Cara Buat Stiker di Telegram

Cara Buat Stiker di Telegram

Sama halnya dengan cara membuat sticker WhatsApp, Kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada Telegram dengan cara buat stiker di Telegram. Telegram merupakan aplikasi yang tengah populer, bahkan popularitasnya hampir menyusul WhatsApp yang sudah eksis lebih dulu. Hal ini dikarenakan Telegram menawarkan lebih banyak fitur yang dapat dimanfaatkan para penggunanya. Selain itu, Telegram juga menawarkan mode pembuatan stiker yang sudah sangat lengkap. Sehingga memungkinkanmu dapat berkreasi dengan mudah.

Meskipun demikian, baik WhatsApp maupun Telegram, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Terbukti dengan banyaknya orang yang mengunduh aplikasi WhatsApp juga Telegram secara bersamaan dengan peruntukkan yang berbeda. Namun karena disini kita akan membahas tentang cara buat stiker di Telegram, maka kita akan bahas kelebihan yang dimiliki Telegram terlebih dahulu.

Read More

Apa Saja Kelebihan Telegram?

Meskipun tergolong baru, namun Telegram memiliki banyak kelebihan yang dapat diandalkan oleh para penggunanya. Berikut ini ulasannya :

1. Kapasitas Penyimpanan yang Unlimited

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh telegram adalah memiliki kapasitas ruang penyimpanan unlimited atau tidak terbatas. Hal ini dikarenakan Telegram menggunakan sistem cloud storage untuk penyimpanan data yang Kamu simpan dengan sangat aman.

Sistem penyimpanan ini selain bisa Kamu akses kapanpun, cloud yang Kamu dapatkan dari Telegram juga gratis alias tidak berbayar. Oleh sebab itu, Kamu bisa menyimpan beragam jenis file yang ingin Kamu simpan pada cloud storage telegram.

2. Berbagi Media Menggunakan Ukuran Asli

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, saat membagikan sebuah media biasanya media tersebut akan dikonversi terlebih dahulu dengan ukuran yang kecil. Bahkan tak jarang, durasi media yang akan dikirimkan dipotong terlebih dahulu. Media ini biasanya berbentuk video dengan kapasitas awa yang cukup besar.

Namun tentu saja tak berlaku bagi Telegram, karena Kamu bisa mengirimkan media sepuasnya dengan ukuran sesuai aslinya.

3. Buat Grup Dengan Anggota Lebih Banyak

Kelebihan lainnya adalah Kamu bisa menambahkn anggota dalam satu grup berjumlah banyak, bahkan bisa sampai ribuan anggota dalam satu grup. Ditambah didalamnya Kamu bisa menggunakan hashtag, pin, pesan khusus, pesan tersematkan, dan masih banyak lainnya.

Dengan melihat kelebihan Telegram di atas, tentunya Telegram bisa menjadi platform media sosial yang Kamu andalkan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Cara Buat Stiker di Telegram

Cara Buat Stiker di Telegram
Tutorial Buat Stiker di Telegram

Panduan Membuat Stiker di Telegram

Dalam cara buat stiker di Telegram tentu saja Kamu tidak memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Hal ini dikarenakan, pada Telegram sendiri telah menyediakan bot untuk membantumu menciptakan stiker lucu dan menarik sesuai keinginan. Bot merupakan sebuah istilah untuk memerintahkan sistem pada telegram dalam melakukan sesuatu sesuai instruksi user.

Mengingat Kamu akan membuat stiker pada telegram, maka perintah botnya dinamakan dengan sticker bot. Agar Kamu lebih memahami mengenai cara buat stiker di Telegram, simak baik-baik tutorianya berikut ini :

1. Persiapkan Objek Gambar

Langkah cara buat stiker di telegram pertama ialah persiapkan terlebih dahulu obyek gambar yang akan Kamu pakai. Kamu bisa menyiapkan gambar tersebut, baik berupa kartun atau foto sesuai keinginan. Adapun syarat utamanya supaya gambar/foto tadi bisa dijadikan sebagai stiker, maka gambar tersebut harus dipotong terlebih dahulu menjadi resolusi 1 : 1, atau jika dalam bentuk piksel maka menjadi 512 piksel x 512 piksel.

Apabila ukuran gambar ternyata lebih besar dari ukuran yang ditetapkan, Kamu sebaiknya mengompres ukurannya terlebih dahulu. Baru kemudian bisa mengganti ekstensi gambarnya dengan format PNG atau WEBP.

