Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah: Gampang!

Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah

Cara memperbaiki earphone bluetooth mati sebelah dapat dilakukan dengan tepat jika kamu mengetahui faktor penyebabnya. Sebenarnya, ada dua kasus earphone bluetooth mengalami mati sebelah, yakni akibat earphone baterainya habis dan mati total. Sehingga tidak dapat dipakai, tanpa suara walaupun baterainya telah di charge.

Kenapa Earphone Bluetooth Mati Sebelah?

Ada beberapa faktor yang membuat earphone bluetooth mati sebelah yang perlu kamu ketahui, antara lain :

1. Baterai Rusak

Earphone Bluetooth memerlukan daya yang membantunya dapat berfungsi dengan baik, apabila baterai rusak atau habis tentu saja membuat earphone bisa mati sebelah.

2. Koneksi Bluetooth Tidak Stabil

Apabila koneksi bluetooth yang terjadi antara perangkat dan earphone tidak stabil, maka membuat suara di satu sisi atau bagian earphone menjadi mati.

3. Kerusakan Komponen Earphone

Kabel atau komponen earphone bluetooth yang rusak juga bisa disebabkan oleh earphone mengalami ekanan terlalu kuat atau sering terjatuh.

4. Kesalaha Pengaturan

Kesalahan pengaturan perangkat yang tersambung pada earphone bluetooth juga bisa mengakibatkan suara earphone mati di satu sisi.

5. Earphone Kotor

Debu atau kotoran dapat menumpuk pada bagian dalam earphone, sehingga bisa mengganggu kualitas pada suara earphone, hingga bisa membuat suaranya menjadi mati di satu sisi.

Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab di atas, kamu bisa coba cara memperbaiki earphone bluetoth mati sebelah di bawah ini :

1. Hubungkan Headset Bluetooth Pada Perangkat Lain

Sambungkan bluetooth ke perangkat hp lain, kamu juga bisa menyambungkannya ke laptop atau hp. Silakan cek apakah dapat terhubung dan suaranya bisa terdengar dari sana.

Apabila suaranya masih terdengar, ini artinya perangkat headset kamu rusak, melainkan hanya gagal terhubung pada perangkat saja. Sebagai solusinya, hubungkan lagi ke perangkat utama kamu.

2. Mematikan Bluetooth, Lalu Nyalakan Kembali

Salah satu penyebab headset bluetooth mengalami kerusaka bisa saja terjadi error saat menyambungkan bluetooth. Cara memperbaiki earphone bluetooth mati sebelah untuk kasus ini yaitu silakan matikan, lalu putuskan sambungan dari headset menuju bluetooth, setelah itu sambungkan lagi.

Cara ini membuat koneksi bluetooth dimulai ulang, sama halnya ketika hp kamu error, kemudian kamu diminta merestart perangkat hp tersebut.

3. Bersihkan Headset

Kamu juga bisa mengatasi masalah pada headset earphone bluetooth dengan cara membersihkan bagian headset memakai tisu kering. Apabila headset-nya dalam kondisi basah, kamu bisa memakai kain microfiber supaya lebih optimal ketika menyerap cairan. Kamu bisa membersihkan headset dari debu dan kotoran yang biasanya menempel di bagian lubang headset. 

4. Atur Keseimbangan Audio

Banyak orang mengabaikan pengaturan keseimbangan pada audio headset sebelah kiri dan kanan. Jika pengaturannya salah atau kurang tepat, tentu saja hal tersebut bisa berdampak pada kerusakan headset bluetooth mati sebelah. Bahkan bunyinya menjadi lebih kecil dibandingkan bunyi headset sebelahnya. Kamu bisa mengatur keseimbangan audio dengan 2 cara berikut :

Step 1 : Mengatur Keseimbangan Audio via PC

  • Klik kanan pada ikon speakar yang terdapat di taskbar.
  • Tekan sound dan buka playback.
  • Silakan tekan headset bluetooth, kemudian tekan properties.
  • Buka levels, lalu tekan balance.
  • Kamu bisa mengatur angka yang terdapat pada menu antara plihan L dan R dengan seimbang.

Step 2 : Mengatur Keseimbangan Audio via Hp

Untuk cara ini, tidak semua jenis perangkat hp menawarkan pengaturan keseimbangan untuk audio ini. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan pengaturannya sendiri via hp. Kamu bisa menemukannya lewat menu pengaturan hp atau pada aplikasi pemutar musik itu sendiri.

Tapi jika tidak menemukannya, unduh aplikasi tambahan di Appstore maupun Play Store. Dari sini, kamu bisa memakai aplikasi Equalizer. Aplikasi Equalixer biasanya menawarkan pilihan pengaturan keseimbangan audio.

Itu adalah 4 Cara Memperbaiki Earphone Bluetooth Mati Sebelah yang bisa kamu coba agar earphone bluetooth kamu bisa menyala kembali.

Kamu Pasti Belum Tahu:

Related posts