Cara Memperbarui Layanan Google Play

Selain aplikasi yang harus diperbarui, ternyata penyedia layanan aplikasi seperti Google Play Store juga harus diperbarui. Cara memperbarui layanan Google Play sendiri cukup mudah dilakukan. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui metodenya.

Kita tahu bahwa Google Play Store sendiri ialah aplikasi default yang ada di tiap smartphone berbasis android. Melalui Play Store, kita bisa mendownload dan mencari aplikasi yang dibutuhkan. Selain itu, Kamu kini dapat memakai aplikasi Play Store untuk melakukan pembelian buku, musik, film dan lainnya.

Read More

Walaupun berbentuk aplikasi, Play Store sendiri bisa dibilang berbeda dari aplikasi pada umumnya. Khususnya untuk proses update yang umumnya dilakukan dengan cara otomatis. Namun karena beberapa faktor, terkadang Google Play Store harus terhenti dan tidak bisa melakukan pembaruan.

Apabila hal tersebut terjadi, aplikasi yang akan di update pun akan terganggu. Selain itu, Kamu pun harus mulai mengupdate aplikasi Google Play Store di perangkat smartphone.

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Cara Memperbarui Layanan Google Play
Tutorial Memperbarui Layanan Google Play

Tutorial Memperbarui Layanan Google Play Store

Walaupun Play Store melakukan update secara otomatis, akan tetapi pada beberapa tipe hp mungkin hal ini tak terjadi. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan proses pembaruan dengan cara manual. Berikut cara memperbarui layanan Google Play yang dapat dicoba :

Terkait:  Cara Take Over KPR

1. Melalui Opsi Pengaturan Play Store

Cara memperbarui layanan Google Play yang pertama ialah dengan menggunakan menu pengaturan pada Play Store. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka Google Play Store di perangkat hpmu, kemudian tekan tombol menu di samping kiri bagian atas pada Play Store. Kemudian pilih opsi Pengaturan atau Settings.
  • Selanjutnya di menu ini, Kamu bisa memilih “Play Store Version” dan klik. Apabila ada update versi terbaru, layanan Play Store biasanya akan langsung melakukan pembaruan. Namun jika tidak, biasanya Kamu akan ditampilkan notifikasi “Google Play Store is Up to date” yang artinya Google Play Store di perangkatmu sudah update.

3. Memperbarui Google Play Store dengan APK

Kamu juga bisa mencoba cara memperbarui layanan Google Play dengan  cara manual. Namun sebelum melakukannya, silahkan cari file APK Google Play Store di web APK Mirror. Kamu bisa mencari versi terkininya dan download file APK tersebut. Setelah itu, Kamu wajib memberi perizinan agar dapat menginstal aplikais yang lain di luar Google Play sebelum memasang file APK.

Misalnya saja, kita memakai Realme menggunakan OS android 9 Pie dengan pengaturan yang sedikit berbeda. Sebab permission perlu diatur secara personal dan tak berlaku global pada versi OS android yang sebelumnya. Berikut cara memperbarui layanan Google Play dengan APK di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke opsi “Settings” kemudian pilih “Additional Settings” dan tekan “Device&Privacy”.

Pada pilihan “Unknown source installation” silahkan beri akses File Manager supaya kita dapat menginstal Play Store menggunakan file APK.

Setelah itu, Kamu tinggal mencari file APK dari Play Store sebelumnya yang telah diunduh, kemudian klik serta install di perangkat.

Terkait:  Cara Cari Uang Tambahan

3. Membersihkan Data Play Store yang Lama

Cara memperbarui layanan Google Play selanjutnya ialah dengan membersihkan data pada Google Play Store. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka Settings atau Pengaturan dengan cara mengklik ikon gerigi atau lewat quick menu.
  • Kamu bisa mencari Apps Manager, selain itu bisa juga dari Installed Apps, dan cari aplikasi Google Play Store lalu tekan aplikasi.
  • Silahkan cari Storage dan tekan Clear Storage maupun Clear Cache.
  • Selanjutnya restart smartphone-mu dan diamkan selama beberapa menit hingga Google Play melakukan update otomatis.

Itulah 3 cara memperbarui layanan Google Play Store. Dengan mengupdate Play Store di perangkat android, maka Kamu dapat mengunduh aplikasi dengan leluasa.

Penyebab Download Tertunda di Google Play Store

Selain memperbarui Google Play Store, Kamu tentu harus tahu bahwa ada beberapa penyebab yang membuat download aplikasi menjadi tertunda di Play Store. Karena biasanya ada beberapa kendala terjadi saat kita mengunduh aplikasi di Google Play Store. Berikut beberapa penyebab aplikasi tertunda di Play Store :

1. Koneksi Internet Terganggu

Tentu saja apapun aplikasi yang diunduh tentu saja memerlukan jaringan atau koneksi internet yang lancar dan stabil. Jaringan internet yang bermasalah sudah pasti dapat menghambat proses download.

2. Kapasitas Memori Internal Tak Mencukupi

Dengan banyaknya game dan aplikasi yang terinstal di perangkatmu, pastinya membuat kapasitas memori internal menjadi penuh. Apalagi jika perangkat android yang digunakan spesifikasinya terbatas, sehingga masalah unduhan tertunda bisa saja terjadi dalam layanan Play Store.

3. Sedang Mengunduh Aplikasi Lain

Tanpa disadari, Google Play Store sebenarnya sedang mengunduh pembaruan otomatis aplikasi lain. Tentu saja hal ini mengakibatkan Google Play Store harus menunggu download atau sedang dalam antrian.

Terkait:  Cara Update Google Play Store

Mengatasi Download yang Tertunda di Play Store

Jika Kamu sudah mengetahui faktor penyebab unduhan yang tertunda di Google Play Store, maka Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan beberapa panduan berikut :

1. Membersihkan Cache Pada Layanan Google Play

Jika Kamu sering mengunduh game dan aplikasi di Play Store, mungkin kebiasaan ini bisa mengakibatkan menumpuknya cache. Ini artinya, cache yang menumpuk dapat berpengaruh pada kinerja aplikasi. Cache sendiri bisa dibilang sebagai file atau program “sampah” yang bisa dihapus dengan cara berikut ini :

  • Masuk ke pilihan Settings, akses Apps.
  • Kemudian cari Google Play Store, silahkan tekan opsi Penyimpanan.
  • Selanjutnya “Hapus Memori” atau “Hapus Data”.

2. Mengubah Pengaturan Unduhan dengan Koneksi Wifi

Masalah utama unduhan yang tertunda di Google Play Store terkadang diakibatkan oleh koneksi internet kurang memadai. Seperti sinyal pada data internet tidak terjangkau maupun kualitas jaringan Wifi kurang stabil. Jika ingin mengatasinya, silahkan coba opsi beralih ke dalam mode jaringan berikut ini :

  • Silahkan alihkan jaringan internetmu ke dalam paket data seluler.
  • Lalu buka Google Play.
  • Ketika Kamu hendak mengunduh aplikasi, pilih Wifi.

3. Cek Kapasitas Memori Internal Perangkat

Apabila memakai perangkat android yang berspesifikasi terbatas, cukup sulit jika harus mengunduh aplikasi terus menerus. Mengingat memori internalnya yang sudah penuh, hingga akhirnya download aplikasi pun akan tertunda di Google Play Store. Untuk itu, Kamu juga harus mengosongkan ruang internal memori perangkatmu terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengunduh aplikasi.

Selain cara di atas, untuk mengatasi unduhan yang tertunda pada aplikasi Play Store juga bisa dilakukan dengan cara update Google Play Store. Kamu bisa melakukan update Play Store dengan langkah-langkah yang sudah dibahas sebelumnya di atas.

Kamu tinggal memilih mana cara memperbarui layanan Google Play yang paling mudah dilakukan. Baik itu dengan metode pengaturan Play Store, membersihkan data yang lama, dan dengan menggunakan APK. Pilih cara yang paling mudah dan aman, agar Kamu bisa menggunakan Google Play Store kembali untuk mengunduh aplikasi.

Related posts