Cara Daftar Shopee Seller Center

Bagaimana cara daftar Shopee Seller center? Shopee adalah perusahaan marketplace terbaik di Indoensia. Selain memiliki banyak pengguna, Shopee juga sudah memikat para pebisnis atau pengusaha online untuk menjual produk-produk andalannya di aplikasi e-commerce ini.

belum lagi kini cara mendaftar sebagai penjual di Shopee sendiri sangat mudah. Kamu bahkan dapat melakukannya hanya melalui aplikasi Shopee. Belum lagi, cara berjualan di aplikasi Shopee juga sangat mudah, sebab setiap penjual kini sudah dapat mengakses layanan Shopee Seller Center.

Dengan adanya fitur ini, maka setiap penjual lebih mudah mengatur produk atau barang-barang yang mereka jual. Di samping itu pula ada lebih banyak fitur menarik yang dapat dimanfaatkan. Lalu, apa sebenarnya Shopee Seller Center?

Pada kenyataannya masih banyak pengguna, dalam hal ini seller Shopee yang masih belum mengetahui fitur tersebut. Nah, jika Kamu termasuk salah satunya, sebelum kita membahas cara daftar Shopee Seller center maka kenali dulu apa yang dimaksud dengan Shopee Seller Center itu sendiri.

Tentang Shopee Seller Center

Shopee Seller Center ialah fitur atau layanan Shopee yang diberikan khusus bagi seller Shopee supaya lebih gampang mengelola atau mengatur toko melalui perangkat laptop atau PC.

Melalui fitur ini, Kamu bisa mengatur berbagai macam profuk yang dijual, kemudian melihat tingkat penjualan beserta hasilnya. Kamu dapat mengakses pengaturan deskripsi barang yang dijual dengan mudah.

Keunggulan Fitur Shopee Seller Center

Diantara banyaknya marketplace di Indonesia saat ini, rasanya Shopee adalah marketplace yang menawarkan fitur Seller Center lebih powerfull dibandingkan marketplace lainnya. Berikut keunggulannya :

1. Analisis Performa Toko

Pada fitur Shopee Seller Center terbaru, Shopee menawarkan fitur mengenai data toko berbentuk grafik lebih menguntungkan. Sehingga mempermudah para seller dalam melakukan analisis produk langsung dari toko mereka di Shopee.

2. Fitur Hashtag

Shopee menyediakan fitur Hashtag seperti penggunaan pada media sosial. Fitur ini bisa dikatakan cukup realtime. Selain itu, menjadikan indexing pembeli lebih bervariasi. Meskipun marketplace lain telah mengusung fitur hashtag, tapi belum secanggih e-commerce ini.

3. Menampilkan Menu Lebih Mendetail

Pada Shopee Seller Center menampilkan posisi menu beserta sub menu paling penting dan sering dipakai para penjual tepat di sidebar kiri. Sehingga lebih mudah dicari. Hal ini tentu saja membuat para penjual lebih gampang mengaksesnya.

4. Grafik Penjualan Pada Tampilan Awal

Keunggulan fitur Shopee Seller Center berikutnya ialah memiliki grafik penjualan yang ditampilkan di awal. Melalui grafik tampilan awal ini, tentu saja semakin mempermudah penjual Shopee dalam mengetahui performa sekaligus menganalisa performa pada toko Shopee.

Selain itu, ada pula menu terkait hal-hal apa yang mesti dilakukan sekaligus berita terupdate yang disajikan dalam Shopee Seller Center sehingga memuat para penjual Shopee lebih gampang mengingat atau melakukan beberapa hal yang harus dilakukan pada saat itu juga.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan Shopee Seller Center ini, Kamu bisa mengatur profil pada toko Shopee berupa alamat, maupun pengaturan sadar lainnya, dapat mengatur produk seperti mengupload, mengedit hingga menghapus produk. Selain itu, Kamu bisa mengakses pembuatan iklan dan promo toko, melihat penghasilan toko, menerima pesanan sekaligus mengirimkan pesanan. Bagi pembeli sendiri, Kamu bisa melakukan cara cek pengiriman Shopee dengan mudah.

Cara Daftar Shopee Seller Center

Cara Daftar Shopee Seller Center
Mendaftar Shopee Seller Center

Mendaftar Shopee Seller Center

Sebenarnya dalam mendaftar Shopee Seller Center sendiri caranya hampir sama seperti pembuatan akun Shopee umumnya. Kamu dapat membuat akun Seller Center di Shopee lewat website maupun aplikasinya di Hpmu.

