4 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan Metode Termudah

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Tahukah kamu, gimana sih cara mengaktifkan bluetooth di laptop? Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat secara satu arah. Misalnya dengan HP, speaker, keyboard, mouse, headset, atau tracker, dengan laptop tanpa menggunakan kabel sama sekali.

Melalui bluetooth, kamu pun bisa mentransfer data, berbagi file, mendengarkan musik, atau melakukan panggilan suara dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan kamu bisa coba cara share aplikasi lewat bluetooth dengan mudah.

Read More

Namun, sebelum bisa menggunakan beberapa keunggulan dari bluetooth, maka kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di laptop yang kamu miliki. Perlu diingat tidak semua laptop memiliki bluetooth bawaan, akan tetapi care mengakalinya bisa menambahkannya dengan menggunakan adapter bluetooth eksternal.

Jika laptop sudah memiliki bluetooth bawaan atau sudah terpasang adapter bluetooth eksternal, maka kamu bisa mengaktifkan bluetooth dengan beberapa metode.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Mungkin mengaktifkan bluetooth di hp bisa kamu lakukan dengan mudah, tapi bagaimana dengan cara mengaktifkan bluetooth di laptop? Simak ini ulasannya :

1. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan Pengaturan Windows

Pertama kamu bisa mengaktifkan bluetooth lewat pengaturan Windows, sebagai cara termudah. Cara ini bisa kamu gunakan untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan dengan care menekan tombol Windows+I pada keyboard atau klik ikon Settings yang terdapat pada menu Start.
  • Pilih kategori Devices atau Perangkat pada jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih tab Bluetooth & other devices atau Bluetooth & perangkat lainnya pada sisi kiri jendela.
  • Geserlah tombol Bluetooth yang semula dari posisi Of ke posisi On yang mendandakan bahwa Bluetooth telah Aktif di laptop kamu.
  • Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan fitur Show notifications to connect using Swift Pair atau Tampilkan notifikasi untuk terhubung menggunakan Swift Pair. Tujuannya untuk memudahkan dalam menghubungkan perangkat bluetooth yang mendukung fitur ini di laptop kamu.

2. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dengan Action Center

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan Action center termasuk metode paling cepat dan praktis untuk mengaktifkan bluetooth di laptop. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Berikut langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Buka Action Center atau Pusat Tindakan dengan care menekan tombol Windows+A pada keyboard atau bisa juga dengan care klik ikon Action Center pada pojok kanan bawah taskbar.
  • Selanjutnya kamu akan melihat beberapa ikon yang menampilkan pengaturan cepat atau quick settings untuk berbagai fitur di laptop kamu.
  • Cari ikon Bluetooth, kemudian klik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth yang ada di laptop.
  • Jika ikon Bluetooth tidak muncul di Action Center, kamu bisa menambahkannya dengan cara berikut:
    1. Klik ikon Expand atau Perluas pada bagian kanan atas Action Center yang berfungsi untuk melihat semua ikon pengaturan cepat yang tersedia.
    2. Klik kanan pada salah satu ikon pengaturan cepat, kemudian pilih opsi Edit quick actions atau Edit tindakan cepat.
    3. Kamu akan masuk ke jendela Settings kategori Notifications & actions atau Notifikasi & tindakan. Di bawah bagian Quick actions atau Tindakan cepat, silakan klik tombol Add atau Tambah lalu pilih Bluetooth dari daftar yang terdeteksi.
    4. Geser ikon Bluetooth ke posisi yang kamu inginkan, teakhir klik Done atau Selesai.

3. Mengaktifkan Bluetooh di Laptop Menggunakan Tombol Fisik

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop selanjutnya yaitu dengan memakai tombol fisik. Ini adalah metode yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yang memiliki tombol fisik khusus untuk mengontrol fitur Bluetooth pada laptop.

Kamu bisa menggunakan metode ini untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau dibawahnya.

