Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil (4 Metode) Mudah Pol!

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil
Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Door lock adalah fitur terpenting yang dimanfaatkan untuk keselamatan saat berkendara. Akan tetapi, terkadangĀ door lock pada mobil mengalami masalah. Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab kenapaĀ door lock mobil rusak. Kamu juga harus tahu bagaimana cara memperbaiki door lock pintu mobil.

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil
Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Door lock adalah sebuah fitur keamanan dan keselamatan mekanis pada kendaraan roda empat atau mobil. Biasanya sistem pengaman tersebut bisa kamu operasikan dengan cara otomatis dan manual. Pada sistem manual, amu bisa menekan tuas di tiap-tiap pintu ketika hendak mengunci mobil. Sedangkan ketika membuka kunci pada pintu mobil, kamu bisa menarik bagian tuas pembuka pada pintu.

KetikaĀ door lockĀ pintu mobil mengalami masalah, ada beberapa metode untuk memperbaiki door lockĀ berikut ini :

1. Cara MemperbaikiĀ Door Lock Pintu Mobil dengan Cek Kawat Penghubung

Untuk mengatasi masalahĀ door lock pintu mobil, pertama kamu harus mengecek kawat penghubung. Bisa jadi,Ā door lock pada pintu mobil mengalami karusakan akibat putusnya kawat penghubung atau kabel. Selain itu, pastikan pula untuk mengeceknya dengan cermat dan ganti kawat kendaraan roda empat dengan yang baru.

Kamu bisa menggantinya sendiri dengan cara membeli jenis kawat yang sama. Namun ada baiknya mendatangi bengkel resmi secara langsung. Namun jika kawat penghubung tersebut terpotong sedikit pada ujungnya, kamu bisa merenggangkannya. Sebelum akhirnya dipasang lagi memakai bantuan baut.

2. Cara MemperbaikiĀ Door Lock Pintu Mobil dengan Cek Sekring

Kamu juga bisa mengecek sekringnya. Untuk memeriksanya, diperlukan alat seperti multimeter untuk mengukur tegangan listrik. Jika ingin mengecek bagianĀ door lock, apakah bekerja dengan baik bisa dilihat dari adanya aliran tegangan listrik di dalamnya.

Terkait:  Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Kondisi sekring tidak baik, biasanya ditandai oleh adanya kerusakan aliran. Meskipun kamu dapat mengatasinya sendiri, namun terkadang cukup merepotkan. Oleh karena itu, sebaiknya hubungi ahlinya secara langsung supaya hasilnya lebih maksimal.

3. Mengecek Modul

Metode selanjutnya adalah dengan mengecek bagian modul. Hal tersebut adalah bagian terpenting sebagai penunjang pengoperasian pada door lock. Biasanya berfungsi untuk mengontrol proses penguncian dan pembukaan pintu secara otomatis.

Apabila terjadi kerusakan pada modul, dapat dipastikan kinerjanya menjadi kurang maksimal. Namun jika remote mobil masih dapat dipakai, ini mengindikasikan masih adanya aliran listrik. Dengan demikian, dapat dipastikan kondisi ini bukan diebabkan oleh modul yang rusak atau bermasalah.

4. Mengecek Suku Cadang

Setelah itu, kamu bisa mengecek suku cadang pada bagian penggerak. Mengingat fungsi dari fitur ini untuk menarik bagian kunci pintu dengan otomatis. Ketika dioperasikan untuk mengunci, maka muncullah magnet, pastinya jika komponen tersebut mengalami kerusakan bisa menyebabkan pintu tidak dapat dikunci.

Jika hal ini terjadi, bisa saja kamu mengalami hal-hal tertentu yang tidak diinginkan ketika berkendara. Dengan begitu, apapun mobilnya kamu harus memeriksa kondisi mobil dengan berkala, hingga mengecek suku cadangnya. Silakan datangi bengkel resminya secara langsung.

Sebelum kamu mengikuti panduan di atas, tentu saja harus tahu faktor penyebabĀ door lock pintu mobil mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang membuatĀ door lock rusak, antara lain membuka pintu mobil yang terkunci secara paksa, menutup pintu dengan terlalu keras, danĀ door lock yang jarang dibersihkan serta dilumasi.

Jika sudah tahu, selanjutnya kamu bisa mengikuti beberapa panduan cara memperbaikiĀ door lock pintu mobil dengan langkah-langkah di atas!

Kamu Pasti Belum Tahu:

Terkait:  Cara Cek Pajak Motor

Related posts