Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah (Sendiri) Mudah!

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Bagi yang sering mendengarkan lagu atau sering menggunakan aplikasi Zoom Meeting, tentu perlu memiliki earphone. Namun seiring penggunaannya, terkadang ada beberapa gejala kerusakan atau gangguan pada earphone, termasuk earphone mati sebelah. Inilah alasan kenapa banyak orang tertarik dengan cara memperbaiki earphone mati sebelah.

Sebenarnya tidaklah mudah memperbaiki headse yang mati. Apabila kamu tidak ahli memperbaikinya, dikhawatirkan bisa membuat kondisinya semakin parah atau bisa-bisa keduanya mati.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah
Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebab kenapa earphone mati sebelah, antara lain seperti earpiece tidak berfungsi, masalah terjadi pada jack audio, arus pendek pada kabel transmisi suara, atau steker jack mengalami kerusakan.

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi earphone mati sebelah yang bisa kamu coba :

1. Identifikasi Faktor Penyebab Earphone Mati Sebelah

Untuk melakukan identifikasi masalah earphone yang mati sebelah, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pasang headset atau earphone ke hp kemudian dengarkan suaranya. Coba tekuk perangkat headset yang terhubung pada earpice mati, apabila ketika ditekuk terdengar suara yang masuk, biasanya masalah yang terjadi terdapat pada kabel.
  • Pasang steker ke dalam lubang audio dengan perlahan, lalu dengarkan dan cek apakah terdengar suara dari earphone yang mati. Apabila ada suara, artinya steker yang bermasalah.
  • Headset yang mati sebelah juga dapat disebabkan oleh lubang suara bermasalah.

2. Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah Tanpa Membongkarnya

Jika kamu tidak mau membongkarnya, alat yang kamu perlukan hanya pembungkus kabel atau selotip, dan kamu tinggal memperbaikinya langsung. Di samping itu, gangguan atau masalah yang dapat diperbaiki tanpa membongkarnya hanya bisa dilakukan untuk masalah pada poin pertama di atas saja. Sedangkan pada masalah di poin kedua maupun ketiga memerlukan bantuan tambahan alat, bisa juga harus mengganti steker earphone/headset.

  • Berdasarkan identifikasi faktor penyebab untuk masalah pertama, dapat diatasi dengan cara memutar, menekuk, meluruskan dan menyesuaikan posisi pada kabel. Tujuannya supaya audio terdengar pada lubang headset. 
  • Saat sedang menekuk kabel lalu muncul suara, maka yang perlu dilakukan yaitu dengan memegang kabel supaya posisinya tidak berubah.
  • Pakai pembungkus kabel atau selotip untuk mempertahankan posisi pada kabel. Tujuannya agar kamu tidak lagi harus mencari posisi atau letak yang pas saat mendengarkan audio melalui headset. 

3. Memperbaiki Earphone Mati Sebelah dengan Membandingkan Perangkat Earphone

Apabila langkah-langkah ti atas tidak berhasil, kamu bisa menyambungkan perangkat hp milikmu dengan perangkat earphone lain. Bisa jadi kerusakan terjadi pada perangkatnya dan bukan pada earphone-nya.

4. Menyalakan Perangkat Ulang

Cara memperbaiki earphone mati sebelah lainnya adalah dengan menyalakan perangkat ulang. Bisa jadi, earphone memang sedang dalam kondisi tidak baik. Sebagai solusinya, restart perangkat kamu terlebih dulu. Apabila masih tidak menyala, kamu bisa mengecek bagian pada earphone.

5. Cek Baterai

Kamu juga harus memeriksa presentase baterai pada earphone milikmu. Bisa jadi, baterai kamu memiliki presentase sedikit. Oleh karena itu, hal ini bisa berdampak terhadap kondisi earphone menjadi mati sebelah.

6. Cek Konektor

Cek juga bagian konektor pada earphone demi memastikan penyebab kenapa earphone mati sebelah. Bisa jadi konektornya bermasalah.

Dengan cara memperbaiki earphone mati sebelah di atas, kini kamu sudah mendapatkan solusi untuk mengembalikan fungsi earphone agar bisa digunakan kembali seperti sedia kala. Jika ternyata terjadi kerusakan parah pada earphone, otomatis kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Kamu Pasti Belum Tahu:

Related posts