Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B: Mudah Poll!

Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B
Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B

Bagaimana cara memperbaiki multimeter digital DT 830B? Multimeter digital DT 830B merupakan alat ukur elektronik untuk mengukur beberapa parameter listrik, antara lain resistansi, tegangan, dan arus. Ini adalah tipe multimeter digital dengan layar LCD yang menampilkan hasil dari pengukuran.

Multimeter digital DT 830B mempunyai rentang pegukuran untuk tergangan DC mencapai 1000V, dengan rentang pengukuran untuk resistansi sampai 2Mega Ohm dan rentang pengukuran untuk arus DC mencapai 10A.

Alat ini juga mempunyai fungsi tes dioda dan tes kontinuitas. Biasanya sering dipakai oleh insinyur, teknisi, atau orang-orang yang bergelut di bidang elektronik guna melakukan pengukuran elektronik dan komponen listrik.

Faktor Penyebab Kerusakan Multimeter Digital DT 830B

Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B
Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B

Apabila multimeter digital DT 830B mengalami kerusakan atau gangguan saat pengukuran. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

1. Baterai Lemah

Multimeter digital memerlukan baterai yang memadai untuk dapat mengoperasikan sirkuit internal dan layar. Apabila baterianya sudah melemah, maka hal tersebut bisa berpengaruh pada pengukuran, bahkan bisa merusak sirkuit atau layar.

2. Overload

Ketika menguruk tegangan atau arus terlalu besar, juga bisa mengakibatkan kerusakan komponen internal, antara lain seperti IC, resistor atau kapasitor.

3. Kesalahan Pemakaian

Apabila penggunaan multimeter kurang tepat atau salah, misalnya mengukur sirkuit dalam kondisi menyala atau menyambungkan probe pada polaritas yang tidak tepat, bisa merusak multimeter.

4.  Kerusakan Fisik

Apabila multimeter terkena tekanan kuat atau terjatuh, hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan dalam komponen layar atau komponen internal.

5. Kerusakan Komponen Internal

Ada beberapa bagian internal yang terdapat pada multimeter, antara lain seperti transistor, fuse, maupun IC, bisa mengakibatkan kerusakan karena kegagalan komponen atau usia penggunaan.

Cara Memperbaiki Multimeter Digital DT 830B

Sebelum kamu mencoba cara memperbaiki multimeter digital DT 830B di bawah, pastikan terlebih dahulu untuk melepaskan seluruh probe yang telah terhubung pada sirkuit atau mematikan alat. Setelah itu, lanjutkan dengan langkah-langkah untuk mengatasi kerusakan pada multimeter digital di bawah ini :

1. Cek Baterai

Pastikan baterai yang terdapat dalam multimeter kondisinya masih baik, dan mempunyai tegangan cukup. Apabila baterai melemah, silakan ganti menggunakan baterai yang baru.

2. Cek Fuse

Ketika multimeter mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi alias mati total, cek fuse dalam multimeter, pastikan komponen ini tidak terbakar. Namun apabila fuse terbakar, kamu harus mengganti fuse dengan jenis dan nilai yang sama.

3. Cek Komponen Internal

Apabila multimeter masih saja tidak dapat berfungsi, silakan cek komponen internal berupa resistor, IC atau kapasitor. Tentu saja, komponen yang mengalami kerusakan harus kamu ganti dengan komponen yang baru.

4. Cek Kabel Probe

Pastikan pula probe yang tersambung pada multimeter, kondisinya tidak rusak dan masih baik. Apabila kabel mengalami kerusakan atau kabel terkelupas, silakan ganti menggunakan kabel yang baru.

5. Cek Pengaturan Multimeter

Pastikan alat ini diatur menggunakan mode yang sesuai dengan sistem pengukuran yang akan kamu lakukan.

6. Membersihkan Komponen Bagian Dalam

Apabila multimeter kotor atau terkena air, silakan bersihkan komponen bagian dalam secara perlahan dan hati-hati. Selain itu, pastikan komponen tersebut kering sempurna sebelum kamu menggunakannya lagi.

Kesimpulan

Apabila sesudah melakukan cara memperbaiki multimeter digital DT 830B di atas, ternyata multimeter masih saja tidak dapat berfungsi, solusinya bawa alat ini ke teknisi yang ahli. Pastikan pula untuk selalu menggunakan multimeter sesuai petunjuk penggunaan yang tepat. Hindari melakukan kesalahan pada penanganan dan penggunaan multimeter, untuk mencegah kerusakan alat.

Kamu Pasti Belum Tahu: