Cara Chek In Batik Air

Batik Air adalah maskapai premium dari Lion Grup, sekaligus termasuk maskapai penerbangan cukup populer di Indonesia. Maskapai ini menyediakan sistem full service dengan pilihan kelas ekonomi dan bisnis. Batik Air menawarkan rute penerbangan cukup lengkap, diantaranya penerbangan Kalimantan, antar Pulau Jawa, wilayah timur Indonesia dan internasional. Lalu, bagaimana cara check in Batik Air?

Pemesanan tiket Batik Air dapat dipesan di konter resmi Lion Grup atau Batik air, jasa travel online maupun offline serta pemesanan bisa dilakukan lewat aplikasi dan web resmi dari Batik Air.

Proses check in sendiri adalah hal yang penting sekali dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Berbeda dengan naik bus atau kereta api, tiket penerbangan dan dokumen lainnya juga wajib dilakukan pengecekan, hal ini biasanya disebut juga sebagai istilah check in. Lalu, bagaimana cara check in Batik Air?

Tentang Batik Air

Sebelum kita membahas cara cek in maskapai Batik Air, ada beberapa informasi yang harus Kamu ketahui saat menggunakan maskapai penerbangan ini. Batik Air pertama kali melakukan penerbangan pada tahun 2013 silam.

Dengan pembelian tiket pesawat yang telah ditentukan pihak maskapai penerbangan Batik Air, Kamu tentu sudah dapat menikmati layanan full service untuk pilihan kelas ekonomi dan bisnis. Layanan ini seringkali disediakan oleh maskapai penerbangan Batik Air dengan harga promosi, khususnya untuk rute dari Jakarta ke Ambon, Jakarta ke Manokwari dan Jakarta ke Praya.

Akan tetapi, sebelumnya Kamu wajib mempersiapkan beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk menaiki maskapai penerbangan ini. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan cara check in Batik Air.

Untuk mempermudah proses check in, Batik Air sudah menyediakan web khusus untuk check in dengan cara online. Kamu bisa mengakses web check in maskapai penerbangan ini kapan pun dan dimana pun asalkan Kamu memiliki perangkat Hp yang sudah terhubung jaringan internet. Kemudian Kamu bisa mengakses layanan check in di situs resmi maskapai batik Air.

Di halaman web yang sudah terbuka, Kamu perlu menginputkan kode konfirmasi yag biasanya tercantum pada e-ticket saat pembelian tiket di Website Batik Air serta memasukkan nama belakang dari pemesan tiket.

Akan tetapi bagi yang baru menaiki maskapai penerbangan ini pertama kali, naik pesawat Batik Air mungkin sedikit membingungkan dibandingkan menggunakan moda transportasi lainnya, baik itu Bus ataupun kereta api. Oke, langsung saja simak ulasan cara check in batik Air di bawah ini!

Cara Check In batik Air

Cara Check In Batik Air
Panduan Check In Batik Air

Panduan Check In Batik Air

Dalam panduan check in Batik Air, ada 3 pilihan metode yang bisa Kamu pilih, diantaranya check in di bandara, check in di web resmi, dan check in via Mobile atau Aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak metodenya di bawah ini :

1. Check in Batik Air di Bandara

Prosedur check in di Bandara sendiri termasuk yang paling umum dilakukan para calon penumpang pesawat. Cara check in Batik Air di bandara ini baru bisa dilakukan jika Kamu benar-benar memiliki banyak waktu atau jaraknya tidak jauh dari bandara.

Para penumpang biasanya melakukan proses check in lewat konter menyesuaikan masakapai penerbangan yang dipilih di bandara. Layanan ini disediakan paling lambat sekitar 30 menit sebelum keberangkatan bagi penerbangan domestik, sedangkan 45 menit sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional.

Biasanya konter-konter tersebut akan tersedai di masing-masing area keberangkatan. Namun pastikan Kamu membawa kartu identitas diri seperti KTP, paspor serta beberapa dokumen lainnya yang digunakan untuk keperluan proses check in.

Selain itu, melakukan check in di bandara biasanya akan disediakan ruang bagasi guna kebutuhan menyimpan barang-barang dengan berat di atas 7kg atau bagi barang-barang yang tidak dapat dibawa ke kabin pesawat.

2. Check in Batik Air Melalui Web Check In

Selain di bandara, cara termudah untuk melakukan check in Batik Air ialah dengan memanfaatkan web check in resmi dari Batik Air. Metode ini bisa menjadi solusi tepat bagi yang sedang tidak memiliki banyak waktu alias terburu-buru. Proses ini juga tidak perlu harus mengunduh aplikasi check in terlebih dahulu.

Cara check in Batik Air melalui web check in ini cukup dengan mengunjungi web resmi check in dari Batik Air, kemudian tinggal isi dengan kode booking dan nama sesuai yang tertera pada tiket pesawat. Adapun lebih jelasnya, simak ulasan panduan check in Batik Air di bawah ini :

  • Cara pertama yang bisa dilakukan ialah, silahkan kunjungi web resmi check in Batik Air di link ini!
  • Setelah itu, Kamu akan langsung masuk ke tampilan halaman utama web Batik Air. Selanjutnya Kamu diminta menginputkan nama belakang berdasarkan yangt ertera pada tiket dan kode booking-nya. Jika sudah, langsung tekan “continue”.
  • Kemudian Kamu akan langsung disuguhkan dengan ketentuan dan persyaratan barang bawaan pesawat yang diperbolehkan untuk dibawa selama penerbangan. Dari sini Kamu bisa langsung gulir ke bawah dengan menekan “No Continue to Check in”.
  • Berikutnya Kamu akan masuk ke tampilan boarding pass secara detail, jika Kamu akan melakukan check in langsung saja pilih ke bagian kanan bawah yang terdapat tulisan “Check In”. Sementara bagi yang ingin memilih tempat duduk, Kamu bisa mengaturnya di website.
  • Jadi jika ingin memilih tempat duduk atau seat, langsung pilih tempat yang ingin Kamu duduki jika kursi masih tersedia biasanya akan langsung muncul jendela yang menjelaskan bahwa tempat tersebut dapat ditempati.
  • Setelah itu, kamu akan ditampilkan tempat duduk secara detail yang telah dipilih sebelumnya. Lalu pilih “Check In”.
  • Dari sini, Kamu pun sudah berhasil melewati proses check in. Kamu juga bisa mengirimkan resi atau bukti check in dengan mencetaknya langsung atau dikirim ke email.

3. Check In Batik Air Lewat Mobile Check In

Panduan cara check in Batik Air selanjutnya bisa menggunakan Mobile Check In. Nah, Mobile Check In  ini berupa apikasi yang dapat Kamu unduh di Hp-mu. Metode ini juga bisa dilakukan sebagai solusi agar tidak mengantre saat di konter bandara.

Layanan mobile check-in kini sudah resedia di aplikasi Batik Air, dan bisa Kamu download lewat perangkat android dan iOS. Fasilitas dan fitur yang disediakan sebenarnya hampir sama seperti Web Check ini, yang mana para penumpang dapat mengetahui rincian detail penerbangan, fasilitas tambahan serta pemilihan tempat duduk, cukup dengan menginputkan kode booking untuk penerbangan.

Sebenarnya ada ketentuan penggunaan layanan mobile check in yang diterapkan oleh Batik Air, diantaranya hanya dapat diakses dari 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan.

Nah, itulah 3 pilihan cara check in Batik Air yang bisa Kamu ikuti langkah-langkahnya. Untuk mempersingkat waktumu, tentu saja Kamu bisa memilih metode check in online tanpa harus pergi ke bandara.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019