Cara Cas Aki Kering

Tahukah Kamu bagaimana cara cas aki kering? Ya, setiap kendaraan memiliki aki yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan daya listrik yang dibutuhkan oleh kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Adapun fungsi aki kendaraan ini digunakan untuk menyalakan semua komponen yang berhubungan dengan listrik baik itu lampu-lampu, suplai arus yang masuk ke dashboard, atau starter elektrik.

Dengan fungsi yang begitu penting, maka seharusnya kamu tidak boleh menyepelekan aki begitu saja, terlebih jika aki kendaraanmu mengalami hilang daya. Apabila terjadi kehilangan daya, bisa jadi kendaraannmu tidak bisa dinyalakan dan terpaksa kendaraanmu harus didorong manual sampai bengkel terdekat hanya untuk mengganti aki yang lama dengan aki yang baru.

Read More

Tidak semua orang memiliki cukup dana untuk membeli aki baru karena memang harganya cukup menguras kantong mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. oleh sebab itu, ada salah satu alternatif lain yaitu dengan cara cas aki.

Jenis Aki yang Beredar di Pasaran

Ada dua jenis aki yang biasanya dibutuhkan oleh kendaraan. Diantara kedua jenis aki tersebut yaitu aki basah dan aki kering. Dimana kedua jenis aki ini bisa diakali dengan cara dicas terlebih dulu, sehingga daya listrik didalamnya bisa Kembali optimal.

Salah satu kelemahan aki dicas ialah bisa memperpendek usia penggunaan aki, jadi ujung-ujungnya tetap harus diganti. Namun setidaknya, kamu bisa mempersiapkan dana terlebih dahulu dengan mengumpulkan uang untuk membeli perangkat aki yang baru, sembari mengikuti cara cas aki kering.

Dalam cara cas aki mobil sebelumnya kita membahas proses pengecasan aki kering dan aki basah, namun disini kita akan lebih fokus pada pengecasan aki kering. Alasannya ialah karena adalah sebagian besar kendaraan menggunakan jenis aki ini. Ada beberapa perbedaan yang cukup siginifikan antara aki basah dan aki kering yang wajib kamu tahu. Maka dari itu, sebelum membahas cara cas aki kering, kamu wajib tahu perbedaaan kedua jenis aki yang beredar di pasaran.

1. Aki kering

Cairan pada aki kering memiliki struktur padat, dengan bentuk menyerupai gel. Dari segi harga, aki kering bisa lebih di unggulkan karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan aki basah. Hanya saja untuk aki kering sendiri memerlukan perwatan khusus agar pemakaiannya lebih awet sesuai dengan usia pakai yang sudah ditentukan oleh pabrik.

2. Aki Basah

Berbeda dengan struktu aki kering yang padat, struktur aki basah bisa dibilang lebih encer. Jika dari segi harga, aki basah jauh lebih mahal dibandingkan aki kering. Namun keuntungannya adalah tidak membutuhkan perwaratan khusus karena sifatnya bebas perawatan (Manintenance Free).

Cara Cas Aki Kering

Cara Cas Aki Kering
Panduan Cas Aki Kering Mudah

Panduan Mengecas Aki Kering

Mengingat aki kering memerlukan perawatan yang lebih jika dibandingkan aki basah. Oleh sebab itu, di sini kita akan mencoba tutorial cara cas aki kering pada kendaraanmu. Dengan begitu, daya listrik pada aki menjadi optimal Kembali. Kamu pun bisa bermanuver Kembali dengan kendaraan kesayanganmu. Berikut panduannya :

1. Pastikan Sumber Listrik Mempunyai Daya yang Stabil

Cara cas aki kering yang pertama, Kamu harus perhatikan dulu sumber listrik di rumahmu stabil terlebih dahulu, sebab dikhawatirkan terjadi kegagalan saat pengecasan aki kering akibat aliran listrik yang tidak stabil. Biasanya permasalahan listrik di rumah adalah adanya pemadaman listrik bergilir sehingga menyebabkan pengecekkan aki kering tidak selesai. Memang pemadaman listrik bergilir sangat kecil kemungkinan terjadi, namun teap saja kamu harus mewaspadainya.

