Cara Cek Pengiriman Barang

Gaya hidup berbelanja online memang sudah tak bisa ditingalkan oleh masyarakat Indonesia, mengingat kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkannya. Hal ini pulalah yang membuat penggiat bisnis online dan jasa ekspedisi semakin melesat di tanah air. Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh para penggila belanja online ialah cara cek pengiriman barang. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan/posisi barang yang sudah mereka pesan.

Jika Kamu termasuk salah satu pencinta belanja online, atau justru sebagai owner bisnis online, tentu saja harus tahu cara cek pengiriman barang dengan mudah. Kita tahu bahwa ada banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa Kamu gunakan untuk mengirimkan paket, sebut saja JNE, JNT, POS, TIKI, SiCepat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mengecek pengiriman barang dari setiap jasa ekspedisi tentu menawarkan metode yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu mana jasa ekspedisi yang Kamu pilih untuk keperluan pengiriman barang/paket.

Cara Cek Pengiriman Barang

Cara Cek Pengiriman Barang
Mengecek Pengiriman Barang

Mengecek Pengiriman Barang Via POS, JNT, JNE, dan Lainnya

Bagi yang gemar berbelanja online, sudah tentu memerlukan jasa pengiriman barang seperti POS, JNT, TIKI, SiCepat, JNE dan lainnya untuk mengirimkan paket atau produk yang dipesan.

Untuk memudahkan mengecek pengiriman barang, biasanya akan diberikan bukti pengiriman berupa nomor resi. Nah, resi tersebut itulah yang dapat dipakai untuk proses pelacakan.

Oke, langsung saja simak ulasan cara cek pengiriman barang berikut ini :

1. Cara Lacak Pengiriman Barang via SiCepat

SiCepat adalah salah satu perusahaan jasa ekspedisi baru yang sering bekerja sama dengan beberapa marketplace atau toko online terkemuka di Indonesia sekarang ini. Inilah yang membuat nama SiCepat sudah tak asing lagi, meskipun termasuk perusahaan baru dalam layanan pengiriman barang.

Untuk cara lacak pengiriman barang via SiCepat secara online sendiri, bisa dilakukan via laman siCepat maupun via aplikasi. Adapun panduan mengecek pengiriman barang melalui web siCepat ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka HP atau PC yang Kamu gunakan.
  • Selanjutnya buka web browser yang bisa dipakai.
  • Ketikkan di kolom pencarian untuk memasuki web resmi siCepat.com.
  • Inputkan nomor resi pengiriman lalu dapatkan informasi tentang pelacakan lokasi paket pesananmu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di ponselmu, berikut cara cek pengiriman barang menggunakan aplikasi Sicepat :

  • Silahkan unduh/download aplikasi Sicepat Ekspress di ponselmu.
  • Download via Google Play Store maupun App Store.
  • Setelah itu di laman utama, Kamu bisa cari menu cek resi Sicepat.
  • Tuliskan atau ketikkan nomor resi tersebut dan cek keberadaan paketmu.

2. Cara Lacak Pengiriman Barang via JNE

Jika Kamu memakai jasa pengiriman barang JNE,  Kamu dapat memakai beberapa pilihan cara untuk mengecek resi pengiriman. Cara cek pengiriman barang via JNE dapat dilakukan dengan memakai aplikasi JNE resmi atau website resmi JNE.

Untuk cara lacak pengiriman barang via JNE di website resminya, Kamu cukup memakai web browser dengan cara mengunjungi situs www.jne.co.id, dilanjutkan dengan memasukkan nomor bukti/resi pengiriman di menu atau kolom lacak pengiriman yang telah tersedia.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan layanan aplikasi untuk mengecek pengiriman barang via JNE. Caranya cukup dengan menguduh aplikasi JNE resmi di App Store atau di Play Store. Pada aplikasi ini, nantinya akan ditampilkan berbagai fitur menarik, diantaranya seperti cek ongkos kirim, cek resi dan layanan-layanan menarik lainnya dari JNE.