  • Cari tombol fisik Bluetooth yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth di laptop kamu. Biasanya tombol ini berada di sisi depan, samping, atau atas laptop dan memiliki simbol khusus bluetooth yang berwarna biru.
  • Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth di laptop kamu. pada laptop tertnetu, mungkin harus menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol Bluetooth agar Bluetooth aktif.
  • Kamu bisa mengecek status bluetooth di laptop dengan  melihat lampu indikator yang biasanya berada di dekat tombol bluetooth. Jika lampu indikator menyala, berarti bluetooth telah aktif. Jika lampu indikator mati, berarti bluetooth masih belum aktif.

4. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Menggunakan Adapter Bluetooth

Metode kempat ini dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan bluetooth di laptop yang tidak memiliki bluetooth bawaan. Untuk melakukannya, kamu memerlukan perangkat tambahan seperti adapter bluetooth eksternal.

Untuk mendapatkannya, bisa beli di toko-toko elektronik atau online dengan harga yang bervariasi tergantung mereknya. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Beli adapter bluetooth eksternal terlebih dahulu yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan laptop kamu. Pastikan untuk memeriksa jenis, ukuran, dan kecepatan adapter bluetooth yang kompatibel dengan laptop yang kamu gunakan.
  • Pasang adapter bluetooth eksternal ke port USB di laptop kamu. Pada tahapan ini mungkin perlu menginstal driver atau perangkat lunak yang disertakan dengan adapter bluetooth tergantung dari model yang digunakan.
  • Aktifkan bluetooth di laptop kamu dengan menggunakan salah satu cara sebelumnya, yaitu bisa menggunakan pengaturan Windows, Action Center. Bisa juga menggunakan tombol fisik sesuai dengan langka-langkah yang dijelaskan pada Care 3.
  • Kamu pun dapat mengatur preferensi bluetooth di laptop dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh adapter bluetooth eksternal.

Menghubungkan Perangkat Bluetooth

Setelah mencoba cara mengaktifkan bluetooth di laptop dan berhasil, kamu bisa menghubungkan perangkat bluetooth yang ingin kamu gunakan. Misalnya untuk terhubung dengan HP, speaker, keyboard, mouse, headset, atau untuk tracker. Berikut langkah-langkah menghubungkan perangkat Bluetooth:

  • Nyalakan perangkat bluetooth yang ingin kamu hubungkan dengan laptop kamu, selanjutnya masukkan ke mode pairing atau pencarian. Cara ini akan berbeda-beda tergantung dari jenis dan model perangkat Bluetooth yang kamu gunakan, tetapi biasanya akan melibatkan menekan tombol tertentu selama beberapa detik hingga lampu indikator berkedip.
  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di laptop kamu, kemudian pilih kategori Devices atau Perangkat.
  • Pilih tab Bluetooth & other devices atau Bluetooth & perangkat lainnya yang terdapat pada sisi kiri jendela.
  • Klik tombol Add Bluetooth or other device atau Tambahkan Bluetooth atau perangkat lainnya pada bagian atas jendela yang muncul.
  • Pilih opsi Bluetooth pada jendela Add a device atau Tambahkan perangkat yang muncul pada layar.
  • Tunggu hingga laptop mendeteksi perangkat bluetooth yang ingin kamu hubungkan, selanjutnya klik nama perangkat tersebut pada daftar yang muncul.
  • Ikuti instruksi yang muncul pada layar laptop untuk menyelesaikan proses pairing atau pencocokan antara laptop dan perangkat bluetooth.
  • Pada tahapan ini kamu mungkin perlu memasukkan kode PIN atau membandingkan kode numerik tergantung pada jenis dan model perangkat Bluetooth yang kamu gunakan.
  • Setelah proses pairing selesai, kamu sudah bisa menggunakan perangkat bluetooth dengan laptop.

Sekarang tak perlu khawatir lagi jika kamu mau menyalakan bluetooth di laptop, karena dengan cara mengaktifkan bluetooh di laptop sesuai metode di atas kamu bisa berhasil mengaktifkannya.

Related posts