Cara Duplikat Google Form

Cara Duplikat Google Form
Cara Duplikat Google Form

Workspace yang terdapat di Google Inc ini, memiliki salah satu fitur di dalamnya dan dikenal dengan fitur G-Form. Dimana, masyarakat dapat menggunakannya untuk membantu kalian dalam mengatasi berbagai urusan administrasi. Mulai dari pembuatan formulir secara umum, hingga cara duplikat Google Form juga dapat kamu lakukan. Ada yang gratis dan berbayar.

Pilih pemanfaatan akun sesuai keperluan kalian masing-masing. Biasanya, versi berbayar ini ditujukan untuk kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan maupun sekolah. Kedua tempat tersebut, diketahui paling sering menggunakan urusan administrasi dalam aktivitasnya sehari-hari. Oleh sebab itu, wajar apabila pihak sekolah maupun kantor memilih akun VIP G-Form.

Masyarakat jarang sekali yang menggunakannya sekedar untuk iseng. Kebanyakan, para guru atau siswa di tingkat perkuliahan lah pengguna aktif dari fitur Google Form. Alhasil, banyak yang beralih dari Microsoft Excel. Soalnya, selain praktis dan efektif. Kamu tidak harus pakai OS yang sama untuk mempertahankan kualitas file yang dikirimkan oleh orang lain. Online!

Cara Duplikat Google Form

Cara Duplikat Google Form
Cara Duplikat Google Form

Cara Duplikat Google Form Orang Lain

Operasional pembuatan formulir sampai dengan penyebarluasannya semua dilakukan secara daring atau virtual.  Lebih efisien, karena tidak membutuhkan waktu lama dalam bagikan file. Apalagi, sampai harus mengunduh aplikasi tertentu terlebih dahulu. Merepotkan, pastinya. Selain itu, sistem juga sudah menjamin keamanan data para penggunanya. Aman dari hacker.

Cara duplikat Google Form orang lain, memang mudah. Tetapi, kalian juga butuh perizinan yang telah diberikan oleh pemilik file asli tersebut. Bila akun Gmail dari pemilik data belum mengubah peraturan di dalam account miliknya. Maka, kemungkinan besar akses yang dapat kamu lakukan adalah melihat data saja. Bukan menyalin isinya, maupun edit keseluruhan.

  1. Buka “Google Formulir” melalui perangkat laptop atau ponsel kalian
  2. Pilih “Salah Satu File Formulir atau Kuis” yang akan kalian salin datanya
  3. Ketuk ikon titik tiga yang terdapat di pojok atas sebelah kanan
  4. Pilih opsi “Lainnya”
  5. Lanjutkan dengan memilih “Buat Salinan”
  6. Tentukan “Nama Salinan” dari form yang telah kalian copy
  7. Mengubah tempat atau lokasi penyimpanan file form yang terdapat di G-Drive kalian (opsional)
  8. Pilih “Folder” yang akan kalian gunakan sebagai tempat menyimpan file (bisa di tempat lama atau baru)
  9. Ubah pengaturan file ke mode “Bagikan Salinan dengan Kolaborator”
  10. Klik kotak “Bagikan” sampai muncul tanda centang di dalam kotak tersebut
  11. Pilih “Oke” untuk mengakhiri proses cara duplikat Google Form.

Pengguna Google Form juga dapat mengubah format file yang telah disalin ke dalam Word. Akan tetapi, kalian butuh bantuan aplikasi convert untuk melakukannya. Kamu bisa langsung coba secara online tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Metode convert tersebut, biasanya digunakan untuk permudah kolaborator lainnya yang ingin sunting isi dari file tersebut. Easy!

Kalian juga dapat menerapkan Google Form untuk kebutuhan pembuatan soal ujian atau kuis. Umumnya, ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru maupun pihak panitia PAS/PTS sebelum memulai penyebarluasan soalnya. Berikut penjelasannya:

  1. Database yang berisikan soal maupun jawaban dari peserta PAS/PTS, dikumpulkan terlebih dahulu kepada panitia
  2. Setelah itu, panitia bertugas untuk membagikannya secara otomatis ke masing-masing guru mata pelajaran yang bertugas
  3. Mengganti judul dari soal serta tambahan suntingan lainnya dilakukan agar memudahkan penerima
  4. Pengaturan jadwal. Mulai dari hari sampai dengan waktu pengerjaan dilakukan oleh pihak panitia
  5. Termasuk juga bila ada tambahan kebutuhan lainnya. Disesuaikan dengan kondisi saat pelaksanaan berlangsung.