3. Cara Lacak Pengiriman Barang via TIKI

TIKI juga termasuk salah satu layanan ekspedisi yang sudah ada sejak dulu. Jasa ekspedisi ini menyediakan berbagai fasilitas, layaan dan fitur yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, Kamu dapat mengunjungi web resmi dari Tiki untuk mengecek paket pesananmu sudah tiba di mana, lewat web tiki.id/id/home.

Akan tetapi, fitur lainnya yang lebih praktis dan mudah digunakan ialah aplikasi TIKI resmi. Dengan memakai aplikasi yang satu ini, maka Kamu dapat mengecek lokasi keberadaan paket atau barang yang Kamu kirimkan atau barang pesananmu. Sama seperti metode lainnya, Kamu cukup memasukkan nomor bukti pengiriman (resi) lewat opsi “Cek Resi” di aplikasi tersebut.

4. Cara Lacak Pengiriman Barang via J&T

J&T termasuk salah satu ekspedisi yang kini banyak digemari, apalagi sudah banyak ecommerce di Indonesia yang menggunakan jasa ini. Cara cek pengiriman barang menggunakan J&T bisa dilakukan dengan mengecek resi di laman resmi situs J&T.

Sama seperti jasa ekspedisi lainnya, JNT sudah menyediakan layanan aplikasi J&T Express yang bisa Kamu unduh di Hp android atau iPhone. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur menarik seperti cek ongkor, promo dan layanan menarik, hingga dapat mengecek pengiriman barang lewat ekspedisi J&T.

5. Cara Lacak Pengiriman Barang via Wahana

Wahana termasuk salah satu jasa ekspedisi yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Kamu bisa mengetahui keberadaan paket atau barang yang dikirimkan lewat fitur yang disediakan oleh jasa pengiriman barang ini. Kamu bisa mengunjungi situs resmi maupun aplikasi Wahana.

Jika memakai aplikasi Wahana untuk mengecek resi pengiriman, Kamu tak perlu khawatir karena tampilannya yang user friendly. Hal ini dikarenakan, untuk pengecekan resi pengiriman sendiri Kamu bisa masuk ke aplikasi dan di halaman utama bisa langsung pilih “Cek Resi”. Dengan memakai aplikasi yang satu ini, Kamu dapat mengetahui ongkir pengiriman barang melalui Wahana.

Itulah beberapa pilihan cara cek pengiriman barang yang bisa dipilih sesuai dengan jasa ekspedisi yang Kamu gunakan.

Mengecek Pengiriman Barang All Ekspedisi

Jika Kamu tidak ingin pusing-pusing menginstall aplikasi jasa ekspedisi di atas, Kamu juga bisa memilih cara cek pengiriman barang ini. Ada beberapa web pelacakan ekspedisi secara gratis yang dapat Kamu gunakan.

Adapun web penyedia cek tracking semua ekspedisi yang dapat dipilih, ialah sebagai berikut :

  • Kamu bisa menggunakan cekresi di https://cekresi.com/
  • Website yang bisa digunakan lainnya ialah resi.id, di https://resi.id/
  • Situs lainnya yang dapat digunakan adalah https//www.resi.co.id/
  • Mengecek pengiriman barang via jagoresi di https://jagoresi.com/
  • Tracking pengiriman barang di https://berdu.id/cek-resi.

Situs-situs di atas dapat dimanfaatkan untuk mengetahui sampai mana paket yang Kamu kirimkan atau paket yang Kamu pesan dan dikirimkan oleh jasa ekspedisi. Kamu cukup mengetikkan nomor resi pengiriman yang telah diberikan oleh penjual atau jasa ekspedisi, kemudian langsung lacak pengiriman.

Cara mengecek pengiriman barang melalui situs-situs di atas tentu saja tidak ribet dan tidak perlu mengunduh aplikasi. Kamu hanya memerlukan web browser yang ada di HP, kemudian langsung kunjungi salah satu situs tadi untuk melacak pengiriman paket dengan mengetikkan nomor resi pengiriman. Bagaimana, mudah kan?

Ya, itulah panduan cara cek pengiriman barang lewat JNE, POS, TIKI, Sicepat, dan JNT yang dapat dipilih sesuai ekspedisimu. Kini, Kamu tak perlu khawatir dan hanya menunggu paketmu datang!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019