Cara Memperbaiki Double Din Layar Mati: Triknya Mudah!

Cara Memperbaiki Double Din Layar Mati
Cara Memperbaiki Double Din Layar Mati

Bagaimana cara memperbaiki double din layar mati? Double Din merupakan ukuran standar pada head unit mobil, sebagai komponen utama untuk mengontrol sistem visual dan audio pada kendaraan roda empat. Biasanya double din mempunyai ukuran dimensi lebih besar dibandingkan single din, karena telah disematkan layar LCD atau touchscreen lebih besar.

Sederhanya, komponen double din layar mobil merupakan head unit yang memiliki layar lebih besar. Umumnya dipakai untuk menjalankan sistem audio, navigasi dan video pada mobil. Selain itu, double din pada layar mobil menawarkan berbagai macam fitur, seperti navigasi GPS, bluetooth, tampilan video, dan pemutar musik untuk memperoleh pengalaman visual dan audio lebih baik pada mobil kamu.

Read More

Apa Saja Penyebab Double Din Mati?

Sebelum membahas cara memperbaiki double din layar mati, kamu harus tahu penyebab double din layar mati terlebih dahulu. Berikut beberapa faktor penyebabnya :

1. Koneksi Kabel Daya Tidak Stabil

Apabila koneksi kabel daya mengalami gangguan seperti tidak stabil, maka bisa menyebabkan double din layar tidak bisa dinyalakan.

2. Kerusakan Fuse

Fuse yang terdapat pada komponen double din berguna untuk pengaman pada aliran listri. Apabila ada kerusakan pada fuse, membuat aliran listrik pada double din terputus, sehingga membuat layar mati.

3. Kerusakan Modul Daya

Kerusakan modul daya juga menyebabkan layar double din mati.

4. Pengaturan yang Salah

Kerusakan atau gangguan pada double din juga dapat disebabkan oleh kesalahan dalam pengaturan sistem.

5. Kerusakan Komponen Hardware

Bisa jadi komponen hardware pada double din seperti pada layar LCD maupun komponen internal lainnya rusak, sehingga dapat berpengaruh pada kinerja double din itu sendiri.

6. Masalah Sistem Daya

Faktor lainnya, ada kemungkinan masalah dalam sistem daya kendaraan roda empat milikmu yang bisa berpengaruh pada kinerja layar double din mobil. Penyebab ini dapat terjadi apabila ada masalah di bagian baterai atau alteratof mobil kamu.

Jadi apabila double din layar mobil mati, silakan cek terlebih dahulu faktor-faktor di atas.

Cara Memperbaiki Double Din Layar Mati

Cara Memperbaiki Double Din Layar Mati
Memperbaiki Double Din Layar Mati

Jika sudah memahami beberapa faktor penyebab di atas, selanjutnya kamu bisa coba cara memperbaiki double din layar mati, berikut ini :

1. Cek Koneksi Daya

Pastikan bagian kabel daya, apakah sudah terpasang secara maksimal dan tidak akan terlepas. Selain itu, kamu juga bisa mengecek apakah terdapat kabel yang putus atau rusak.

2. Melakukan Reset Sistem

Cara selanjutnya, kamu bisa mereset sistem pada double din. Dalam unit double din biasaya ada tombol reset. Kamu tinggal mecari tahu bagaimana cara mereset pada manual pemakaian double din.

3. Periksa Fuse

Duble Din mempunyai komponen fuse untuk mengamankan aliran listrik. Silakan cek komponen ini, apakah sudah rusak atau masih bagus. Apabila terjadi kerusakan, kamu bisa menggantinya dengan membeli fuse yang baru.

4. Cek Pengaturan Layar

Apabila double din layar mobil kamu tidak menampilkan visual gambar, silakan cek pengaturan layar. Selain itu, pastikan pengaturan kecerahan, kontras, dan juga saturasi sesuai preferensi kamu.

5. Membawa Double Din ke Bengkel

Jika ternyata semua langkah-langkah di atas masih belum berhasil mengatasi masalah pada double din mobil kamu, sebaiknya bawa langsung ke bengkel untuk diperbaiki. Mungkin saja masalahnya ada di komponen bagian dalam, sehingga membutuhkan penanganan ahli.

Nah, itulah beberapa langkah cara memperbaiki double din layar mati yang bisa kamu coba agar double din kembali menyala. Namun sekali lagi, jika masalah belum terselesaikan langsung hubungi atau bawa ke bengkel spesialis.

Kamu Pasti Belum Tahu:

Related posts