Cara Cari Uang Tambahan

Cara Cari Uang Tambahan

Hanya mengandalkan gaji bulanan saja, tapi rasanya sulit untuk mencukupi kebutuhan keluarga? Sementara kebutuhan semakin tinggi dan akhirnya lebih besar output daripada input. Untuk mengatasi stress akibat finansial yang tidak mencukupi, tak ada cara lain selain Kamu harus tahu cara cari uang tambahan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Saat ini untuk mendapatkan pekerjaan pun dirasa cukup sulit. Mengingat tingginya kualifikasi dan ketatnya persaingan yang harus dilalui oleh calon karyawan. Beberapa diantaranya persyaratan yang terkadang sulit dicapai, mulai dari pembatasan usia, pengalaman kerja sebelumnya yang harus terlihat profesional, hingga kecakapan dari si pelamar saat test psikotes.

Read More

Alih-alih mengharapkan gaji yang besar, sudah diterima di sebuah instansi atau perusahaan dengan gaji kecil pun sudah bersyukur. Nah, inilah yang menjadi dasar bagaimana kamu bisa bertahan hidup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dengan mencari uang tambahan.

Cara Cari Uang Tambahan

Cara Cari Uang Tambahan
Panduan Trik Cari Uang Tambahan

Trik Cari Uang Tambahan Lebih Mudah

Mungkin gajimu saat ini belum seberapa, sedangkan Kamu harus mencukupi kebutuhan keluargamu di rumah. Sebagai solusinya, Kamu bisa mencoba cara cari uang tambahan penghasilan berikut ini :

1. Lakukan di Luar Jam Kerja

Namanya mencari uang tambahan, berarti kamu harus rela meluangkan waktu diluar jam kerja utama. Ingat, jangan sekali-kali mencari uang tambahan ketika kamu sedang bekerja karena akan mengganggu pekerjaan utamamu. Karena yang paling utama bukanlah pekerjaan sampingan. Jadi, upayakan untuk bisa mengatur waktu-waktu senggangmu.

2. Coba Manfaatkan Internet

Cara cari uang tambahan berikutnya, ialah coba manfaatkan perangkat internet. Kamu harus mencari banyak referensi untuk dapatkan penghasilan di internet. Sebab ada banyak potensi yang bisa Kamu kembangkan di internet tanpa Kamu sadari. Bahkan tak sedikit orang yang sukses mendulang rupiah lewat internet. Jadi, nggak ada salahnya Kamu cari-cari peluang tersebut!

3. Cari Uang Tambahan Sesuai Hobi

Jika ingin mencari uang tambahan karena penghasilanmu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka Kamu dituntut kreatif untuk menghasilkan pendapatan dari luar. Solusi yang paling efektif ialah cobalah memikirkan hobimu yang mungkin saja bisa berpotensi menghasilkan uang.

Sebenarnya mencari uang tambahan sepintas terlihat mudah, namun jika kamu tidak memikirkan pekerjaan tambahan apa yang cocok untuk dikerjakan akan terasa sulit didapatkan. Karena hal paling mudah mendapatkan pekerjaan yang bisa Kamu nikmati ialah bekerja sesuai dengan hobi yang Kamu sukai.

Beberapa kelebihan jika kamu mencari uang tambahan berdasarkan hobi adalah :

  • Kamu akan tetap fokus pada pekerjaan utama dan bisa melaksanakan pekerjaan tambahan dengan
  • Bisa mengembangkan diri tanpa harus mencari pekerjaan keluar yang harus terikat kontrak kerja walaupun bersifat sampingan.
  • Melepas beban hidup melalui pekerjaan tambahan berdasarkan hobi yang disukai.

Sebagai contoh, jika Kamu seorang guru yang hobi memasak, maka jadikanlah memasak sebagai sumber uang tambahan untuk menambah pendapatan per bulannya. Ketika pulang ke rumah dengan beban berat dari pekerjaan utamamu, lalu kamu lepaskan pada hobi yang disukai yaitu memasak, maka beban lelah yang kamu dapatkan dari pekerjaan utama bisa dihilangkan dengan menikmati hobi yang kamu lakukan. Cukup mudah bukan?

4. Bekerjasama dengan Orang Lain

Kamu tidak sendirian mencari uang tambahan untuk menutupi gaji yang tidak seberapa. Karena diluar sana banyak orang yang memiliki masalah yang sama. Untuk itu, cara cari uang tambahan paling efektif ialah cobalah bekerjasama dengan orang lain demi menghasilkan uang tambahan.

