Cara Melacak Hp Android

Saat ini Hp menjadi barang primer, karena hampir semua orang membutuhkannya. Apalagi ditambah dengan berbagai macam teknologi yang disematkan sehingga HP bukan hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja. Tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan lainnya dengan sangat luas. Maka tidaklah heran, HP jaman sekarang bisa dikatakan sebagai smartphone. Cek cara melacak hp android disini!

Smartphone berdasarkan dari sistem penggeraknya terdapat dua jenis sistem yang beredar saat ini yaitu Android dan iOS. Untuk android disematkan pada berbagai pilihan merk smartphone yang beredar, sedangkan untuk sistem iOS hanya terdapat pada merek iPhone saja.

Read More

Keunggulan Hp Android

Android menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan iPhone, karena android bersifat open source. Siapapun bisa dengan leluasa melakukan editing aplikasi, menambahkan aplikasi, hingga editing sistem android dengan menggunakan rooting.

Berbicara mengenai keunggulan sistem android, kalian bisa melakukan berbagai macam hal. Mulai dari menambahkan fitur, update sistem, bertransaksi e-commerce, hingga yang tidak kalah pentingnya yaitu melacak HP android yang hilang.

Cara Melacak HP Android

Cara Melacak Hp Android
Melacak Hp Android Mudah

Pada pembahasan kali ini, akan di kupas tuntas mengenai permasalahan yang kerap terjadi pada siapapun yaitu HP yang dimiliki tiba-tiba sudah tidak ada dalam genggaman.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan HP kalian hilang, diantaranya terjatuh, lupa menyimpan, atau mungkin yang lebih parah di curi oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Apabila hal-hal tersebut terjadi pada kalian, maka yang paling pertama yang perlu kalian sikapi adalah jangan panik dan tetap tenang. Sebab permasalahan tersebut bisa di atasi dengan cara pelacakan yang cukup mudah dilakukan.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di Oppo

Ada beberapa cara melacak hp android, yang bisa dilakukan berikut :

1. Menggunakan Fitur Find My Device

Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk menemukan HP android yaitu dengan menggunakan fitur Find My Device. Bisa dikatakan paling mudah yaitu karena setiap perangkat smartphone akan ada fitur ini, bahkan bukan hanya pada sistem android, pada sistem iOS pun memiliki fitur yang satu ini.

Fitur ini bukan hanya melacak HP Android kalian saja, melainkan bisa melakukan berbagai perintah lanjutan dalam jarak jauh. Diantaranya seperti mengirimkan pesan dan memberikan perintah khusus. Namun syaratnya, untuk menggunakan fitur Find My Device harus diaktifkan terlebih dahulu pada HP Android yang hilang.

Oleh karena itu, bagi kalian yang saat ini memegang HP Android dan atau ingin berencana membeli HP Android baru, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur ini dengan tujuan berjaga-jaga jika musibah HP hilang datang menimpa kalian.

Untuk melacak HP Android yang hilang, berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa kalian lakukan, yaitu :

  • Pastikan terlebih dahulu agar HP terhubung ke akun Google milik kalian,dengan koneksi internet yang stabil.
  • Selain itu, sebelumnya fitur Find My Device harus sudah diaktifkan pada ponsel android yang hilang tersebut. Adapun untuk mengaktifkannya yaitu bisa masuk ke menu Settings, lalu dilanjutkan ke menu Security.
  • Apabila kedua hal diatas dipastikan sudah aktif, maka selanjutnya kalian dapat mengakses fitur Find My Device. Kalian bisa mengoprasikannya, baik pada smartphone ataupun dengan menggunakan laptop dengan menggunakan browser bawaan.
  • Baik pada smartphone maupun pada laptop, kunjungi Google lalu masuk pada Google Find My Device. 
  • Lakukanlah login dengan menggunakan akun Google sendiri lalu hubungkan pada HP Android kalian yang hilang tersebut.
  • Jika sudah masuk pada layanan Google tersebut, lanjutkan dengan masuk pada beberapa opsi dimana pilihan tersebut yaitu ‘Bunyikan Perangkat‘. lalu ‘Kunci‘ atau ‘Hapus‘ untuk semua data yang kalian simpan pada HP Android yang hilang.
Terkait:  Cara Mengatasi Baterai Kembung

Apabila HP kalian hilang di rumah atau di kantor, maka lebih baik pergunakan opsi ‘Bunyikan Perangkat’. Namun jika HP hilang dijalan maka bisa menggunakan opsi ‘Kunci’ dan kirimlah pesan tersebut yang ingin kalian sampaikan kepada si penemu hp android kalian.

