Cara Belanja di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba

Gimana sih cara belanja di Alibaba? Ya, bagi pemula yang penasaran dengan barang-barang import tentu ingin mencoba berbelanja produk di Alibaba. Alibaba sendiri adalah salah satu marketplace terkemuka dan terbesar di dunia. E-Commerce Alibaba merupakan pemasok terbaik bagi pembelian produk berjumlah besar dan secara grosir. Sehingga memungkinkan kita dapat menjualnya Kembali dengan laba yang menggiurkan.

Sayangnya, banyak orang Indonesia yang masih awam dan belum mengetahui tata cara belanja di Alibaba. Padahal berbelanja di Alibaba memungkinkan kita bisa berjualan produk Alibaba Kembali kepada konsumen di Indonesia.

Read More

Keuntungan Berbelanja di Alibaba

Banyak orang memilih impor dan berbelanja di marketplace Alibaba karena harganya sangat terjangkau. Kehadiran e-commerce Alibaba sendiri sudah mempermudah pelaku usaha untuk mencari sekaligus berbelanja produk tertentu yang akan dijual. Berikut keuntungannya :

1. Harga Produksi Barang Murah

Kamu dapat berbelanja produk-produk yang harganya terjangkau, daripada membeli barang serupa di Indonesia. Belum lagi, jika membeli produk tersebut dalam jumlah besar, kemungkinan Kamu bisa mendapatkan potongan harga. Di samping itu, Kamu pun dapat bernegosiasi harga produk dengan penjual sampai deal.

2. SIstem Navigasi Sangat Mudah

Ketika berbelanja di Alibaba, maka Kamu tak butuh waktu lama dalam memahami proses transaksi atau pembeliannya. Sebab situs Alibaba dibuat dengan user friendly bahkan mudah dimengerti orang awam sekalipun, baik dalam hal mencari barang maupun bertransaksi.

3. Efisien

Berbelanja di Alibaba bisa menghemat biaya dan waktu yang dikeluarkan. Sebab Kamu tak perlu merogoh kodek ekstra untuk pergi ke China secara langsung, jika ingin membeli barang import dari China. Hal ini tentu saja semakin menghemat transportasi, mengingat berbelanja di Alibaba cukup dilakukan secara online.

4. PIlihan Supplier Sangat Banyak Untuk Produk Serupa

Alibaba juga memiliki banyak pilihan supplier yang menjual produk serupa. Dimana hal tersebut mempermudahmu untuk menentukan atau memilih supplier yang bisa memberimu harga produk semurah mungkin.

Bagaimana Keamanan Impor Barang di Alibaba?

Untuk hal yang satu ini, Kamu tak perlu khawatir. Karena Alibaba yang notabene-nya sebagai e-commerce terkemuka di dunia, oleh karenanya situs ini termasuk tempat paling nyaman dan aman untuk pelaku usaha jika ingin membeli produk-produk dari China. Maka dari itu, guna mendukung transaksi yang terjadi pada platformnya, e-commerce ini telah menciptakan sistem transaksi denga naman.

Sistem Transaksi Alibaba

Alibaba menamakan sistem transaksi yang dilakukan pada platformnya, dengan nama ‘Alibaba Trade Assurance. Dengan sistem Alibaba Trade Assurance inilah, Alibaba ikut menjamin keamanan proses transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual. Oleh sebab itu, jika melakukan pembelian produk di Alibaba memakai sistem ini, uang yang dibayarkan pun menjadi lebih aman. Sebab pihak Alibaba sendiri siap menjamin uangmu. Jadi jangan khawatir jika Kamu ditipu seller di Alibaba. Dimana, sistem transaksi tersebut serupa dengan sistem rekening bersama, dan kini telah diterapkan oleh banyak e-commerce Indonesia.

Cara Belanja di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba
Tutorial Berbelanja di Alibaba Aman

Tutorial Belanja di Alibaba Dengan Aman

Bagi yang ingin mencoba membeli barang di Alibaba, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mempunyai akun Alibaba terlebih dahulu sebelum membeli barang. Berikut ulasan cara belanja di Alibaba dengan aman dan mudah :

1. Buat Akun Alibaba

Cara membuat akun Alibaba sangat mudah dilakukan, berikut langkah-langkahnya :

  • Gunakan browser bawaanmu untuk membuka situs alibaba. Situs web Alibaba bisa di akses melalui alibaba.com.
  • Jika sudah terbuka halaman utama situs Alibaba, lihatlah di samping atas pada menu pencarian. Dari sana Kamu akan menemukan menu ‘sign in’ dan ‘join free, pilihlah join free untuk memulai dalam proses pembuatan akun Alibaba milikmu.
  • Setelah klik join free, Kamu wajib mengisi informasi data diri diantaranya adalah Country/Region, Trade Role, Email Address, Login Password, Confirm Password, Company Name, Ful Name, Phone, dan Verification.
  • Isilah dengan benar kolom-kolom tersebut, setelah dipastikan semua isian benar, selanjutnya tinggal centang kolom persetujuan dan klik ‘Agree and Register’.
  • Beriutnya akan muncul jendela verifikasi kode yang akan masuk ke dalam akun emailmu, bukalah email tersebut lalu copy kode verifikasi dan pastekan kedalam kolom yang tersedia.
  • Jika sudah, terakhir klik ‘Submit’.

