Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Bagaimana sih cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia? Untuk memaksimalkan fitur hiburan saat berada di dalam mobil, tentu saja Kamu harus menyambungkan bluetooth. Bagi pengguna Xenia sendiri, ada cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia dengan mudah. Sehingga Kamu bisa menikmati media hiburan saat berada di dalam mobil.

Daihatsu Xenia atau yang lebih dikenal dengan nama Xenia adalah jenis mobil MPV yang dirancang sekaligus merupakan produk buatan PT Astra Daihatsu Motor yang bekerja sama dengan Toyota – Astra Motor.

Bagi kamu yang belum tahu, ternyata Xenia dan Avanza adalah besutan dari pabrik yang sama namun yang mendistribusikannya berbeda perusahaan. Untuk Daihatsu Xenia di pasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Xenia dikeluarkan oleh Toyota – Astra Motor.

Sejak dirilis pertama kali tahun 2004 silam, sudah ada 3 generasi Daihatsu Xenia. Tentu saja perbedaan yang paling mencolok yang bisa Kamu lihat adalah dari tampilan luarnya beserta fitur-fitur pendukung di dalamnya.

Sedikit informasi saja, ternyata penjualan Xenia temasuk penjualan yang sukses, tercatat setiap tahun tak kurang dari 30 ribu unit terjual. Bahkan pada tahun 2012 sendiri Xenia berhasil mencapai penjualan hingga sebanyak 73 ribu unit. Tentu dengan keberhasilan tersebut akan terus mendorong bagi produsen untuk terus berkarya dengan model – model terbarunya.

Fitur – fitur Umum Pada Mobil Xenia

Sebelum kita membahas cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan fitur-fitur yang ada dalam mobil Xenia. Kita tahu bahwa pabrikan otomotif, dewasa ini sedang berlomba menghadirkan inovasi terbaru lewat fitur-fitur terkini yang disematkan ke dalam mobil keluaran terbaru mereka. Hal ini tentu saja demi menggaet konsumen pencinta otomotif itu sendiri.

Terkait:  Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam

Sebenarnya fitur yang disematkan pada mobi sangatlah banyak, ada yang dikhususkan untuk entertainment seperti mendengarkan musik, menonton film, atau menonton tv pada mobil. Ada juga fitur kendaraan yang dikhususkan untuk keselamatan seperti safety belt, Anti – Lock Braking System (ABS), dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya akan di paparkan beberapa fitur pada mobil apabila dilihat dari fungsinya untuk keselamatan pengemudi dan penumpang :

1. Sabuk Pengaman

Ternyata sabuk pengaman adalah fitur yang di khususkan untuk keamanan pengemudi dan penumpang, agar lebih aman ketika berkendara dan melakukan perjalanan jarak jauh. Bagi mobil yang harganya terjangkau, biasanya sabuk pengaman sendiri hanya tersedia tepat di kursi bagian depan saja, yakni supir bersama penumpang di bagian depan. Sementara kursi belakang tak disematkan fitur ini. Lain halnya dengan mobil-mobil mewah yang sudah disematkan safety belt di semua kursi.

2. Air Bag

Fitur Air Bag sendiri biasanya hanya ditemukan pada mobil-mobil yang harganya lumayan fantastis. Meskipun demikian, akan terbayarkan dengan sistem keamanan yang lebih mumpuni.

3. Anti – Lock Braking System (ABS)

Anti – Lock Braking System (ABS) merupakan teknologi hasil dari adopsi pesawat terbang dimana jika terjadi pengereman secara mendadak tidak akan ada penguncian roda. Hal ini tentunya membuat kendaraanmu lebih aman bahkan terhindar dari kecelakaan fatal. Salah satu kelebihan dari ABS ini yaitu bisa melakukan pengereman lebih cepat dibandingkan sistem pengereman biasa. Tentu saja ini sangat membantumu ketika sedang berada di jalan tol yang memerlukan pengereman sempurna secara tiba-tiba.

4. Traction Control

Ini adalah fitur lanjutan dari pengereman yaitu untuk menghindari hilangnya traksi. Fitur traction control akan aktif apabila kondisi permukaan jalan tidak sama rata. Memang tidak bisa dipungkiri unuk mobil – mobil yang memiliki fitur sederhana tidak akan memiliki fitur ini karena traction control adalah fitur untuk mobil kelas atas.

