Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol: 5 Langkah Anti Gagal!

Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol
Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol

Kran yang menetes terus menerus biasanya mengindikasikan jika kran tersebut telah dol atau rusak. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh bagian kran yang telah terkikis, karenanya air tetap akan menetes meskipun kran ditutup. Lantas, bagaimana cara memperbaiki drat kran yang dol?

Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol

Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol
Memperbaiki Drat Kran yang Dol

Untuk mengatasi drat kran mengalami dol, maka ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan, antara lain :

1. Langkah Persiapan Cara Memperbaiki Drat Kran yang Dol

Untuk memperbaiki drat kran, sebaiknya lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Seperti mempersiapkan peralatan tertentu yang diperlukan, seperti karet pada ban dalam, obeng, gunting dan kunci pas.

Di samping mempersiapkan peralatan, kamu juga harus mempersiapkan kran yang rusak dengan cara mematikan pompa terlebih dahulu. Tentu saja, perbaikannya tidak bisa dilakukan apabila air masih mengalir.

2. Buka Kepala Kran

Setelah mempersiapkan semua peralatan, selanjutnya kamu tinggal memperbaiki bagian drat kran dengan cara melepas bagian kepala kran. Pastikan melepas kran secara hati-hati, agar kerusakan pipa air dapat dicegah.

Jika bagian kepala pada kran sudah dilepaskan, buka bagian kepala kran memakai kunci pas. Silakan putar pengaturan pada kunci pas supaya dengan bagian kepala kran. Selanjutnya, putar bagian kepala kran supaya bisa terbuka.

3. Cek Bagian Dalam Pada Kepala Kran

Cara memperbaiki drat kran yang dol selanjtnya yaitu kamu bisa mengecek bagian dalam kepala kran. Meskipun jenis kepala pada kran mempunyai model berbeda, tapi bagian dalamnya biasanya tidak akan jauh berbeda dari model drat kran lainnya.

Sama halnya dengan faktor penyebab dolnya drat kran. Seluruh model kran yang rusak biasanya diakibatkan oleh bagian dalamnya telah terkikis. Keadaan ini bisa terjadi apabila kran air sudah lama dipakai.

Buka tiap-tiap komponen untuk melakukan pengecekan bagian dalam pada kran. Jika kran benar-benar terkikis, maka kamu membutuhkan karet.

4. Persiapkan Karet untuk Ban Dalam

Karet pada ban dalam bisa dipakai untuk memperbaiki bagian dalam pada kran yang telah terkikis. Nantinya saat dipasang, maka kran tetap kencang layaknya kran baru. Pakai karet ban dalam untuk dibentuk menyerupai cincint.

Kamu bisa membuat bolongan tepat di tengah bagian cincin karet, buat ukuran sesuai dengan lingkaran di bagian dalam pada kepala kran. Kamu dapat membuat bolongan, caranya gunting karet menggunakan peralatan yang telah dipersiapkan.

5. Pasang Karet Ban

Selanjutnya, kamu cukup memasang bagian cincin karet ke kepala kran. Lalu tutup menggunakan karet pelindung. Selain itu, pastikan karet tersebut telah dipasang dengan baik dan dalam kondisi rapat tepat di komponen bagian dalamnya.

Tentu saja, ini penting sekali sebab karet pengaman seharusnya bisa menahan bagian atau komponen pada kepala kran. Setelah semuanya siap, kamu bisa memasang bagian kepala kran kembali pada pipa air. Pakai kunci pas dan pasang kepala kran. Setelah itu, cek kondisi kran apakah dapat berfungsi dengan baik ataukah tidak.

Langkah-langkah di atas dapat kamu lakukan apabila kerusakan yang terjadi pada drat kran bukan karena patah. Namun apabila kondisi krannya patah, sebagai solusinya kamu harus membelinya dengan yang baru.

Mengingat kran memiliki fungsi sangat penting, sebaiknya selalu lakukan pengecekan kondisi kran supaya tidak sampai mengalami bocor atau dol. Selain itu, jika sudah terjadi kerusakan yang fatal sebaiknya langsung menggantinya dengan yang baru. Namun sebelumnya, ikuti beberapa langkah cara memperbaiki drat kran yang dol di atas terlebih dahulu.

Kamu Pasti Belum Tahu: