Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Perusahaan BCA sudah memberikan berbagai macam kemudahan untuk para nasabah. Mulai dari cara cek saldo BCA lewat SMS, hingga layanan lainnya yang bisa kalian akses dengan mudah. Semakin canggih, karena proses pembukaan buku rekening dapat dilakukan melalui ponsel secara virtual. Lebih hemat waktu, serta mengurangi jumlah antrean di kantor cabang.

Sayangnya, hal tersebut juga mendorong beberapa perubahan biaya yang terdapat di dalam fitur Bank BCA. PPN atau (Pajak Pertambahan Nilai) yang telah naik tepat pada tanggal 1 di bulan April 2022. Sebelumnya, diketahui kalau PPN yang dikenakan sekitar 10%, lalu kini menjadi 11%. Faktor tersebut yang pada akhirnya memicu adanya kenaikan tarif layanan.

Bank BCA yang mengumumkan akan pemberlakuan baru terkait naiknya biaya PPN tersebut, didasari dari Undang-Undang Harmonisasi mengenai Peraturan Perpajakan sesuai dengan No. 7 Tahun 2021. Dikutip dari detikfinance. Adapun jenis layanan yang terkena dampaknya, ada di produk pengelolaan kekayaan. Contoh, Reksa Dana, dan Surat Berharga. Sewa safe deposit.

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS
Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS Banking

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan komitmennya untuk para nasabah yang telah mempercayakan segala kegiatan transaksi hariannya kepada perbankan tersebut. Oleh karena itu, selama memasuki bulan Ramadhan pihaknya telah meluncurkan mobil kas untuk sambut perayaan Idul Fitri. Berlangsung mulai dari tanggal 4 April, 2022. Kolaborasi dengan BI.

Cara cek saldo BCA lewat SMS Banking, permudah mengecek rupiah dalam tabungan kalian tanpa perlu keluar rumah dahulu. Selain layanan SMS Banking, kamu juga bisa pilih fitur lain yang tersedia. Misalnya, Internet Banking, Mobile Banking atau langsung melalui mesin ATM terdekat. Semudah itu lakukan berbagai macam kegiatan dalam bertransaksi di BCA.

  1. Buka menu pesan atau SMS yang terdapat di ponsel selular
  2. Isi di bagian kolom pesan teks dengan format berikut: Saldo_Kode Akses yang telah terdaftar
  3. Setelah itu, kirim pesan ke operator BCA melalui nomor 69888
  4. Tunggu sampai nasabah mendapatkan SMS balasan atau notifikasi
  5. Buka isi pesan balasan tersebut, dan perhatikan informasi dari sisa saldo BCA
Terkait:  Cara Mengisi Gopay Lewat ATM BCA

Akan tetapi, sangat disayangkan layanan SMS Banking telah diberhentikan operasionalnya oleh perusahaan. Hal tersebut disampaikan melalui laman resmi bca.co.id. Pemberhentiannya sendiri, telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2021 silam. Namun, nasabah tidak perlu merasa kecewa. Karena, semua kegiatan cek saldo, mutasi, tarik, hingga setor tunai bisa via m-BCA.

Layanan Aplikasi BCA Mobile

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalau layanan SMS Banking berhenti, kalian bisa menikmati fitur lainnya yang jauh lebih praktis. Tidak perlu isi pulsa terlebih dahulu. Asal hp kamu sudah terhubung dengan jaringan internet. Maka, apapun kegiatan transaksi yang ingin dilakukan oleh nasabah semuanya dapat terpenuhi. Ikuti instruksi selengkapnya di bawah ini:

  1. Lakukan pendaftaran diri atau registrasi untuk fitur Mobile Banking via mesin ATM atau kantor cabang BCA terdekat
  2. Unduh dan pasang aplikasi “BCA Mobile” di hp
  3. Pilih menu “m-BCA”
  4. Lengkapi dengan mengisi nomor kartu dari ATM BCA yang telah kalian dapatkan
  5. Kirim SMS verifikasi ke operator (dikenakan tarif premium dalam satu kali pengiriman pesan)
  6. Proses aktivasi fitur m-BCA telah berhasil
  7. Apabila nasabah masih buth layanan keuangan lain, dapat langsung saja lakukan aktivasinya melalui kantor cabang BCA atau via Call Center Bank BCA

Informasi tambahan buat kalian yang ingin mencari tahu lebih dalam mengenai cara atau proses dari aktivasi BCA Mobile. Perusahaan telah menyediakan layanan financial lainnya melalui Halo bcA di 1500888. Adapun pelayanan bantuan melalui sosial media Twitter, dengan cara mention ke akun resminya di @HaloBCA.

