Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Apabila kalian pengguna HP Samsung, pasti belum tahu cara mengunci jaringan 4G Samsung yang sedang menjadi perbincangan banyak orang. Siapapun yang pakai smartphone asal Korea Selatan tersebut akan selalu meluangkan waktu untuk menonaktifkan jaringan internet LTE.

Hal ini dikarenakan pemakaian kuota data sudah melebihi batas normal, serta mencegah pemborosan biaya. Langkah ini dianggap efektif dan efisien bagi kamu yang sulit mengatur batas maksimum penggunaan kuota.

Kalian bisa mengetahui cara mengunci jaringan 4G Samsung lewat pembahasan selanjutnya. Kuota tidak akan cepat habis walau digunakan sehari penuh, karena kalian akan mendapat notifikasinya.

Selain itu, kamu boleh menggunakan prosedur dari HP Samsung langsung atau aplikasi ketiga yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Ulasan ini bakal membantu kalian yang masih saja kebobolan dalam memakai kuota internet untuk berbagai hal yang tidak begitu penting.

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung

Cara Mengunci Jaringan 4G Samsung
Mengunci Jaringan 4G Samsung

Kalian bisa menggunakan Service Mode untuk mengunci jaringan 4G pada HP Samsung. Tak hanya itu, prosedurnya mudah dan kamu jangan mengunduh aplikasi apapun lewat Google Play Store. Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dan para pengguna smartphone ini hanya mengandalkan menu Call atau Dial Phone saja.

Hasilnya terbukti ampuh dan efektif untuk menonaktifkan sambungan internet dari kartu seluler kalian. Beberapa metode dan prosedurnya antara lain :

Mengunci Jaringan 4G Samsung Tanpa Aplikasi

Langkah-langkahnya:

  • Pertama, masuklah ke dalam menu Service Mode dengan masuk menu Telepon dari layar ponsel, lalu ketik *#0011#.
  • Kalian bisa memilih menu Lainnya atau More yang berada pada pojok kanan atas, lalu tekan tombol Back.
  • Tekan kembali tombol Lainnya atau More, lalu pilih opsi Key Input.
  • Kalian harus memasukkan huruf Q dan tekan tombol OK.
  • Tekan kembali tombol More, lalu dilanjutkan dengan opsi Back.
  • Pilih lagi menu Lainnya, lalu tekan tombol Key Input.
  • Ketik angka 0000 dan OK.

Selanjutnya, tunggu beberapa saat hingga tampilan notifikasi bertuliskan Main Menu terlihat pada layar ponsel kalian. Apabila pemberitahuan Main Menu sudah muncul, tekan angka 1 yang bertuliskan Debug Screen, lalu dilanjutkan nomor 8 untuk Phone Control, tekan nomor 7 untuk Network Control dan 2 untuk Band Selection.

Untuk opsi Band Selection, kalian bisa memilih SIM mana yang ingin dikunci jaringan internetnya. Apabila kalian menggunakan SIM 1 sebagai kartu internet, maka harus menekan tombol berangka 5 yang bertuliskan LTE 1 Band dan tekan angka 1 untuk perintah LTE All.

HP Samsung kalian akan berubah jaringan menjadi 4G LTE only secara otomatis. Kamu tidak boleh menutup aplikasinya, tekan tombol Lainnya atau More dan diakhiri dengan menekan tombol End untuk menyelesaikan proses pengunciannya. Prosesnya pun sudah selesai.

Apabila kamu mengikuti panduan di atas, maka dipastikan jaringan internet 4G pada HP Samsung kalian sudah terkunci secara otomatis. Kamu bahkan tidak akan menggunakan jaringan lain untuk memakai internet, seperti 3G, 2G maupun H+.

Mengunci Jaringan 4G Samsung dengan Aplikasi

Kamu bisa memahami cara mengunci jaringan 4G Samsung yang mudah dengan pemakaian aplikasi ketiga. Seperti kalian ketahui bahwa Google Play Store menyediakan beragam jenis aplikasi pengunci untuk mengamankan smartphone.