Dengan menyelesaikan rangkaian proses pembuatan akun alibaba, maka kamu sudah berhasil memiliki akunnya. Langkah selanjutnya tinggal gunakan akun Alibaba untuk berbelanja berbagai macam barang yang kamu perlukan.

2. Pilih Barang Favoritmu

Setelah membuat akun, selnjutnya kamu tinggal memilih barang-barang yang akan kamu beli di e-commerce Alibaba. Ada banyak cara dalam memilih barang, diantaranya :

  • Memilih Barang Berdasarkan Kategori

Jika sudah tahu kategori produk yang akan dibeli, selanjutnya tinggal masuk untuk mencari barang yang diinginkan.

Ada berbagai macam kategori barang yang di kelompokkan di Alibaba, sepeti Machinery/Vehiles & Accessories, Consumer Electronics/Home Appliances, Home & Garden/Furniture, dan lain sebagainya.

Setiap kategori, biasanya akan muncul lagi opsi kategori lainnya yang lebih sepesifik hingga kamu menemukan barang yang kamu cari. Untuk satu jenis produk, biasanya akan muncul berbagai pilihan produk yang berkaitan dengan kategori tersebut. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyortir barang yang akan kamu beli.

  • Pilih Barang Lewat Menu My Markets

Cara belanja di Alibaba selanjutnya ialah memilih produk. Selain pencarian berdasarkan kategori, kamu juga bisa menelusuri barang lewat laman My Markets di halaman depan alibaba. Secara umum teknisnya sama, yaitu pencarian berdasarkan kategori, namun ini lebih ke rincian produk yang lebih spesifik.

  • Memilih Barang Lewat Kontak Pencarian

Lengkah berikutnya ialah cari produk tertentu di kotak pencarian yang ada di bagian atas halaman Alibaba. Ini adalah cara termudah yang dapat dilakukan, karena kamu tidak perlu repot-repot mencari setiap sub kategori hanya untuk menemukan barang yang kamu inginkan.

Dengan menggunakan kotak pencarian, maka kamu akan langsung tertuju pada barang yang kamu cari saja. Misalnya jika kamu mencari televisi, kamu tinggal ketikan ‘televisi’ di kotak pencarian, selanjutnya akan ada banyak produk TV dari berbagai ukuran dan merk yang bisa dipilih.

3. Kesepakatan Bersama Supplier

Setelah kamu memilih barang yang kamu butuhkan di alibaba, cara belanja di Alibaba selanjutnya ialah cukup menghubungi supplier dari barang tersebut. Sebelumnya pastikan agar seller memiliki status Verified Supplier atau Trade Assurance, agar belanjamu lebih aman.

Silahkan hubungi supplier tersebut dengan cara mengirimkan pesan tepat di kolom yang tersedia, di bawah produk yang kamu pilih. Kamu bisa menanyakan berbagai hal terkait proses pembelian, pengiriman dan lainnya.

Namun jika ingin mengirimkan chat ke supplier di Alibaba, Kamu harus memakai bahasa Inggris atau bahasa Mandarin.

Tujuan dari pengiriman pesan adalah sebagai media antara penjual dan pembeli dalam berkomunikasi sampai penentuan harga yang telah disepakati. Selain itu, Kamu dan supplier juga bisa saling bertukar kontak agar lebih mudah apabila ada beberapa hal yang ingin ditanyakan atau ada keluhan tanpa media alibaba lagi.

4. Metode Pembayaran

Cara belanja di Alibaba berikutnya ialah proses pembayaran. Lakukan pembayaran jika sudah ada kesepakatan diantara keduanya, adapun pilihan metode pembayaran berada di detail produknya. Kamu tinggal memilih metode apa yang cocok untuk pembayaran.

5. Tunggu Pesanan Barang

Tunggulah pesanan barang yang Kamu beli di Alibaba dengan pengiriman dari luar negeri, biasanya waktunya cukup lama dibandingkan dengan pengiriman barang lokal.

Demikian ulasan tentang cara belanja di Alibaba bagi pemula dengan aman, agar Kamu  berhasil memberi barang favoritmu di Alibaba. Bagaimana, mudah kan?

 

 

Related posts