Fitur Internet Banking BCA

Aplikasi BCA Mobile, termasuk ke dalam kategori fitur Mobile Banking. Berbeda lagi kalau kita membahas Internet Banking. Layanan satu ini dikenal dengan sebutan KlikBCA. Bisa kalian temukan di berbagai metode pembayaran platform belanja online. Aksesnya sendiri, dapat dilakukan di perangkat selular atau laptop. Berikut cara penggunaannya:

  1. Masuk ke laman KlikBCA kalian masing-masing
  2. Buka akun BCA kalian dengan menggunakan user id serta nomor PIN dari Internet Banking
  3. Klik menu “Informasi Rekening”
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi “Informasi Saldo”
  5. Tunggu sampai kalian mendapatkan informasi saldo rekening BCA di layar perangkat.
Terkait:  Cara Mengisi Flazz BCA

Berbeda dengan m-BCA yang mengharuskan nasabah lakukan pengiriman pesan untuk media konfirmasi perintah. Sedangkan melalui layanan satu ini hal yang paling penting adalah koneksi internet. Sebaiknya, hindari menggunakan jaringan WiFi publik demi keamanan. Ini, dapat menjadi sumber masalah karena banyak scammer yang dapat hack account kalian.

Layanan Mesin ATM BCA

Tersedia di berbagai titik publik yang dapat dengan mudah kamu temukan. Mesin ATM BCA juga terbagi menjadi dua kategori. Pertama, setor tunai dan tarik tunai. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu ATM (debit atau kredit) maupun e-money (Flazz). Masih ada lagi keunggulan lainnya. Akses selama 24 jam nonstop. Berikut cara operasional layanannya:

  1. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat atau temukan di tempat publik seperti stasiun, minimarket, mall, SPBU, ataupun sekitar kantor cabang BCA
  2. Masukkan kartu debit ke dalam mesin ATM BCA, lalu ketik PIN ATM kalian
  3. Pastikan kode PIN yang dimasukkan ke layar tidak salah sampai 3 kali
  4. Klik menu “Transaksi Lainnya” untuk mulai cara cek saldo BCA
  5. Klik opsi “Informasi”
  6. Pilih menu “Cek Saldo”
  7. Muncul tampilan informasi saldo di layar mesin ATM BCA.

Cara Cek Saldo BCA Via SMS Banking

Diingatkan kembali, kalau pengecekan melalui fitur SMS Banking telah ditiadakan oleh Bank BCA. Namun, tersedia beragam pilihan layanan lain untuk melakukan kegiatan transaksi agar lebih mudah dan praktis. Digitalisasi tersebut, diharapkan mampu membuat para nasabah jadi terbiasa menggunakan teknologi digital. Sehingga, harapan kedepannya semua lebih modern.

Cara cek saldo BCA via SMS Banking memang dihentikan. Akan tetapi, kalian yang terbiasa menggunakan ponsel di segala macam aktivitas sehari-hari. Coba aktifkan fitur m-BCA di aplikasi yang telah disediakan oleh perusahaan. Download secara gratis melalui Play Store atau App Store. Berikut cara registrasi layanan BCA Mobile selengkapnya:

  1. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat dari lokasimu berada
  2. Masukkan kartu debit BCA, isi kode PIN, pilih menu “Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya”
  3. Klik menu “Daftar e-Banking”. Lalu pilih opsi “Mobile Banking”
  4. Lihat Klausul Perjanjian yang muncul di layar, pilih tombol “YA” bila setuju
  5. Isi nomor hp untuk pendaftaran Mobile Banking. Kemudian pilih “BENAR”
  6. Lakukan konfirmasi nomor hp, dengan pilih “YA”
  7. Masukkan “Kode PIN m-BCA” kurang lebih terdiri dari 6 digit. Input ulang kode PIN sebanyak  kali
  8. Muncul tampilan konfirmasi hasil registrasi Mobile Banking BCA kalian di mesin ATM.
  9. Cetak truk sebagai bukti pendaftaran
Terkait:  Cara Gestun Kartu Kredit

Seru kan, kalau semua transaksi bisa diselesaikan dari genggaman saja? Pastikan m-BCA kamu sudah aktif sebelum digunakan untuk transfer atau lain hal sebagainya.

Itulah informasi mengenai cara cek saldo BCA lewat SMS yang sudah tergantikan dengan BCA Mobile. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dalam menjalani ibadah puasa. Sehat selalu, dan selamat beraktivitas. Bye!

Related posts