Terkait:  Cara Mengendarai Mobil Matic

Fitur-Fitur Entertainment dari Xenia

Selain fitur untuk keselamatan penumpang, ada fitur untuk entertainment yang berfungsi sebagai media hiburan saat berkendara. Adapun fitur – fitur tersebut yaitu :

1. Head Unit

Fitur ini adalah fitur hiburan yang paling umum dan sederhana karena hanya bisa mendengarkan lagu dan radio saja. Komponen yang terdapat pada head unit biasanya sebagai radio receiver atau tuner dengan jaringan AM maupun FM band. Selanjutnya ada amplifier berskala kecil yang berguna sebagai fasilitas pemberi sinyal pada head unit untuk diteruskan menuju speaker mobil .

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu melalui colokan USB. Akan tetapi harus menggunakan alat tambahan yaitu menggunakan Flash Disk yang didalamnya sudah di isi lagu – lagu kesukaanmu.

Satu lagi dari head unit yaitu kamu bisa mendengarkan lagu dari CD, jika kamu mencoba memasukkan piringan DVD ke head unit tidak akan bisa karena memang diperuntukkan untuk CD saja.

2. HU Layar sentuh

HU layar sentuh sekarang sudah tersedia pada mobil – mobil LCGC (Low Cost Green Car) seperti pada Brio, Agya, Ayla dan Karimun. Akan tetapi ketersediaan layar sentuh hanya bisa di dapat pada mobil LCGC varian tertinggi.

Denga layar sentuh, selain kamu bisa mendengarkan radio AM/FM band, mendengarkan lagu dari flashdisk dan CD, kamu juga bisa menonton video musik atau film kesukaan melalui DVD.

Fitur lainnya yang bisa kamu nikmati adalah bisa menyambungkan HP android maupun Iphone dengan menggunakan bluetooth sehingga kamu bisa mengoperasikannya melalui HP. Adapun cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia, bisa Kamu cek metodenya di bawah ini!

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia
Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Mobil Xenia sebenarnya termasuk ke dalam mobil LCGC, sehingga untuk fitur bluetooth sendiri dapat Kamu peroleh pada mobil varian medium atau sedang. Bagi kamu yang merasa kebingunan menyambungkan bluetooth, berikut langkah-langkah cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia, diantaranya :

Terkait:  Cara Gambar Mobil Polisi

1. Pastikan Kondisi Audio Menyala

Bagi kamu yang ingin menghubungkan bluetooth dengan tujuan agar dapat menikmati lagu atau media hiburan lainnya dari HP yang dieruskan ke audio mobil, Kamu bisa mencoba langkah awal ini. Adapun caranya dengan memastikan terlebih dahulu audio mobil agar menyala. Setelah itu pastikan mode bluetooth pada mobil sudah aktif, dengan begitu kamu cukup menghidupkan bluetooth di perangkat hpmu saja.

2. Aktifkan Bluetooth HP

Langkah cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia selanjutnya ialah mengaktifkan bluetooth hp. Jika sudah memastikan audio sudah dinyalakan dan bluetooth pada mobil sudah di aktifkan, langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan bluetooth di perangkat ponselmu. Caranya cukup usap layar utama HP kamu dari atas ke bawah, selanjutnya akan muncul menu yang di dalamnya terdapat layanan bluetooth. Aktifkan bluetooth pada HP dengan cara klik satu kali pada icon bluetooth.

3. Putar Lagu Pada Hp

Setelah bluetooth di perangkat hp maupun mobil telah terkoneksi dengan benar, selanjutnya adalah mencoba untuk memainkan lagu pada HP kamu. Caranya dengan masuk ke galeri musik lalu coba untuk memainkan satu buah lagu. Adapun tanda bahwa bluetooth telah terkoneksi dengan baik adalah suara lagu yang diputar di hp sudah terdengar jelas di audio mobil.

4. Pengaturan Equalizer

Agar lagu yang kamu mainkan lebih jernih dan enak didengar, tidak ada salahnya mengatur equalizer. Pengaturannya bisa dilakukan pada mobil dan bisa juga dilakukan pada HP. Atur sedemikian rupa hingga suara yang keluar sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, itulah 4 tahapan cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia dengan benar. Metode ini sangat efektif jika Kamu ingin mendengarkan musik atau lagu-lagu favoritmu saat berada di perjalanan. Sehingga perjalananmu menjadi lebih menyenangkan dan berkesan. Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tutorial Lainnya:

Related posts