Cara Cek In Pesawat

Fasilitas cara cek in pesawat saat ini memang sangat mudah dan praktis, selain bisa dilakukan secara offline juga dapat dilakukan secara online.

Mungkin sebelumnya, untuk check in sendiri harus dilakukan dengan cara manual, yaitu langsung melakukan check in di bandara. Tapi kini Kamu diberikan kemudahan dengan adanya fasilitas check in secara online.

Bagi Kamu yang baru pertama kali naik pesawat, Kami akan tetap membagikan informasi cara cek in pesawat secara manual juga online. 

Dengan begitu, Kamu akan lebih mudah menentukan mana cara yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Cara Cek In Pesawat

Cara Cek In Pesawat
Panduan Cek In Pesawat

Check in Pesawat di Bandara Hingga Boarding

Untuk cara cek in pesawat manual ini, Kamu harus mengikuti beberapa tahapan, diantaranya :

Langkah 1: Siapkan Tiket Pesawat

Pertama-tama yang perlu dipersiapkan ialah tiket pesawat. Dimana tiket pesawat kini bisa Kamu beli lewat situs agen travel atau situs pemesanan tiket.

Setelah melakukan pemesanan, selanjutnya Kamu akan dikirimkan tiket elektronik atau e-ticket via akun email yang sudah Kamu daftarkan sebelumnya untuk pemesanan tiket pesawat.

Nah, nantinya tiket pesawat tersebut akan dicetak lalu dibawa saat melakukan keberangkatan. Kamu bebas menentukan pilihan apakah ingin melakukan pembelian tiket pesawat pulang pergi atau hanya sekali jalan saja sesuai rencana perjalananmu.

Langkah 2: Ketahui Maskapai Penerbanganmu

Tahapan kedua, Kamu harus tahu maskapai penerbangan apa yang Kamu pakai untuk perjalanan.

Selain itu, perhatikan pula terminal bandara maskapai penerbangan tersebut. Ketika memasuki terminal bandara, Kamu hanya perlu menunjukkan tiket yang sudah dibeli.

Persiapkan tiket di tas kecil untuk menyimpan dokumen-dokumen travelling, seperti paspor, tiket pesawat, dan kartu identitas, jangan lupa pula membawa ponsel.

Hal ini dilakukan supaya Kamu tidak membuang banyak waktu saat mencarinya di bandara ketika hendak melakukan check in.

Langkah 3: Bawa Barang Bawaan Seperlunya

Mengingat proses check in di bandara harus melewati serangkaian pengecekan barang hingga 3 kali, yaitu lapis pertama dilakukan sebelum masuk ke konter check in, lapis kedua serta ketiga dilakukan sesaat sebelum Kamu memasuki area boarding room.

Sebaiknya pisahkan barang-barang berharga hanya ke tas tangan sehingga bisa dibawa ke dalam kabin atau disimpan di bagasi kabin.

Selain itu, perhatikan pula kuota bagasi untuk penyimpanan barang ynag telah ditentukan tiap-tiap maskapai penerbangan.

Langkah 4: Check in di Konter Maskapai Penerbangan

Cara cek in pesawat yang keempat, lakukan cek in di konter maskapai penerbangan. Persiapkan hasil print tiket pesawat dan KTP.

Jika Kamu belum memahami letak konter cek in pesawatmu, petugas bandara yang terdekat akan langsung mem beritahukanmu dengan senang hati.

Sesudah melakukan cek in, Kamu akan menerima boarding pass yaitu tiket masuk ke pesawat. Nah, di boarding pass ini biasanya akan terdapat nomor kursi beserta gate atau gerbang keberangkatanmu.

Langkah 5: Persiapkan Tas yang Disimpan di Bagasi

Cara Check In Pesawat

Saat di konter cek in, Kamu perlu mempersiapkan tas yang ingin disimpan di dalam bagasi pesawat.

Simpan tas dalam timbangan yang terdapat di samping petugas dan nantinya tasmu akan diberi bukti nomor dan label khusus oleh petugas.

Ingat, jangan sampai Kamu menghilangkan bukti nomor tas tersebut sebab akan sangat berguna ketika Kamu ingin mengambilnya saat di bandara tujuan.

Langkah 6: Check in Selesai, Kini Masuk ke Boarding Room

Setelah melakukan cek in, Kamu langsung memasuki area boarding room, dimana nantinya dipisahkan oleh gerbang atau gate tadi.

Silahkan duduk di dalam gate yang terdapat pada boarding passs-mu. Kamu bisa menanyakan kepada pihak petugas jika Kamu merasa kurang yakin.

Di dalam boarding room, Kamu dapat menunggu pesawat. Untuk mengetahui kedatangan pesawatmu, perhatikan informasi nomor penerbangan dan rute pesawat yang diumumkan oleh petugas.

