Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

  • Whatsapp

Bagaimana cara bayar pajak mobil online Jakarta? Apakah prosedur pembayaran pajak mobil di Jakarta, berbeda dengan di wilayah lain? Apa saja yang harus dilakukan pada saat membayar pajak mobil secara online?

Sebelumnya, kami telah menuliskan informasi seputar cara bayar pajak bumi dan bangunan, yang mana artikel tersebut kami sajikan dengan beragam cara yang bisa dicoba. Dan pada kesempatan kali ini, kita kembali membahas perihal pajak.

Read More

Oh iya, di artikel sebelumnya juga, kita sudah membahas tentang apa itu pajak? Dan mengapa warga Indonesia harus membayar pajak? Nah, pertanyaan ini sebenarnya cukup classic, namun menarik untuk dijawab.

Pajak Kendaraan ataupun Pajak Bumi dan Bangunan sendiri merupakan salah satu cara yang dilakukan pemerintah, untuk membangun sektor sektor transportasi dan bangunan yang ada di Indonesia. Berbeda dengan pajak bumi dan bangunan, pajak mobil lebih diarahkan untuk pengguna jalan. Dan pajak yang dibayarkan secara rutin tiap tahun, digunakan sebagai pembangunan fasilias dan moda transportasi di Indonesia.

Nah, perbedaan lain dari Pajak Bumi dan Bangunan adalah, pelaku bayar pajak mobil hanya perlu menyiapkan berkas seperti STNK Kendaraan, KTP, serta BPKB. Sedangkan untuk PBB, mereka harus menyertakan Nomor Objek Pajak.

Gak cuma itu aja, Pajak Mobil sendiri terbagi menjadi 2, yang pertama adalah pajak tahunan yang mana akan merubah masa berlaku yang ada didalam STNK, dan kemudian ada Pajak Kaleng, yang mana mengharuskan pengguna untuk mengganti kaleng plat mobil mereka.

Apabila pengguna kendaraan baik motor ataupun mobil tidak melakukan pembayaran pajak tahunan dan per 5 tahun, maka bisa saja ketika kalian terjaring razia atau operasi Zebra, maka kalian akan terkena sanksi tilang, karena kendaraan yang kalian gunakan sudah tidak berlaku masa aktifnya.

Terkait:  Cara Bayar Pajak Motor Online

Oleh sebab itu, melakukan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermobil, menjadi sebuah bukti bahwa kita perduli pajak, dan juga menjadi pelaku wajib pajak yang baik, terlebih dalam sektor transportasi.

Namun sayangnya, masih saja ada pengguna kendaraan bermotor ataupun mobil, yang belum mengetahui cara bayar pajak mobil online Jakarta. Padahal, dengan menggunakan cara online ini, para pemilik kendaraan tak perlu mengantri, untuk melakukan pembayaran pajak.

Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Cara Bayar Pajak Mobil Online Jakarta
Bayar Pajak Mobil Online Jakarta

Nah, adapun cara untuk membayar pajak mobil online khususnya untuk wilayah jakarta, adalah sebagai berikut.

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Jakarta lewat e-Samsat

Berkembangnya teknolog dan infomasi, membuat siapapun mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran. Mulai dari berbelanja online, memesan transportasi, memesan makanan, atau bahkan melakukan pengiriman barang. Dengan kemudahan inilah, akhirnya segala sektor kebutuhan masyarakat, juga mulai memperbarui layanan mereka dari konvensional, menjadi online.

Salah satunya adalah layanan e-Samsat. Jika sebelumnya untuk melakukan pembayaran Pajak kendaraan kita harus menuju ke kantor samsat terdekat, kali ini kita bisa melakukan pendaftaran ataupun pembayaran pajak mobil, melalui e-Samsat atau Samsat Online.

