Cara Melunasi Shopee Paylater

Cara Melunasi Shopee Paylater

Kalian ingin membeli suatu barang, sangat dibutuhkan dalam waktu yang singkat, namun belum memiliki uang untuk mendapatkan barang tersebut? Kini bisa pakai Shopee Paylater dan bisa melunasinya dengan cara melunasi Shopee Paylater di bawah ini!

Teknologi zaman kini semakin maju dan semakin memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan, termasuk kebutuhan transaksi. Fasilitas membeli barang sekarang namun membayar di kemudian hari dapat diperoleh melalui fitur Paylater.

Read More

Kelebihan Paylater

PayLater merupakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan fitur jasa cicilan pembayaran suatu barang atau jasa dalam tempo yang telah ditentukan. Kelebihan menggunakan Paylater diantaranya adalah;

  • Praktis dan mudah digunakan. Kalian dapat memilih barang dan dibayar nanti. Jadi, tidak perlu bolak balik melakukan transfer uang jika dapat melakukannya dalam satu kali tempo.

  • Prosesnya cepat. Hanya dengan mendaftar dan verifikasi identitas melalui handphone. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

  • Pengganti pembayaran sementara. Apabila belum memiliki dana yang cukup untuk membayar barang yang perlu dibeli, dapat di simpan untuk melakukan pembayaran di bulan berikutnya atau cicilan sekalipun.

  • Tidak perlu membawa uang cash. Karena Paylater merupakan pengganti uang, jika berbelanja dalam jumlah besar maka dapat dijadikan opsi pembayaran.

  • Bisa digunakan berbagai kalangan, hanya bersyarat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Banyak promo menarik. Paylater sering memberikan promo dalam berbelanja, mulai dari diskon hingga kenaikan limit pinjaman.

Shopee Paylater dan Syarat Menggunakannya

Fitur Paylater ini pula terdapat dalam aplikasi penyedia jasa online shop Shopee yaitu Shopee PayLater. Shopee PayLater merupakan fitur pinjaman dari Shopee yang menyediakan jasa pembayaran dengan bentuk cicilan bertahap.

Kalian bisa menyicil angsuran mulai dari 3, 6, dan 12 kali cicilan per 12 bulan dengan sanksi dikenai denda apabila terlambat membayar cicilan. Limit yang diberikan Shopee cukup besar yaitu hingga mencapai 15.000.000 dengan persyaratan tertentu bagi pengguna terpilih.

Shopee PayLater terbukti aman karena telah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dibawah naungan PT Commerce Finance dan pihak-pihak yang bekerja sama dengan PT Commerce Finance. Jadi, pengoperasian Shopee PayLater dan mengaktifkan pinjaman melalui Shopee PayLater hukumnya legal.

Untuk dapat menggunakan layanan Shopee PayLater, pastikan kalian telah memenuhi beberapa syarat berikut ini, yaitu;

  • Memiliki akun Shopee yang telah terverifikasi

  • Akun Shopee telah berusia 3 bulan

  • Akun Shopee aktif digunakan bertransaksi

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah

1. Mengaktifkan Fitur Shopee Paylater

Setelah yakin telah memenuhi persyaratan di atas, berikut cara untuk mengaktifkan fitur layanan Shopee PayLater, ikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Buka Aplikasi Shopee

  2. Pilih tab akun pada halaman utama aplikasi Shopee

  3. Temukan menu ‘SPayLater’

  4. Klik ‘Aktifkan Sekarang’

  5. Masukkan Kode Verifikasi (OTP)

  6. Tekan ‘Lanjut’

  7. Kemudian akan muncul formulir pendafataran untuk diisi dengan identitas pribadi

  8. Upload foto KTP, pastikan tulisan dapat terbaca jelas

  9. Upload foto sedang membawa KTP, pastikan wajah terlihat dengan jelas. Kalian bisa berfoto selfi

  10. Isi kolom nama dan NIK sesuai yang tertera pada KTP

  11. Klik ‘Konfirmasi’

  12. Kalian bisa memasukkan informasi tambahan yang bersifat opsional

  13. Klik ‘Konfirmasi’

  14. Lalu akan muncul verifikasi wajah dengan scan kamera

  15. Arahkan wajah kalian ke bingkai kamera. Untuk memudahkan scan, bawa kamera di tempat yang terang.

2. Proses Verifikasi Wajah Untuk Aktivasi Paylater Shopee

Jika suatu waktu mengalami kendala dalam proses verifikasi wajah, adanya koneksi error dan sistem tidak terdeteksi, mungkin terdapat beberapa kejanggalan yang terjadi terkait jaringan. Untuk mengatasinya, coba lakukan langkah-langkah di bawah ini;

  • Perbarui layanan aplikasi di Google Play (Google Play Service)

  • Coba kembali lakukan verifikasi wajah, ulang hingga bisa

  • Apabila masih belum terdeteksi, coba tunggu hingga sepuluh menit untuk mengistirahatkan handphone

  • Hapus cache di layar beranda handphone

  • Pastikan koneksi internet lancar. Apabila belum terkoneksi dengan baik, coba matikan data kemudian hidupkan kembali data pada handphone

  • Jika masih belum bisa terkoneksi, coba restart handphone kalian.

