakan aplikasi AirAsia, kamu akan diberikan peta kursi yang interaktif.

Oleh karenanya, kamu bisa cek mana saja kursi yang tersedia dan memilih tempat duduk sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu bisa pilih kursi secara leluasa seperti kursi dekat pintu darurat, dekat kaca jendela, atau tempat duduk dekat dengan teman atau keluarga.

3. Boarding Pass Elektronik

Setelah berhasil melakukan check-in secara online, kamu akan menerima boarding pass elektronik. Boarding pass tersebut dapat dicetak atau disimpan sesuai dengan kebutuhan. Boarding pass elektronik berguna sebagai pengganti boarding pass fisik, sehingga kamu tidak perlu mengantri untuk mencetaknya di konter check-in bandara.

4. Informasi Up to Date

Melalui check-in secara online, kamu akan menerima pembaruan terkait jadwal penerbangan, perubahan pintu keberangkatan, dan informasi lainnya. Nantinya akan muncul lewat notifikasi yang dikirimkan ke aplikasi AirAsia atau melalui email yang terdaftar.

Dengan demikan, maka kamu akan terus up date informasi terkini tentang perjalanan, berikut bila ada penundaan atau perubahan jadwal yang mungkin saja terjadi.

5. Bebas Biaya

AirAsia tidak akan membebankan kepada calon penumpang untuk mengeluarkan biaya tambahan ketika mau melakukan check-in secara online.

Hal tersebut karena proses check-in online ini merupakan layanan gratis yang disediakan oleh maskapai dalam rangka mempermudah dan mempercepat proses check-in. Khususnya bagi penumpang yang akan menggunakan jasa maskapai penerbangan AirAsia.

6. Akses Mudah

Mungkin inilah yang menjadi keuntungan terbesar dari check-in secara online karena dapat memberikan kemudahan akses kepada calon penumpangnya.

Dengan menggunakan website resmi AirAsia atau melalui aplikasi seluler, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai macam fitur. Termasuk fitur buat check-in online yang dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan cara check in online Air Asia yang bisa kamu dapatkan dengan proses check in yang mudah dan praktis, tanpa repot-repot buat antri panjang saat di bandara untuk check in. Kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya saja seperti di atas!

Related posts