Akan tetapi, pastikan Kamu mengajak seseorang yang bisa dipercaya untuk bekerjasama dan bisa bertanggung jawab penuh. Sehingga impianmu untuk menghasilkan usaha yang mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa diwujudkan.

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan Untuk Tambah Penghasilanmu

Ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sebagai cara cari uang tambahan, baik secara online maupun secara offline. Apa saja rekomendasinya? Simak beberapa contoh dibawah ini :

1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Di dunia internet, istilah keduanya sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya dropshipper maupun reseller biasa digunakan pada istilah penjualan barang secara online. Arti dari dropshipper sendiri adalah menjual barang-barang secara online milik supplier tanpa melakukan stok barang. Berbeda dengan reseller, yang artinya menjual kembali barang dagangan yang dijual oleh pedagang lain.

Keuntungan dari kedua jenis pekerjaan sampingan ini bisa mendapatkan keuntungan berdasarkan selisih harga dasar yang Kamu tetapkan sendiri. Itu tergantung dari kamu yang mempromosikan barang tersebut sehingga bisa mendapatkan nilai jual yang tinggi.

2. Menjadi Broker

Cara cari uang tambahan berikutnya ialah menjadi broker. Istilah lain dari broker adalah makelar. Tugas seorang makelar adalah sebagai penghubung antara penjual dan pembeli ketika akan melakukan transaksi jual beli barang. Nah, dari sanalah Kamu bisa mendapatkan komisi.

Adapun broker yang mampu memberimu komisi lebih besar ialah dengan menjadi broker kendaraan bermotor. Jika transaksi penjualan dan pembelian kendaraan berhasil, setidaknya kamu mendapatkan komisi paling tidak ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu keahlian yang perlu kamu kuasai adalah cara berkomunikasi yang baik sehingga bisa melakukan pendekatan dengan baik pula. Selain itu, kamu pun harus mempunyai link yang cukup luas untuk bisa menjadi seorang broker yang sukses. Bagaimana, tertarik mendapatkan uang tambahan sebagai seorang broker?

3. Mengikuti Affiliate

Cara cari uang tambahan selanjutnya ialah dengan mengikuti affiliate. Kamu bisa menjadi seorang afiliate marketing, cara kerjanya Kamu harus mempromosikan produk di sejumlah media sosial secara onlie. Selain media sosial, kamu pun bisa menyebarkannya melalui website, blog, dan landing page.

Adapun cara mendapatkan komisinya adalah dari orang lain yang melakukan klik kode referral milikmu, apalagi jika orang yang mengklik tersebut membeli barang yang Kamu iklankan. Keuntunganmu bisa dobel selain dari komisi kode refferal.

Mendapatkan uang tambahan dari program afiliate memanglah menjanjikan, namun untuk menjalankannya Kamu harus bersabar, sebab membangun program affiliate memerlukan waktu cukup lama. Oleh karena itu, penting sekali harus memahami teknik SEO yang sekarang ini bisa diandalkan untuk meningkatkan traffic di web atau blog yang ditanami program affiliate.

4. Mencoba Investasi

Investasi dapat dilakukan lewat 2 cara, yaitu dengan berinvestasi fisik/barang dan investasi online, seperti mengikuti bursa saham. Adapun investasi berupa barang atau berbentuk fisik ialah Kamu bisa menyewakan barang-barang yang bernilai tinggi dan dibutuhkan oleh banyak orang. Misalnya saja, Kami diwarisi rumah orang tuamu, Kamu bisa menyewakannya dan penghasilannya bisa menjadi passive income yang stabil.

Untuk investasi online selain mengikuti bursa saham, kamu pun bisa menabung dalam bentuk deposito dengan bunga per tahunnya mencapai 4 %. Sebenarnya ada investasi online lainnya yang lebih menguntungkan, yaitu bermain kripto untuk menghasilkan keuntungan dalam waktu yang cukup singkat. Namun bermain kripto memiliki tingkat resiko tinggi jika dibandingkan dengan bursa saham, apalagi jika tidak memiliki cukup banyak ilmu ketika terjun ke dunia kripto.

Akhir kata, cara cari uang tambahan akan berhasil jika kamu memiliki kemampuan yang menonjol dan memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan rupiah. Oleh karena itu, gali terus potensi yang ada dalam dirimu agar bisa mendapatkan uang tambahan berdasarkan potensi skill yang dimiliki. Semoga bermanfaat!

 

Related posts