Pendaftaran Shopee PayLater hanya dapat menggunakan satu KTP untuk satu akun. Jadi, KTP atau identitas yang telah digunakan untuk mendaftar Shopee PayLater tidak dapat digunakan untuk mendaftar kembali.

Setelah melewati formulir pendafataran di atas, pengguna akan mendapatkan kode aktivasi dari email yang terdaftar untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Pengajuan aktivasi Shopee PayLater biasanya akan diperiksa maksimal dalam waktu 2×24 jam.

3. Bayar dengan Shopee Paylater

Setelah memiliki akun Shopee PayLater, kalian bisa berbelanja di Shopee dengan metode bayar nanti. Bagaimana cara mengoperasikan Shopee PayLater? Berikut cara-caranya;

  1. Pilih barang yang hendak di checkout

  2. Tekan Metode Pembayaran

  3. Pilih lagi SPayLater

  4. Tentukan jangka cicilan yang dikehendaki

  5. Tekan Konfirmasi

  6. Klik Buat Pesanan

  7. Masukkan PIN ShopeePay

Setelah membayar dengan Shopee PayLater, maka limit Shopee PayLater akan berkurang sesuai dengan pinjaman pembayaran yang digunakan. Selanjutnya, pihak Shopee akan memberi batasan waktu jatuh tempo cicilan. Jatuh tempo tersedia yaitu pada tanggal 5 dan 25 pada setiap bulannya. Apabila telat membayar cicilan, maka pengguna akan dikenai denda.

Cara Melunasi Shopee Paylater

Cara Melunasi Shopee Paylater
Panduan Melunasi Shopee Paylater

Metode 1 : Membayar Cicilan Tagihan Shopee Paylater

Berikut adalah cara membayar cicilan tagihan Shopee PayLater;

  1. Buka aplikasi Shopee

  2. Pilih menu akun di pojok kanan atas

  3. Cari menu SpayLater, klik untuk membuka

  4. Klik Bayar Sekarang

  5. Selanjutnya cek menu Tagihan Bulan Ini

  6. Klik Bayar Sekarang

  7. Masukkan angka tagihan yang ingin dibayar

  8. Pilih Metode Pembayaran, sesuaikan cara pembayaran yang diinginkan, bisa melalui ShopeePay, Transfer Bank, atau Indomaret

  9. Pilih Konfirmasi pada metode pembayaran

  10. Kemudian klik Bayar Sekarang

  11. Tunggu hingga muncul verifikasi pembayaran selesai

Jika pembayaran tagihan telah dilakukan, maka akan diverifikasi dalam waktu maksimal 1×24 jam dan limit Shopee PayLater akan berkurang sesuai tagihan yang dibayar. Tagihan akan terus berjalan sesuai waktu cicilan yang dipilih. Jika pembayaran awal menghendaki 3 bulan cicilan, maka sesuai kesepakatan cicilan akan tetap berlanjut selama 3 bulan.

Kalian juga bisa membayar tagihan Shopee Paylater sampai lunas. Simak cara melunasi Shopee Paylater di bawah ini!

Metode 2 : Melunasi Tagihan Shopee Paylater

Apakah tagihan Shopee PayLater dapat diperpendek tempo cicilannya? Jawabannya bisa, tapi hanya bisa dilakukan dengan membayar tagihan 2 bulan sekaligus.

Hal ini dapat memperkecil bunga cicilan Shopee PayLater. Cara ini dapat dilakukan apabila telah membayar tagihan ini. Kemudian simak langkah cara melunasi tagihan Shopee Paylater yang dapat dilakukan adalah seperti di bawah ini;

  1. Buka Aplikasi Shopee

  2. Klik menu akun saya

  3. Pilih SPayLater

  4. Klik pada menu Tagihan Saya

  5. Pilih Total Tagihan Bulan Depan

  6. Maka akan muncul total tagihan dan tanggal jatuh tempo

  7. Selanjutnya klik pada Bayar Lebih Dulu

  8. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, bisa melalui ShopeePay, Transfer Bank, atau Indomaret

  9. Klik Konfirmasi metode Pembayaran

  10. Klik Bayar Sekarang

  11. Pembayaran cicilan untuk bulan depan telah selesai

Nah, itulah informasi tentang Shopee PayLater dan cara melunasi Shopee PayLater setiap bulannya. Shopee PayLater tergolong pinjaman online dengan bunga yang rendah. Kenyamanan dan keamanan memakai Shopee PayLater sangat memudahkan bagi kalian yang ingin memenuhi daftar belanja namun belum memungkinkan untuk segera membayar dan butuh waktu untuk menunda pembayaran.

Pada dasarnya PayLater memudahkan untuk berbelanja karena dapat menunda pembayaran. Akan tetapi resiko yang ditanggung adalah pemberian bunga untuk pembayaran dalam jangka tempo yang ditentukan. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan PayLater maupun kredit online. Segera lakukan pelunasan dengan cara melunasi Shopee Paylater di atas!

Related posts