Cara Ambil Barang Lewat Gojek

Bagaimana cara ambil barang lewat Gojek? Seperti apa prosedur untuk mengambil barang lewat Gojek? Apakah ada biaya tambahan ketika ingin mengambil barang lewat Gojek?

Buat kalian yang sering kali melakukan belanja online, menerima paket adalah hal yang sangat menyenangkan terlebih jika barang tersebut adalah barang yang memang sudah kita inginkan sejak lama. Tentunya ada banyak sekali jasa ekspedisi yang digunakan oleh para reseller atau seller dari toko online itu sendiri.

Hal inilah yang membuat kita mendapatkan banyak sekali kemudahan ketika melakukan belanja online, jika sebelumnya kita harus mendatangi toko tersebut untuk melakukan pembelian barang, maka saat ini kita hanya perlu duduk manis, dan menunggu paket datang setelah kita melakukan pembayaran.

Sama seperti kemudahan yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari, di mana kita tahu saat ini kita bisa dengan mudahnya melakukan pemesanan pada transportasi online, memesan makanan secara online, atau bahkan membeli kebutuhan rumah tangga secara online.

Salah satu jasa yang paling banyak digunakan adalah Gojek. Jika sebelumnya kita hanya mengetahui Gojek digunakan sebagai sarana transportasi online dalam bentuk motor atau bahkan mobil, saat ini kita juga sudah bisa melakukan aktivitas lain dengan menggunakan aplikasi Gojek saja. Seperti membeli makanan, memesan jasa pijat, sampai melakukan pengiriman barang.

Tentunya untuk waktu estimasi pengantaran, jauh lebih cepat dari pada jasa ekspedisi lainnya. Sebab Gojek memiliki fitur yang bernama go-send, untuk memudahkan para penjual yang ingin mengantar barang ke lokasi pembeli. Tak cuma untuk urusan toko online saja, untuk melakukan pengiriman barang antar personal, gossen juga sangat bisa diandalkan.

Itulah mengapa saat ini banyak sekali para orang yang menggunakan jasa go-send dari Gojek. Selain karena kecepatan waktu pengantaran, metode pembayaran yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari menggunakan pembayaran secara tunai, atau bahkan menggunakan go-pay, yang kadangkala memberikan diskon bagi kalian yang sering menggunakan aplikasi Gojek.

Untuk itu tentunya kita bisa melakukan pendaftaran pada aplikasi Gojek khusus customer, untuk menikmati beragam layanan fitur yang ada di dalamnya. Dan untuk proses pendaftarannya sendiri pun tidaklah sulit, kalian hanya perlu melakukan login menggunakan nomor telepon, atau bahkan menggunakan sosial media lain seperti Facebook. Dan setelah melakukan pendaftaran kalian sudah bisa menggunakan layanan yang ada di Gojek.

Pastikan kalian mengisi data diri sesuai yang kalian punya, hal ini untuk mempermudah kalian apabila ingin mengirim barang ataupun menerima barang dari aplikasi Gojek. Walaupun begitu, kadangkala masih raja ada pengguna yang kebingungan tentang bagaimana cara mengambil barang lewat Gojek.

Sistem dari Gojek atau go-send sendiri adalah driver akan mendatangi lokasi kalian untuk melakukan pengambilan barang, sebelum akhirnya mengantarkan ke alamat yang tertera.

Oleh karena itu, jika Mungkin kalian mengalami kesulitan, kalian bisa menyimak artikel berikut ini, cara ambil barang lewat Gojek. Salah satunya adalah:

Cara Ambil Barang Lewat Gojek

Cara Ambil Barang Lewat Gojek
Ambil Barang Lewat Gojek

Cara Ambil Barang Lewat Aplikasi Gojek

Ketika kalian ingin melakukan pengiriman barang, tentunya kalian harus menentukan lokasi pengambilan atau pick up dari barang yang akan dikirim. Untuk itu kalian bisa menggunakan cara berikut ini

  • Login ke dalam aplikasi Gojek customer yang kalian miliki
  • Pilih pada menu go send
  • Lalu akan muncul sebuah pilihan lagi, yakni dalam kota dan juga luar kota. Jika dirasa pengiriman mau masih dalam satu kota yang sama, pilih saja dalam kota
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai lokasi kalian terdeteksi dengan baik.
  • Selanjutnya kalian akan melihat sebuah pertanyaan yakni “mau kirim paket ke mana?”
  • Lalu isikan alamat penerima secara lengkap, dan jika mungkin alamat penerima memiliki nomor khusus atau tidak terdeteksi pada lokasi Google Maps, kalian bisa menambahkan catatan di bawah nama alamat.
  • Setelah itu masukkan nama penerima dan juga nomor telepon penerima untuk mempermudah driver dalam menghubungi penerima.
  • Selanjutnya setelah data penerima diisi klik pada tombol lanjut
  • Lalu kalian akan diminta untuk mengisikan detail pengambilan paket. Isi semua data yang dibutuhkan sesuai dengan alamat kalian, nama pengirim, dan juga nomor telepon pengirim.
  • Terakhir, jika semua data penerima dan data pengirim sudah lengkap, kalian bisa langsung mengklik tombol lanjut kembali, untuk melihat detail pengiriman yang berupa ongkos kirim.

