Cara Order di Alibaba

Cara Order di Alibaba

Bagaimana sih cara order di Alibaba? Kita tahu bahwa aktivitas belanja online seolah menjadi sebuah kebutuhan bagi kebanyakan orang saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan marketplace yang menyediakan ribuan produk yang bisa dipesan secara online, baik dari masyarakat Indonesia itu sendiri maupun masyarakat luar negeri. Begitupun sebaliknya, masyarakat Indonesia juga kerap menyerbu e-commerce dari luar negeri untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Salah satu e-commerce terbesar yang banyak digandrungi konsumen dari Indonesia adalah Alibaba. Hanya saja, sebagian lainnya merasa enggan berbelanja online di Alibaba, mengingat mereka belum mengetahui cara order di Alibaba. Di samping itu, tak sedikit pula yang beranggapan bahwa cara pembayaran di Alibaba cukup sulit dengan proses pengiriman yang sangat lama. Akan tetapi, Kamu nggak perlu khawatir karena sebenarnya berbelanja dan memesan produk di Alibaba sangat mudah.

Read More

Alibaba adalah situs belanja online yang cocok sekali bagi Kamu yang tertarik menekuni bisnis berdagang, sebab Alibaba adalah lapak para seller atau penjual yang menjajakan barang dagangannya. Dengan kata lain, jika Kamu berbelanja di Alibaba, Kamu harus bertanya lebih dulu ke penjualnya langsung. Tujuannya, agar Kamu mengetahui harga serta biaya ongkos kirim yang dibebankan jika ingin membeli produk yang diinginkan.

Cara Order di Alibaba

Cara Order di Alibaba
Order Barang di Alibaba

Tutorial Order di Alibaba Mudah

Ada beberapa petunjuk cara order di Alibaba dari tahap pembuatan akun sampai checkout barang pesananmu. Jika Kamu baru berbelanja di Alibaba pertama kali, maka Kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini :

1.  Membuat Akun di Alibaba

Jika Kamu mempunyai akun di Alibaba, Kamu bisa menelusuri produk dari supplier lebih banyak. Pembuatan akun di Alibaba sendiri sangat sederhana, caranya tinggal klik “daftar” di samping kanan atas.

Silahkan isikan akun email untuk melakukan verifikasi,kemudian Alibaba akan langsung mengirimkan emailmu untuk verifikasi akun. Silahkan klik link untuk konfirmasi menuju halaman web Alibaba. Lalu, isi datanya secara lengkap.

Selanjutnya, Kamu akan langsung menuju halaman baru dan pendaftaran pun selesai dilakukan. Sesudah selesai, Kamu bisa memakai seluruh fitur yang terdapat di Alibaba.

2. Cari Produk Berdasarkan Niche

Untuk berbelanja di Alibaba sendiri, ada 3 langkah yaitu, mencari produk, mencari supplier, atau memposting permintaan pembelian.

Tahapan mencari supplier sendiri merupakan pilihan pencarian saat berbelanja di situs Alibaba. Adapun penjelasannya alasannya ialah sebagai berikut :

Tahap 1 : Pencarian Produk

Dalam pencarian produk, ketik nama barang/produk dan Kamu akan menerima sebanyak 500 sampai 500.000 hasil pencarian. Selanjutnya, Kamu tinggal pilih produk yang tersedia.

Tahap 2 : Pencarian Supplier

Kamu menulis nama produk/barang, namun daftar produknya tak disediakan, dengan begitu Kamu akan memperoleh daftar supplier yang dapat dipilih. Ini adalah tahap “pencocokan produk” bagi se;luruh supplier penyedia produk yang terdaftar.

Hal tersebut penting, karena beberapa pertimbangan berikut :

  • Dengan semakin banyaknya barang/produk yang sesuai dengan supplier, menandakan semakin profesional pula supplier produk tersebut.
  • Supplier khusus produk tertentu biasanya menawarkan harga lebih rendah, dengan kualitas lebih tinggi, serta waktu produksi lebih cepat. Selain itu, mereka juga biasanya  mempunyai pengalaman dan pengetahuan lebih banyak tentang sertifikasi produk.
  • Hanya saja masalahnya sedkit sekali supplier yang biasanya mematuhi peraturan, seperti RoHS, CPSIA dan CE. Jika Kamu tidak mengetahui mana peraturan yang berlaku bagi produkmu, maka lebih baik Kamu memakai jasa importir. Silahkan konfirmasi persyaratan mengenai sertifikasi produk hukum, penyediaan supplier dan persyaratan pembelian label.

