Cara Cek Pengiriman JNE

Penjual online tentu saja sudah terbiasa menggunakan jasa ekspedisi dalam melakukan pengiriman barang. Adapun salah satu perusahaan jasa ekspedisi terkenal di negara Indonesia ialah JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir. Pengiriman barang biasanya selalu disertai oleh resi pengiriman sebagai bukti kirim. Oleh karena itu, mari kita pahami cara cek pengiriman JNE!

Layanan Pengiriman JNE

JNE dipercaya oleh masyarakat karena menawarkan banyak keunggulan. Adapun salah satu keunggulan tersebut ialah dengan adanya pilihan paket yang ditawarkan sesuai kebutuhan, diantaranya seperti paket Oke, Yes, dan Reguler.

Paket JNE YES (Yakin Esok Sampai), adalah pilihan paket JNE yang menjanjikan proses pengiriman selama 24 jam atau 1 hari saja. Paket ini cocok sekali bagi Kamu yang memerlukan kecepatan dalam pengiriman barang.

Sementara paket OKE merupakan pilihan paket pengiriman paling ekonomis sebab tarifnya lebih terjangkau, hanya saja memerlukan waktu pengiriman sedikit lebih lama, yakni 1 minggu lamanya. Paket ini biasanya dipakai untuk pengiriman barang ke tempat tujuan yang jaraknya agak jauh dan ongkos kirimnya lebih mahal.

Sedangkan paket reguler sendiri termasuk paket yang banyak digunakan. Paket ini menjanjikan proses pengiriman selama 3-4 harian. Pilihan paket JNE tersebut paling banyak digunakan dalam bertransaksi online.

Di samping itu, jika Kamu memerlukan pengiriman barang berjumlah banyak, jasa ekspedisi JNE juga telah menyediakan opsi JNE trucking. Paket ini memberikan ketentuan dengan minimal berat paket atau barang yang dikirimkan seberat 10 kg. JNE trucking sendiri terbilang lebih murah dengan waktu pengiriman selama 3-4 hari.

Cara Cek Pengiriman JNE

Cara Cek Pengiriman JNE
Cek Pengiriman JNE

Dalam proses pengiriman barang biasanya selalu disertai oleh resi atau bukti pengiriman. Kamu mungkin perna atau bahkan sering memakai layanan pengiriman paket lewat JNE. Nah, untuk cara cek pengiriman JNE ini bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut :

1. Cara Cek Pengiriman JNE via Website

Kamu bisa mengunjungi situs resmi JNE secara langsung di jne.co.id via web browser yang Kamu gunakan.

Langkah cara cek pengiriman JNE melalui web JNE berikutnya, Kamu akan masuk ke halaman awal dan akan menemukan opsi Trace and Tracking.

Selanjutnya Kamu cukup menginputkan nomor resi pengiriman barang yang Kamu dapatkan dari JNE lalu tunggu sampai beberapa lama.

Setelah itu, Kamu akan ditampilkan keterangan tentang status pengiriman secara lengkap dengan tanggal dan lokasi pengiriman saat ini.

2. Cara Cek Pengiriman JNE via Aplikasi My JNE

Untuk mempermudah para pengguna layanannya, JNE telah menyediakan aplikasi MyJNE, sehingga para pelanggan bisa melakukan pengecekan pengiriman JNE.

Melalui aplikasi yang satu ini, Kamu tak perlu lagi repot membuka situs web JNE untuk pengecekan barang. Cara cek pengiriman JNE yang satu ini, cukup mengunduh dan memasang aplikasi MyJNE di pmu saja. Selanjutnya, Kamu bisa langsung memakai aplikasi tersebut dengan mudah.

Pada aplikasi MyJNE sendiri ada 4 pilihan fitur, diantaranya My Tarif, My Shipment, My COD, dan MY Location. Untuk memakai fitur-fitur yang tersedia tersebut, lakukan registrasi terlebih dahulu. Jika sudah, Kamu akan langsung menerima email verifikasi. Sesudah itu, langsung login memakai aplikasi My JNE.

Dalam cara cek pengiriman JNE via MyJNE sendiri, Kamu bisa langsung membuka opsi My Shipment. Kemudian inputkan nomor resi pengiriman di menu Search Air Waybill. Selanjutnya akan muncul status pengiriman barang JNE.
Dalam aplikasi My JNE, Kamu dapat melakukan pengecekan resi JNE dengan memakai kamera di Hpmu dengan menyorot barcode dari resi kiriman barang. P

astikan Hpmu tela mendukung layanna scan barcode lalu pastikan semua barcode terjangkau oleh kotak merah yang terdapat di layar. Kemudian Kamu akan mendapatkan status pengiriman barang JNE sama seperti ketika mengetikkan nomor bukti pengiriman atau resi.