Langkah 7: Masuk ke Dalam Pesawat dan Cek Kembali Nomor Kursi

Setelah memasuki pesawat, Kamu harus periksa nomor kursimu kembali. Jika kursimu ada di urutan awal, sebaiknya naik dari arah pintu depan. Namun sebaliknya, apabila kursimu mempunyai nomor tengah hingga akhir, Kamu bisa naik dari arah pintu belakang.

Jika Kamu membawa koper berukuran kecil yang bisa disimpan di bagasi pesawat, Kamu bisa langsung menyimpannya pada bagasi kabin tepat di atas kursimu.

Jika Kamu hanya menenteng tas tangan berukuran kecil, sebaiknya tidak perlu menyimpannya di dalam kabin, cukup memangkunya ketika duduk di kursi.

Selesai menyimpan tas pada bagasi kabin, silahkan duduk lalu kenakan sabuk pengaman.

Langkah 8: Tiba di Bandara Tujuan, Apa yang Harus Dilakukan?

Setibanya di bandara tempat tujuanmu, silahkan lepaskan sabuk pengaman hingga pesawat berhenti. Jika ingin mengambil tas barang bawaan yang dititipkan pada bagasi pesawat, langsung saja ke tempat pengambilan bagasi menyesuaikan nomor pesawatmu. Lalu tunjukkan nomor tas penitipan kepada petugas.

Untuk memudahkan proses pengambilan tas, ada baiknya di kota keberangkatan, Kamu sudah memberikan luggage tag atau tanda khusus di tas yang Kamu titipkan atau bisa juga dengan memilih warna koper dan tas yang mencolok.

Nah, panduan cara cek in pesawat di atas berlaku bagi Kamu yang ingin melakukan cek in secara manual. Namun bagaimana dengan yang online? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Check In Pesawat Secara Online

Cek In Pesawat
Agar lebih mempermudah pelanggan, maskapai penerbangan di Indonesia saat ini telah menerapkan metode check in secara online, entah itu di istus resmi maskapai penerbangannya itu sendiri ataupun via mobile.

Adapun langkah-langkakh cara cek in pesawat online, ialah sebagai berikut :

1. Cek In Pesawat di Garuda Indonesia

Cara check in pesawat untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia sendiri, dapat dilakukan 1 hari sebelum keberangkatan. Caranya pun sangat mudah, simak langkah-langkahnya berikut :

  • Kunjungi situs resmi Garuda Indonesia di https://www.garuda-indonesia.com
  • Kemudian pilih opsi Check In.
  • Lalu inputkan kode booking tiker atau nomor dari e-ticket-mu. Selanjutnya pilih kursi mana yang tersedia lalu klik “Konfirmasi”.

Sebenarnya ada 3 opsi yang bisa Kamu pilih untuk memiliki boarding pass, diantaranya pemberitahuan via SMS, versi cetak, atau dengan terima surat.

Tapi sebaiknya, Kamu pilih versi cetaknya saja untuk mempermudah keberangkatan saat di bandara. Sementara fasilitas cek in by mobile sendiri, bisa dilakukan mulai dari 24 – 4 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penumpang economy class, business class, dan first class.

2. Cek In Pesawat di Lion Air

Cara cek ini pesawat untuk maskapai penerbangan Lion Air sendiri, bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan kunjungi situs resmi Lion Air di https://www.lionair.co.id.
  • Kamu dapat melihat ada kolom bertuliskan “Confirmation diisi memakai kode booking sedangkan kolom “Lase Name” diisi oleh nama belakang.
  • Lalu klik “search” jika semua data telah terisi lengkap.
  • Sesudah muncul informasi data penerbangan, silahkan pilih kursi yang Kamu inginkan serta dapatkan boarding pass berbentuk digital maupun versi cetak.

3. Cek In Pesawat di Air Asia

Maskapai penerbangan Air Asia sendiri memberlakukan waktu cukup panjang untuk para penumpang yang akan melakukan cek ini via situs resmi Air Asia, yakni dibuka mulai dari 14 hari serta paling minimal 60 menit sebelum keberangkatan.

Di sini Kamu bisa masuk ke form web check in dengan mengisi kolom pada nomor booking, nama terakhir dari penumpang, dan list kota keberangkatan.

Namun pemilihan kursi saat cek in tidak diperkenankan di Air Asia, sebab sudah diatur langsung oleh sistem. Kamu bisa memilih untuk menyimpan salinan bukti check in via web menggunakan file pdf yang nantinya dikirim lewat email.

Setelah mengulas tentang cara cek in pesawat di atas, mulai dari cara manual hingga online, kini Kamu tinggal mempraktekkannya sendiri. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019