Cara Copy Soal Google Form

Berikut ini adalah beberapa langkah umum yang perlu dilakukan oleh kalian, apabila hendak lakukan penyalinan file dari Google Form. Simak di bawah ini!

  1. Masuk ke Google Drive kalian masing-masing
  2. Sebelumnya, ajukan permohonan kepada pemilik database file asli untuk mengubah pengaturan filenya ke “Tambahkan Kolaborator”
  3. Periksa laman utama akun G-Drive kalian
  4. Lihat pada menu “Shared With Me” yang nantinya kalian dapat melihat file yang telah dibagikan ke akunmu dari account milik orang lain
  5. Ketuk ikon titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas, tepat di file yang akan kalian salin
  6. Pilih “Salin Dokumen”, lalu ubah nama file hasil copy untuk memudahkan kalian membedakan dengan yang asli
  7. Hindari melakukan editing terhadap file versi asli tanpa memberitahu terlebih dahulu kepada pemilik aslinya
  8. Kalian dapat dengan bebas melakukan perubahan pada file hasil salinan di akunmu.

Cara Copy Google Form ke Akun Lain

Data siswa atau milik kalian pribadi, dapat terorganisir dengan mudah melalui bantuan dari kehadiran Google Form. Selain itu, istimewanya layanan tersebut dapat digunakan secara real time. Alhasil, siapapun yang mendapatkan link untuk mengakses filenya bisa langsung copy atau bahkan edit isinya bila terdapat kekurangan. Pertama kali rilis, tanggal 6 Februari, 2008.

Cara copy Google Form ke akun lain, dapat langsung kalian terapkan saja bagikan ke sesama kolaborator. Termasuk ke dalam jenis survey web, pengembangnya tidak lain adalah Google LLC. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh G-Form:

  • Pengguna dapat melakukan konferensi pers dengan dihadiri 100 peserta (umum). Kalau kamu upgrade ke berbayar, maka jumlahnya bisa mencapai 500 peserta dengan bantuan alat Google Meet
  • Seluruh data kalian tersimpan dengan aman di dalam ruang penyimpanan Google Drive
  • Hanya pemilik data saja yang dapat mengakses keseluruhan isinya. Tetapi, terdapat pengecualian bagi kalian yang sudah merubah pengaturan
  • Di sisi lain, kalian bisa langsung terintegrasi dengan layanan lainnya seperti Google Sheets
  • Hasil pengerjaan Google Form disesuaikan berdasarkan waktu nyata atau real time
  • Kamu bisa membagikan data yang dimiliki ke orang lain dengan sangat mudah
  • Sistem secara otomatis dapat merangkum hasil yang diberikan oleh responden. Baik itu dalam bentuk grafik maupun diagram

Kecanggihan layanan yang dihadirkan oleh alat Google Form tersebut, memang tidak sedikit. Kamu bisa merasakannya sendiri setelah menggunakannya secara personal. Tahukan kalian? Ternyata, di G-Form tersimpan hal-hal berikut:

1. Tanggapan yang Bersifat Valid

Buat kalian yang membutuhkan data survei yang bersifat valid, melalui penyebaran kuisioner dari Google Form lah, kamu bisa mendapatkannya dengan cara yang mudah. Semua jawaban dari peserta,mengandung angka dan komentar yang cukup detail atau spesifik. Oleh sebab itu, sitem dapat dengan mudah mengurutkannya dari angka terkecil ke besar atau sebaliknya. Try!

2. Memiliki Logika yang Bercabang

Terkadang, logika koneksi ini tidak terlalu diperhatikan oleh para pengguna Google Form.  Misalnya, menjawab pertanyaan. Orang tersebut harus menentukan pilihan dari 3 pertanyaan yang diajukan.  Nanti, pada sesi berikutnya sistem akan mengarahkan sesuai jawaban darimu. Misal, ada privasi, publik, dan rahasia. Pilih publik, maka list pertanyaannya seputar publik.

3. Drag and Drop

Objek yang terdapat di dalam Google Form dapat dengan mudah kalian pindahkan dengan drag atau seret. Kemudian, setelah posisi yang ditentukan sudah tepat, tinggal kamu drop saja. Tidak hanya ketika menggunakan perangkat laptop atau komputer. Cara tersebut, bisa dicoba menggunakan ponsel genggam seperti android dan iPhone.

Sekian pembahasan terkait cara duplikat Google Form. Semoga bermanfaat. See you on the next awesome topics. Enjoy your days, and bye!

Related posts