Adapun cara yang bisa dilakukan ialah

  • Siapkan perangkat smartphone, komputer, ataupun laptop (salah satu) dan pastikan kalian terhubung dengan koneksi internet yang stabil
  • Kemudian, buka browser yang ada di perangkat kalian, lalu kunjungi situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Setelah itu, isi semua data yang diperlukan, seperti
    • Nopol B (nomor Plat yang dikonversikan) {Huruf}
      (maksud dikonversikan disini adalah, jika plat dimulai dengan awalan B, maka pada mesin ATM kalian bisa menggunakan konversi seperti ini : A=1, B=2, C=3, dst)
    • NIK (nomor induk KTP sesuai yang terdaftar di STNK)
    • Contoh :
    • B 2135 STB (dikonversikan menjadi 2213519202)
    • 1234515151324578
  • Setelah itu, ceklis pada caphta yang tersedia, lalu klik tombol Proses
  • Ikuti semua instruksi yang diberikan, lalu pilih metode pembayaran berupa Bayar lewat ATM
  • Setelah itu, kalian bisa menuju ke ATM terdekat, dan melakukan pembayaran, sesuai instruksi yang tertulis di Struk tadi.
Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Nah ketika kalian mendapatkan struk dalam bentuk soft copy / display di smartphone, komputer atau laptop, kalian bisa menyimpan gambar tersebut, ataupun melakukan screenshoot untuk kemudian melakukan pembayaran via ATM. Atau, kalian juga bisa kok menggunakan layanan Internet Banking ataupun Mobile Banking.

Pastikan kalian menyimpan struk atau bukti dari pembayaran pajak mobil yang sudah dilakukan. Sebab, dalam struk tersebut akan terdapat referensi untuk kalian mengunjungi Samsat terdekat, dan menukarkan atau menunjukkan bukti pembayaran tadi, dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Dan jangan lupa juga untuk membawa STNK fisik yang mungkin sudah tidak lagi berlaku, agar kemudian bisa diperbaharui dengan penambahan masa aktif satu tahun kedepan.

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Jakarta lewat ATM

Selanjutnya pada cara kedua, kalian juga bisa  melakukan pembayaran pajak kendaraan seperti Mobil, melalui ATM. Biasanya, kita mengetahui Mesin ATM hanya berguna untuk melakukan penarikan uang, atau bahkan Transfer. Tapi siapa sangka? Bahwa dengan melalui mesin ATM, kalian juga bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Caranya juga gampang kok.

  • Kunjungi ATM sesuai dengan Bank yang kalian Gunakan
  • Masukkan kartu ATM tadi, dan juga 6 Digit PIN ATM yang kalian gunakan.
  • Setelah itu, kalian bisa memilih menu Bayar, dan kemudian memilih Menu Lainnya
  • Kemudian, cari menu Pajak / Penerimaan Negara, setelah itu pilih menu e-Samsat
  • Jika sudah, maka kalian akan diminta untuk memasukkan Nomor Polisi kendaraan kalian, dan silahkan ikuti Instruksi yang tertera pada mesin ATM, untuk menyelesaikan pembayaran.

Setelah pembayaran selesa, maka akan ada struk yang keluar dari mesin ATM tersebut. Nah, simpan struk tadi sebagai bukti bahwa kalian sudah melakukan perpanjangan pajak, ataupun pembayaran pajak. Jangan sampai Struk tersebut hilang. Sebab struk tersebut nantinya harus dibawa ke Kantor Samsat, untuk memperbaharui STNK fisik kalian.

Terkait:  Cara Bayar Tagihan Shopee Paylater

SANGAT PENTING UNTUK DICATAT!

Maksud dari pembayaran pajak disini adalah, kalian bisa melakukan pembayaran pajak secara online tanpa harus mengantri, dan mengunjungi kantor samsat yang terdapat di sekitar lokasi kalian. Untuk langkah selanjutnya atau pembaruan fisik dari STNK yang kalian miliki, maka kalian tetap harus ke kantor samsat, untuk kemudian masa berlaku STNK kalian diperbarui.

Jika mungkin pada saat ingin menuju samsat kalian terkena tilang karena pemeriksaan STNK dalam kondisi tidak aktif, maka kalian bisa menujukkan bukti pembayaran tadi, sebagai bukti bahwa kalian sudah melakukan pembayaran pajak.

Sebab, apabila kalian hanya melakukan pembayaran pajak secara online dan hanya menunjukkan bukti pembayaran tanpa memperbarui fisik / masa berlaku STNK kalian, maka tetap saja polis berhak memberikan sanksi Tilang. Kecuali, kalian terkena pemeriksaan dihari yang sama, persis setelah kalian melakukan pembayaran.

Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan STNK baru, yang mana masa berlakunya sudah diperbarui, dan tidak lagi khawatir menjadi korban tilang ketika ada pemeriksaan.

Nah, itulah tadi beberapa cara bayar pajak mobil online Jakarta yang bisa kamu terapkan, silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga artikel ini bisa membantu kamu. Semoga bermanfaat.

Related posts