Berbeda dengan daya listrik di bengkel yang dinilai stabil, karena ada generator yang bisa memasksimalkan kerja listrik walaupun terjadi pemadaman listrik bergilir. Oleh karena itu, jika pengecekkan aki kering akan dilakukan dirumah, maka kamu perlu tahu jadwal pemadaman listrik di wilayahmu.

Tujuan utama listrik harus stabil adalah supaya pengecasan aki kering pada kendaraanmu bisa berjalan dengan lancar. Kamu pun tidak perlu lagi mengulangi pengecasan dari awal. Sebab ada beberapa produk aki kering yang mengharuskanmu melakukan pengecasan Kembali dari awal hingga selesai tanpa ada kendala kelistrikan sama sekali.

2. Persiapkan Perangkat Cas Untuk Aki Kering

Sebenarnya untuk cas aki kering masih bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan aki dari kendaraan. Namun jika seandainya perlu dikeluarkan dengan alasan jauh dari sumber listrik, maka bisa juga dilakukan karena aki adalah komponen yang bisa di bongkar pasang. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah sebaiknya pilih lokasi yang aman dengan kondisi lantai kering dan tentu saja jauh dari jangkauan anak-anak.

Beberapa produsen aki memberitahukan kepada pemakai aki bahwa produk yang ditawarkannya merupakan produk anti air. Ya memang tidak salah karena aki harus tahan terhadap air, namun untuk jaga-jaga saja lebih baik melakukan cas aki kering ditempat yang aman dan nyaman.

Sekedar informasi saja, bahwa pengecasan untuk aki 4,2 ampere dengan charger sebesar 2 ampere bisa membutuhkan waktu yang cukup lama antara 6 hingga 7 jam waktu pengecasan, sampai daya listrik kembali penuh. Oleh karena itu, jika ingin proses pengecasan tanpa kendala atau gangguan Kamu harus memastikan tempat yang dekat dengan ketersediaan listrik.

3. Cara Menyambung Kabel Cas

Cara cas aki kering selanjutnya ialah memastikan cara penyambungan kabel cas. Untuk menyambungkan kabel cas ke aki tidak boleh terbalik, kamu wajib menghubungkannya sesuai terminalnya. Adapun rinciannya yaitu jika kabel merah digunakan unuk terminal plus sedangan kabel hitam digunakan untuk terminal minus.

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba cas aki kering tanpa tahu letak posisi terminal plus atau minus. Sebaiknya jangan khawatir terbalik karena biasanya di bagian yang tak jauh dari terminal ada logo plus dan logo minus.

Jadi bisa mempermudahmu melakukan pemasangan kabel cas dengan benar tanpa terbalik. Adapun kerugian jika melakukan pemasangan kabel terbalik ialah bisa menyebabkan korsleting atau arus pendek.

4. Lakukan Pengecasan Sesuai Dayanya

Cara cas aki kering selanjutnya ialah lakukan pengecasan sesuai dayanya. Setiap kapasitas aki, tentu saja harus di isi menyesuaikan daya yang telah ditentukan. Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa untuk cas aki 4,2 ampere, maka kamu hanya perlu mengisi daya aki tersebut maksimal 2 ampere saja. Gunanya patuh pada ketentuan tersebut adalah agar aki bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

5. Segera Cabut Kabel Cas Jika Pengisian Aki Sudah Selesai

Sebagai orang awam, umumnya untuk mengecak aki apakah sudah penuh atau tidak yaitu dengan memegang bagian samping aki. Jika terasa hangat., maka kemungkinan besar aki yang kamu cas sudah terisi penuh. Namun jika tidak terasa hangat jangan dulu di cabut, kamu tunggu beberapa saat lagi. Patokannya adalah maksimal 7 jam pengisian.

Ada panduan cara cas aki kering dengan benar yang dapat memantau langsung berapa jumlah daya aki yang telah terisi, yakni memakai charger aki khusus yang sudah dilengkapi dengan lampu indikator.

Setelah penuh, segera cabut dan cobalah untuk memeriksa ketegangannya apakah sudah di atas 12,5 volt atau masih lemah dibawah 12,5 volt.

Oke, itulah 5 tahapan penting yang harus diperhatikan dalam cara cas aki kering untuk kendaraanmu. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut tanpa ada yang terlewat. Semoga bermanfaat!

 

Related posts