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah, cukup kunjungi website resmi Shopee di sini. Setelah itu, Kamu akan masuk ke tampilan beranda dan pilih “Daftar” pada pojok bagian kanan atas. Sesudah itu, Kamu diminta mengisi data diri untuk melengkapi pendaftaran akun Seller Center Shopee.

Untuk lebih jelasnya, simak cara daftar Shopee Seller Center di bawah ini :

1. Mendaftar Shopee Seller Center Lewat Telepon

Untuk melakukan pendaftaran Shopee Seller Center lewat telepon, ada beberapa langkah yang bisa dicoba, berikut ini :

  • Kini Kamu bisa melakukan pengisian data yang telah diminta pihak Shopee untuk pembuatan akun.
  • Langkah pertama, silahkan isi nomor Hp yang aktif.
  • Lalu tekan “Kirim Kode Verifikasi” agar Kamu mendapatkan OTP untuk verifikasi.
  • Biasanya kode OTP ini dikirimkan ke nomor Hp lewat SMS.
  • Sesudah itu, tinggal inputkan kode OTP tadi lalu isi data-data yang lainnya, berupa password, username kemudian inputkan captcha jika ingin emmastikan bahw aKamu bukan robot.
  • Setelah selesai, tekan “Daftar”.

Selesai, kini Kamu sudah mempunyai akun Shopee sendiri untuk menjual atau membeli produk Shopee.

2. Mendaftar Shopee Seller Center via Facebook

Kamu juga dapat membuat akun Seller Center pada aplikasi Shopee melalui Facebook. Berikut cara mendaftar Shopee Seller Center di Facebook :

  • Silahkan buka Shopee kemudian di tampilan beranda, Kamu bisa pilih “Saya” tepat di pojok sebelah kanan bawah.
  • Setelah itu, tekan “Lanjutkan” menggunakan Facebook untuk pembuatan akun Shopee lewat FB.
  • Silahkan tekan “Lanjutkan” setelah muncul tampilan popup.
  • Selanjutnya Kamu akan diminta memasukkan akun email atau nomor Hp berikut password Facebook-mu. Tekan “Masuk”.
  • Kemudian klik “Lanjutkan”.

Selamat, kini akun Shopee-mu sudah jadi dan Kamu bisa menggunakannya untuk menjual ataupun membeli produk Shopee.

3. Mendaftar Shopee Seller Center dan Aktivasi Akun

Seperti kita ketahui bahwa Shopee Seller Center adalah fitur khusus bagi penjual utnuk mengelola toko, jadi secara otomatis Kamu akan langsung terhubung pada layanan ini. Sementara cara mendaftar Shopee Seller Center sendiri sangat mudah, berikut ulasannya :

  • Pastikan jika akun Shopee-mu telah terverifikasi. Namun jika belum, silahkan verifiasi lewat nomor Hp.
  • Kemudian buka profil pada akun Shopee-mu untuk melanjutkan pembuatan akun seller Shopee.
  • Lalu pilih “Mulai Jual” di pojok kanan bagian atas menu profil.
  • Maka secara otomatis Kamu pun sudah memiliki akun, dan selanjutnya tinggal mengakses Seller Center Shopee saja lewat perangkat laptopmu. Otomatis Kamu akan langsung masuk ke dalam akun tokomu.

Menggunakan Shopee Seller Center

Jika Kamu sudah memiliki akun Shopee seperti cara daftar Shopee Seller Center di atas, sekarang tinggal menggunakan fitur-fitur yang terdapat didalamnya saja. Simak panduannya di bawah ini :

1. Pengiriman

Apabila Kamu sudah menerima orderan dari pengguna, selanjutnya cukup packing produk untuk pengiriman. Di menu pesanan, klik “Perlu Diproses” pesanan apa saja yang harus Kamu proses saat itu juga. Kamu juga dapat memeriksa beberapa proses pengiriman yang sudah dilakukan dengan cara pilih “Telah Diproses”.

2. Pesanan

Untuk mengecek orderan apa saja di toko-mu, tinggal klik “Pesanan”. Nah di menu tersebut, Kamu akan ditampilkan beberapa produk orderan yang masuk serta harus diproses.

3. Produk

Dalam menu produk ini, Kamu bisa memasukkan produk yang baru ke tokomu. Selain itu juga bisa menghapus produk apa saja yang tidak tersedia. Jika ingin mengecek semua produk di toko, klik “Produk Saya”.

Selain menu-menu utama di atas, dalam akun Shopee Seller Center Kamu juga bisa mengakses menu lainnya seperti keuangan dan promosi saya.

Itulah ulasan tentang cara daftar Shopee Seller Center, keuntungan dan cara menggunakannya bagi Kamu yang ingin mendaftar sebagai penjual di Shopee. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019