Tahap 3 : Mengirimkan Alibaba RFQ

Sebenarnya Alibaba menyediakan fitur yang begitu menarik. Kamu memberikan informasi mengenai produk, persyaratan pengiriman, persyaratan harga serta ketentuan pembayaran.

Tahap 4 : Permintaan Untuk Quotation

Selanjutnya akan tersedia ratusan supplier terpercaya yang bisa Kamu pilih. Hanya saja kelemahannya ialah beberapa supplier terkadang menanggapi dengan cara menyalin orderan yang disisipkan yang bahkan tak mendekati produk atau barang yang Kamu minta.

3. Melakukan Order Barang

Cara order di Alibaba selanjutnya ialah melakukan order barang. Jika Kamu telah mengecek produk supplier yang dituju, sesuai apa yang diinginkan dan deskripsi produknya pun sudah oke. Maka langkah berikutnya yaitu Kamu bisa melakukan pemesanan produk. Pada langkah ini, sebaiknya lakukan dengan benar dan pastikan Kamu memesan produk yang diinginkan. Jika masih ragu, serta masih ingin menawar produknya, Kamu tinggal klik saja di kontak supplier jika ingin menanyakan produk lebih detail. Apabila sudah deal harganya, Kamu tinggal klik Start Order jika ingin melanjutkan proses untuk berbelanja di Alibaba.

4. Memilih Metode Pengiriman

Tak hanya jumlah, cara pembayaran dan alamat tempat tinggal, biasanya seller akan menanyakan metode pengiriman. Umumnya ada berbagai jenis metode pengiriman di Alibaba yang dapat dipilih, seperti Fedex, DHL dan EMS. Ketiganya umumnya diktaegorikan ke dalam metode pengiriman cepat. Akan tetapi, bagi yang ingin memesan produk berjumlah banyak, berbobot berat atau berukuran besar, mungkin harus berpikir ulang memakai jasa kurir di atas sebab ongkos kirimnya cenderung mahal. Solusinya, Kamu bisa memakai sistem pengiriman registered mail dengan tarif pengiriman leibh ekonomis.

Apabila Kamu dan perusahaan telah mencapai kesepakatan tentang sistem pengiriman yang dipakai, biasanya perusahaan akan langsung menerbitkan invoice. Adapun invoice tersebut biasanya berisi jumlah barang, detail barang, ongkos kirim dan harga barang, metode pembayaran dan alamat tujuan pengiriman.

5. Melanjutkan Proses Pembayaran

Langkah cara order di Alibaba selanjutnya ialah melakukan pembayaran. Sebenarnya, ada berbagai pilihan cara pembayaran pesanan internasional. Dimana setiap Kamu bertransaksi di Alibaba, Kamu akan dibebankan fee payment. Jika Kamu memakai Paypal misalnya, maka Kamu akan dibebankan tarif atau fee senilai 25 USD.

Sedangkan untuk proses pembayaran yang telah disediakan di situs web ini, Kamu semua bisa memakai kartu kredit, western union, Paypal dan transfer bank. Kamu hanya perlu memilih saja metode pembayarannya.

6. Tunggu Sampai Orderanmu Tiba

Cara order di Alibaba pun sudah selesai. Apabila produk atau barang yang dipesan telah memasuki pengiriman kurir atau ekspedisi, sekitar 2 minggu lebih selanjutnya baranga akan tiba di tempat tujuan. Biasanya pengiriman barang mempunyai tarif lebih terjangkau apabila dikirim lewat laut, yaitu dikirim menggunakan kapal barang atau kapal kargo. Sebab pengiriman produk dari luar negeri, biasanya saat memasuki negara Indonesia harus melalui proses pemeriksaan Bea Cukai. Adapun proses pengirimannya bisa menghabiskan banyak waktu, karena itu pembeli diharapkan lebih bersabar lagi menunggu kedatangan barang.

Itulah panduan cara oder di Alibaba yang dapat Kamu lakukan dengan mudah, akan tetapi Kamu harus mengetahui hal penting saat berbelanja di situs Alibaba. Kamu perlu mencari tahu supplier yang ingin Kamu beli produknya terlebih dahulu, apakah supplier-nya sudah gold atau belum. Tujuannya ialah untuk mencegah agar Kamu tidak kecewa saat menerima barang. Demikianlah ulasan terkait berbelanja di Alibaba, semoga informasi di atas bermanfaat bagi pemula yang ingin berbelanja di Alibaba.

Related posts