Namun, jika ternyata HP Android dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebagai langkah pencegahan agar data tidak disalahgunakan, maka lebih baik pilih opsi ‘Hapus‘ untuk menghapus semua data yang tersimpan.

2. Menggunakan Alamat Email

Cara melacak hp android selanjutnya yaitu hanya dengan menggunakan alamat email yang terhubung. Metode ini dapat dilakukan, jika fitur Find My Device tidak kalian aktifkan pada HP Android yang hilang.

Dasar dari pelacakan HP Android dengan menggunakan alamat email adalah karena setiap pengguna pasti memiliki alamat email yang terhubung. Maka selanjutnya bisa dijadikan sebagai cara yang tepat untuk melacak HP hingga bisa ditemukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diterangkan mengenai langkah-langkah melacak HP Android dengan menggunakan alamat email :

  • Lakukan login pada perangkat lain dengan menggunakan alamat email pada HP Android yang hilang.
  • Jangan lupa agar memastikan password yang kalian masukkan benar. Hindari kesalah memasukkan password untuk alamat email pada HP Android yang hilang karena bisa mengakibatkan kegagalan melacak dengan menggunakan alamat email.
  • Setelah login ke akun Google, selanjutnya masuk pada menu Google Maps yang berada di bagian kanan atas. Disana kalian tinggal klik opsi yaitu ‘Temukan Perangkat Saya‘.
  • Selajutnya akan ada kolom isian, diantaranya memilih Smartphone  yang hilang, lalu isikan kata sandi dan juga emailnya. Pada bagian ini, isilah dengan benar agar bisa segera terlacak HP Android yang hilang tersebut.
  • Berikutnya, masuk pada salah satu opsi yaitu opsi ‘Temukan’.
  • Dengan klik opsi ‘Temukan’, selanjutnya akan muncul tampilan baru ang memperlihatkan peta dengan merujuk pada HP Android yang hilang tersebut.
  • Setelah terlacak, kalian tinggal pergi ke lokasi tersebut untuk segera mendapatkan HP kembali.
Terkait:  Cara Melacak Hp Realme yang Hilang

3. Melacak HP Android dengan menggunakan Google Maps

Cara melacak HP Android berikutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu bisa segera menemukan HP yang hilang dengan mudah dengan mendapatkan posisi HP secara akurat.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah melacak HP Android dengan menggunakan Google Maps :

  • Bukalah aplikasi Google Maps pada HP lain atau bisa juga dengan menggunan laptop.
  • Pada aplikasi tersebut, nantinya kalian akan diberikan pilihan opsi waktu untuk segera melakukan pelacakan.
  • Pilihlah waktu yang paling dekat pada saat perkiraan HP Android yang hilang, misalnya 1 jam saat perkiraan HP hilang.
  • Setelah itu, masuk ke opsi pengguna dimana pada opsi tersebut kalian akan dimintai untuk mengisi alamat email dan juga nomor HP yang perangkatnya ingin dilacak.
  • Terakhir, kalian tinggal masuk pada opsi ‘Bagikan’ dan dilanjut dengan ‘Aktifkan’.
  • Aplikasi Google Maps akan menganalisa berdasarkan isian sebelumnya, lalu nanti HP Android yang hilang tersebut akan segera terlacak dengan sangat mudah.
  • Segera datang ke lokasi berdasarkan pada peta yang tersedia.

Dengan mengikuti langkah cara melacak hp android di atas, kalian dapat meningkatkan peluang untuk menemukan hp. Kalaupun tidak, setidaknya data-data di smartphone android yang hilang sudah diamankan.

 

Related posts