2. Upload Pada Bot

Langkah kedua adalah dengan memasukkan gambar atau foto yang telah Kamu persiapkan sebelumnya dengan cara mengunggahnya ke dalam sticker bot di telegram. Adapun cara-caranya bisa Kamu lakukan berikut ini :

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi Telegram yang sudah Kamu instal di hp smartphone milikmu.
  • Selanjutnya klik ikon pencarian yang berada di bagian atas.
  • Setelah itu, tinggal ketikkan ‘Sticker’ lalu enter, pada kolom pencarian tersebut carilah akun ‘Sticker Bot’.
  • Pilih akun sticker bot kemudian klik ‘Mulai’.
  • Disana Kamu akan mendapatkan instruksi untuk memasukkan pesan /newpack dalam pembuatan sticker menyesuaikan gambar yang telah Kamu buat sebelumnya.
  • Langkah selanjutnya Kamu tinggal memberikan nama pada set sticker tersebut sesuai dengan tema yang Kamu tentukan. Misalnya jika secara keseluruhan sticker yang dibuat bertema Maka Kamu bisa menamainya dengan nama ‘Happy’.
  • Setelah selesai memberikan nama, Kamu tinggal upload file stickernya ke dalam telegram.
  • Jika sudah selesai, pilih salah satu emoji yang Kamu sukai untuk mewakili sticker keseluruhan yang Kamu upload barusan.
  • Terakhir Kamu tinggal mengirimkan pesan perintah yaitu ‘publish’.

3. Sticker Sudah Diterbitkan

Dengan mengupload stiker sebelumnya, cara buat stiker di Telegram selanjutnya Kamu hanya tinggal menerbitkan stiker tersebut agar bisa segera digunakan ketika chatting bersama kawan atau sahabatmu. Adapun cara menerbitkan stiker bisa Kamu ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Buat terlebih dahulu judul dari sticer yang telah Kamu buat. Mislnya : Happy Halloween.
  • Kemudian Kamu akan diminta oleh sistem untuk mengirimkan ‘gambar ikon’ dengan ketentuan yang sudah menjadi ukuran default, yaitu harus 100 piksel x 100 piksel dengan format file ekstensi PNG atau WEBP.
  • Jika sudah selesai, Kamu tinggal ketik nama ‘Stick’. karena tadi Kamu menanaminya Happy Halloween, maka Kamu ketikkan nama Happy Halloween.
  • Nantinya pada layar akan muncul sebuah ‘Link’ dari stiker yang sudah Kamu buat sebelumnya.
  • Untuk menggunakannya, selanjutnya Kamu tinggal klik menu ‘Sticker’ yang ada di kolom chat telegram.
  • Proses pembuatan sticker dan cara menggunakannya telah selesai dilakukan.

Jika urutan yang Kamu lakukan dalam pembuatan sticker tidak benar, maka cobalah ulangi lagi langkah-langkahnya dengan benar agar Kamu bisa menerbitkan dan menggunakan stiker Telegram yang sudah dibuat tersebut.

Perintah Pada Sticker Bot yang Wajib Diketahui

Penjelasan di atas merupakan penjelasan sederhana dengan menggunakan beberapa perintah bot, dimana sebenarnya banyak sekali perintah bot yang bisa Kamu gunakan untuk lebih memperkaya sticker yang akan Kamu buat. Adapun perintah sticker bot tersebut diantaranya :

  • /newpack : digunakan untuk membuat set stiker baru pada telegram.
  • /newmasks : ditujukan untuk membuat satu set mask baru.
  • /addsticker : digunakan untuk menambahkan satu stiker pada satu set yang telah ada atau sudah dibuat.
  • /newanimated : Untuk membuat sebuah stiker dalam bentuk animasi.
  • /editstickers : dipakai untuk mengedit emoji dan juga koordinat pada stiker.
  • /stats : digunakan untuk memperlihatkan status yang sudah Kamu pilih.
  • /delpack : ditujukan jika Kamu ingin menghapus stiker yang telah Kamu buat sebelumnya.
  • /cancel : dipakai jika ingin membatalkan proses pembuatan stiker yang belum selesai.
  • /publish : digunakan untuk menerbitkan stiker satu set setelah menyelesaikan proses pembuatannya.

Cukup banyak perintah bot yang bisa digunakan ketika sedang memproses pembuatan stiker, Kamu harus hafal perintah tersebut agar hasilnya tidak ada yang terlewat.

Oke, itulah tahapan-tahapan cara buat stiker di Telegram yang bisa Kamu coba untuk mengkreasikan stiker menarik yang bisa Kamu kirimkan ke teman atau sahabatmu.

 

Related posts