Tunggu beberapa saat untuk Gojek melakukan pencarian driver terdekat dari lokasi pengirim barang. Jika mungkin ada informasi atau detail tambahan yang ingin disampaikan, kalian bisa berkomunikasi dengan driver baik melalui fitur chat dari Gojek, ataupun ketika driver sudah sampai ke lokasi pengambilan barang.

Jika driver sudah berangkat, kalian bisa melacak lokasi atau memantau lokasi di mana driver berada. Ini juga berguna untuk kalian mengetahui estimasi barang yang dikirim kapan sampai.

Cara Ambil Barang Lewat Gojek Melalui Toko Online

Selanjutnya adalah kalian bisa mengambil barang dari Gojek, melalui toko online. Cara ini terbilang sangat mudah terlebih untuk kalian yang sering kali berbelanja online. Sebab kalian tidak memerlukan aplikasi Gojek, namun hanya perlu mengatur jasa ekspedisi yang digunakan.

  • Pilih barang yang akan dibeli di toko online
  • Tambahkan barang tersebut ke dalam troli atau lakukan check-out secara langsung.
  • Kemudian kalian bisa melihat lagi, tinjauan tentang harga dari barang yang akan kalian beli.
  • Setelah itu pilih ekspedisi pengiriman yang akan kalian gunakan.
  • Ganti jasa pengiriman dengan opsi Gojek, baik itu same day atau bahkan instan
  • Pilih durasi waktu pengiriman yang akan kalian gunakan
  • Setelah itu isikan alamat lengkap kalian beserta catatan jika mungkin alamat kalian sulit untuk ditemukan, jangan lupa untuk memberikan nomor telepon dan nama penerima, untuk mempermudah driver dalam mengantar barang.
  • Lakukan pembayaran sejumlah harga barang dan juga ongkos kirim.
  • Terakhir kalian tinggal menunggu paket kalian sampai. Atau juga kalian bisa melacak, posisi driver dengan menggunakan live tracking.

Dengan menggunakan cara ini, seller atau penjual di toko online akan menuliskan alamat pengambilan barang, dan juga pengiriman barang.

Oleh sebab itu, pastikan kalian menulis alamat secara lengkap. Dan untuk opsi same Day dan juga instan, tentunya memiliki durasi pengiriman yang berbeda.

Cara Ambil Barang Lewat Gojek di Lokasi yang Berbeda

Cara terakhir yang bisa kalian gunakan adalah dengan menghubungi driver yang mengantar paket kalian. Jika kalian adalah penerima yang sedang tidak berada di rumah, kalian bisa menghubungi driver melalui nomor telepon driver Gojek itu sendiri.

Kalian bisa menghubungi driver melalui panggilan WhatsApp, atau bahkan livechat dari Gojek, dan panggilan telepon.

Katakan bahwa Kalian sedang tidak berada di rumah dan menginginkan paket tersebut diantar ke lokasi yang berbeda dengan titik Penerimaan. Lakukan diskusi dan juga negoisasi untuk perubahan biaya atau ongkos kirim, apabila lokasi yang berbeda, lebih jauh dari lokasi awal.

Dengan begitu kalian bisa menerima paket dari Gojek secara langsung baik di lokasi yang kalian tulis pertama kali, atau bahkan di lokasi yang berbeda.

Cara ini juga bisa berguna untuk para pengirim barang, yang menggunakan jasa ekspedisi dari Gojek. Biasanya para penjual akan menuliskan titik pengambilan barang, di tempat yang berbeda.

Pastikan juga kalian sudah melakukan aktivasi akun Gojek, dan juga memverifikasi data pribadi kalian. Hal ini bertujuan untuk menghindari order fiktif, yang kerap kali dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu kelengkapan data dan juga alamat, bisa mempermudah driver dalam melakukan pengambilan barang, dan juga pengiriman barang.

Demikianlah tadi beberapa cara ambil barang lewat Gojek, yang bisa kalian lakukan. Untuk menghindari error atau kesalahan pada saat menggunakan aplikasi Gojek, pastikan kalian menghidupkan GPS dengan lokasi yang akurat, dan juga memiliki sinyal yang stabil, serta tidak berada di dalam ruangan yang tertutup.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat!

Faiz Dawami
suka diajak ngopi