Meski begitu, semuanya punya fungsi masing-masing dan tidak selalu berguna dalam menonaktifkan jaringan internet. Kalian perlu menggunakan 4G LTE Switch dan Force LTE Only dengan mengikuti panduan berikut ini :

1. Force LTE Only

  • Pertama, unduhlah aplikasi Force LTE Only dari HP Samsung kalian terlebih dahulu.
  • Buka dan jalankan aplikasinya seperti biasa.
  • Kalian bisa memilih menu LTE / 3G / 2G Setting untuk melihat pengaturan jaringan internetnya.
  • Berikutnya, kamu harus menentukan kartu seluler yang mana untuk dinonaktifkan jaringan 4G nya.
  • Kartu SIM terpilih akan menampilkan pemberitahuan berupa 4G LTE only.
  • Selesai.

2. 4G LTE Switch

  • Pertama, aktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option sebelum memasang aplikasi 4G LTE Switch.
  • Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan dan pilih opsi Tentang Perangkat, lalu tekan tombol Info Perangkat Lunak dan tekan lagi Nomor Versi sebanyak 5 (lima) kali.
  • Kalian akan melihat menu pengaturan developer option nya. Kamu harus membuka Pilihan Pengembang alias Developer Option dan aktifkan layanan Otoritas Perangkat Tampilan Nirkabel atau Authorities Wireless Display Devices.
  • Kemudian, unduhlah aplikasi 4G LTE Switch via Google Play Store dari HP Samsung kalian.
  • Buka aplikasinya dan cari menu Set Preferred Network Type, lalu ubah menjadi mode LTE Only.

Jaringan internet 4G pada HP Samsung kalian sudah terkunci secara otomatis. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk menonaktifkan sinyal 4G. Aplikasinya juga bisa digunakan untuk semua merek smartphone berbasis android maupun iOS dengan versi apa saja.

Tak bisa dipungkiri bahwa dampak positif dari mengunci jaringan internet 4G tersebut adalah menyebabkan kecepatan internet lebih baik dibandingkan sebelumnya. Pengguna Samsung banyak yang belum tahu soal ini dan sebagian besar dari mereka, termasuk kalian pasti berusaha menonaktifkannya juga.

Kendati demikian, kamu tidak boleh santai begitu saja lantaran perlu tahu beberapa hal yang merupakan risiko jika kalian tetap memaksa untuk mengunci jaringan 4G dari ponselnya.

Apakah Mengunci Jaringan 4G Samsung Cukup Menguntungkan?

Kalian pasti sudah paham cara mengunci jaringan 4G Samsung di atas, kan? Untuk menonaktifkannya kamu cukup menggunakan Service Mode maupun bantuan aplikasi ketiga yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Meski begitu, kalian tidak bisa memperolehnya secara mulus lantaran beberapa kelemahan perlu dipahami dengan seksama.

Hal pertama yang kalian dapatkan setelah mematikan jaringan 4G adalah tidak bisa menerima SMS maupun telepon dari kartu seluler yang digunakan untuk internet. Sementara itu, kalian bukan sekadar sulit menerima panggilan atau pesan saja, tetapi juga tidak bisa melakukan hal yang sama kepada orang lain.

Kelemahan Mengunci Jaringan 4G Samsung yang Perlu Diketahui

Kelemahan mengunci jaringan 4G HP Samsung adalah ponsel lebih cepat panas. Pasalnya, sistem ponsel hanya berpacu terhadap sinyal 4G saja dan membiarkan koneksi lainnya, khususnya pada area yang sulit menjangkau koneksi tersebut.

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi ponsel yang cepat panas bakal berdampak buruk terhadap baterai yang akan habis seketika. Hal terakhir adalah bila wilayah kamu sulit menjangkau sinyal 4G, maka sambungan internet bisa terputus dengan mudah.

Kondisi ini tentu saja merugikan diri kamu sendiri, terutama saat menggunakan internet untuk kebutuhan pekerjaan maupun sekadar bermain game online. Semua ulasan ini perlu diperhatikan dengan seksama agar kalian tidak dapat menelan kerugian lebih besar.

Jika HP Samsung kalian punya kapasitas baterai yang rendah, bahkan di bawah 3000 mAh maka bisa mengunci jaringan 4G dalam jangka pendek. Tujuannya agar kekuatan dayanya tidak habis dan dapat dipakai untuk keperluan lainnya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...