Cara Memperbaiki Email Bermasalah yang Mudah dan Benar!

Cara Memperbaiki Email
Cara Memperbaiki Email

Dalam perkembangan era digital seperti saat ini, email memiliki peranan penting untuk mengakses berbagai hal. Bukan saja hanya untuk mengakses aplikasi-aplikasi di android, tetapi juga ketika kamu ingin membuat website untuk jualan online tentu membutuhkan email. Sebagai pengguna, tentu kamu sering menghadapi beberapa masalah yang terjadi pada email. Tentu saja, kamu harus tahu bagaimana cara memperbaiki email yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Email

Cara Memperbaiki Email
Cara Memperbaiki Email

Berikut ini ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki masalah pada email di bawah :

1. Cara Memperbaiki Email dengan Pemulihan Akun Gmail

Saat kamu bermasalah dengan gmail milikmu, maka pilihan untuk menghapus akun lewat perangkat kemudian menginstallnya kembali bisa mengatasi permasalahannya. Kelebihan dari akun Goole atau Gmail ialah semuanya dapat tersimpan otomatis pada server Google, baik dokumen, file, video atau lainnya.

Seluruh file yang tersimpan nantinya dapat dikembalikan, sesudah kamu melakukan reset akun. Metode ini tentu saja paling mudah dengan cara menghapus dan mengembalikan akun.

Silakan masuk ke pengaturan pada perangkat hp, lalu klik akun dan tekan Google. Setelah itu, klik akun gmail yang akan kamu hapus, klik ikon yang berbentuk elips pada samping kanan bagian atas, lalu hapus akun.

2. Cara Memperbaiki Email saat Lupa Kata Sandi

Alasan atau masalah paling sering terjadi, yang memungkinkan pengguna kehilangan akses pada akun Gmailnya ialah akibat lupa kata sandi. Menariknya, Googe menawarkan bagaimana cara memperbaiki email saat penggunanya lupa kata sandi. Adapun caranya yaitu dengan melakukan pemulihan email.

Maka dari itu, saat membuat email penting sekali menyertakan nomor hp atau kontak untuk verifikasi kode. Selain itu, kamu juga bisa mentautkan ke email alternatif.

Untuk memulihkan Gmail atau akun Google, kamu bisa mengikuti beberapa langkah pemulihan. Kamu akan ditanyai pertanyaan-pertanyaan untuk melakukan konfirmasi jika akun tersebut adalah milikmu. Setelah itu, bisa melakukan reset kata sandi apabila diminta.

Mengatasi Masalah Email Error

Saat kamu benar-benar ingin menggunakan email, tapi ternyata malah terjadi error. Tentu hal ini sangan menjengkelkan. Namun jangan khawatir, tetap ada cara memperbaiki email error semenara pada smartphone dan laptop dengan panduan berikut :

1. Restart Browser

Sebenarnya untuk mengatasi masalah email error dengan sementara, maka kamu bisa coba menunggu terlebih dahulu. Faktor penyebab Gmail yang bermasalah karena error sementara biasanya akibat terlalu cepat menekan beberapa menu pada email. Hal inilah yang membuat munculnya masalah error.

Sebagai solusinya yaitu bisa menunggu sebentar, kemudian matikan browser, serta nyalakan browser kembali. Jika sudah, masuk lagi ke akun Gmail milikmu.

2. Membersihkan Data Cache Pada Browser

Menumpuknya cache bisa menimbulkan beberapa masalah, bahkan bisa memicu data error. Inilah yang membuat Gmail terlihat error. Maka dari itu, sebaiknya selalu rutin menghapus cache dan juga cookie. 

Kamu bisa membersihkan cache dan cookie di Chrome pada laptop/PC berikut :

  • Buka browser Chrome di PC kamu.
  • Di ujung kanan atas, tekan ikon tiga titik.
  • Tekan fitur lainnya dan klik clear browsing data atau hapus data browsing.
  • Tepat pada bagian atas, tentukan waktu yang kamu mau. Jika ingin menghapus semuanya, tekan all time atau semua.
  • Silakan centang cache yang akan kamu hapus.
  • Tekan clear data atau hapus data.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki email bermasalah baik karena masalah teknis maupun karena masalah yang disebabkan oleh penggunanya sendiri. Semoga bermanfaat!

Kamu Pasti Belum Tahu:

Related posts