Selain untuk mengecek pengiriman barang, My JNE dapat digunakan pula untuk melakukan pengecekan tarif kiriman yang bisa Kamu akses lewat menu My Tarif.

Cukup masukkan saja kota tujuan dan kota asal, serta bobot barang yang dikiriman di kolom yang sudah tersedia.

3. Cara Cek Pengiriman JNE via Kantor JNE Langsung

Jika Kamu tidak dapat memakai aplikasi atau website karena tidak tersedia jaringan internet misalnya, maka Kamu dapat melakukan cara cek pengiriman JNE dengan langsung bertanya ke staf yang ada di kantor cabang JNE terdekat.

Selanjutnya petugas JNE akan menanyakan berapa nomor resi pengiriman barangmu dan menjelaskan tentang status pengiriman barang.

Itulah beberapa cara cek pengiriman JNE yang bisa Kamu coba ikuti. Jika Kamu baru ingin menggunakan layanan pengiriman barang JNE, maka harus ikuti beberapa cara pengiriman barang lewat JNE di bawah ini!

Cara Pengiriman Barang Via JNE

Bagi yang belum tahu, langkah-langkah pengiriman barang melalui JNE adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Cek Ongkir JNE Terlebih Dahulu

Sebenarnya biaya pengiriman barang menggunakan JNE relatif terjangkau. Sebenarnya untuk mengecek ongkir JNE sendiri bisa dilakukan secara online via web resmi JNE terlebih dahulu. Dengan cara berikut :

  • Buka alamat web resmi JNE di JNE.co.id, kemudian cek di Tarif Kiriman.
  • Di kolom Origin, silakan isi dengan nama kota asal tempat Kamu mengirimkan paket.
  • Sedangkan di kolom destination, silahkan isi kota tujuan pengiriman paket.
  • Isi pula kolom weight, Kamu bisa perkirakan berapa berat barang kiriman.
  • Lalu klik Check, isi captcha dan klik check  kembali.

Selanjutnya Kamu akan mendapatkan tarif ongkir pengiriman barang dan layanan yang dapat dipilih.

Langkah 2: Packing Barang yang Akan Dikirimkan

Jika Kamu sudah mengetahui ongkos kirim JNE, selanjutnya persiapkan barang kiriman terlebih dahulu sebelumnya. Silahkan packing barang dengan serapi mungkin.

Kamu bisa melapisi barang menggunakan plastik, lalu dilanjutkan dengan membungkusnya memakai kertas koran, lalu terakhir lapisi oleh bubble wrap. Selain itu, pastikan cara packing barang disesuaikan dengan jenis paketnya.

Misalnya, jika barang pecah belah, sebaiknya lakukan packing serapi mungkin dan lapisi oleh lapisan yang dapat melindungi barang pecah belah tersebut.

Langkah 3: Tulis Alamat Pengirim dan Penerima Pada Paket

Sesudah melakukan packing barang serapi dan sebaik mungkin, jangan lupa tulis alamat pengirim dan penerima dengan lengkap.

Jika paket dibungkus memakai kardus, sebaiknya media untuk menuliskan alamat bisa menggunakan kertas putih dan tempelkan memakai selotip.

Perhatikan pula alamat pengirim paket dengan jelas, supaya jika terjadi kesalahan saat pengiriman, paket dapat dikirimkan ke pihak pengirim kembali.

Langkah 4: Langsung Mendatangi Kantor JNE Terdekat

Saat ini, kantor JNE telah tersedia dan tersebar dimana pun, baik itu di kota-kota besar hingga kecil. Jadi, silahkan datangi kantor JNE terdekat sembari membawa barang atau paket yang akan dikirimkan.

Selain itu, Kamu juga bisa mencari kantor JNE terdekat disekitarmu menggunakan bantuan aplikasi Google Maps di ponselmu.

Jika suda sampai di kantor JNE, maka Kamu cukup sampaikan tujuanmu untuk mengirimkan barang. Nah, di kantor JNE paket yang telah di packing sebelumnya akan dilakukan pengecekan beratnya terlebih dahulu.

Lalu, Kamu akan ditanya tentang jenis paket atau barang yang akan dikirim, berikut layanan pengiriman yang akan digunakan, apakah paket reguler, YES, atau OK.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang cara cek pengiriman JNE dan cara mengirimkan paket lewat JNE dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019