Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total
Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total

Cara menghidupkan HP Xiaomi yang mati total sebenarnya tidaklah sulit. Ada beberapa metode yang dapat kamu coba untuk menyalakan handphone Xiaomi milikmu yang sudah terlanjur mati total.

Jika handphone Xiaomi milikmu tiba-tiba mati total, jangan panik dulu dan langsung membawanya ke tempat service handphone. Karena kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghidupkan kembali HP Xiaomi milikmu tersebut.

Sebenarnya ada banyak penyebab yang bisa membuat smarphone menjadi mati total seperti kehabisan baterai, handphone terkena air dan masih banyak lagi. Setelah kamu mengetahui penyebab dari HP Xiaomi milikmu mati total, kamu bisa melakukan langkah-langkah untuk menghidupkan smartphone tersebut.

Apa Penyebab HP Xiaomi Mati Total ?

Jika handphone kamu tiba-tiba mati tanpa kamu tahu kenapa, maka akan dibahas beberapa faktor yang bisa menyebabkan handphone khususnya Xiaomi menjadi mati total. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyababkan smartphone menjadi mati total :

  • Baterai handphone sudah rusak
  • Handphone jatuh
  • Handphone terkena air
  • IC power pada HP rusak
  • Gagal reboot
  • Umur handphone yang sudah terlalu tua
  • HP Overheat

Itulah beberapa penyebab yang umumnya menjadi faktor utama yang membuat handphone menjadi mati, sebenarnya masih banyak lagi faktor penyebab handphone menjadi mati. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam menggunakan smartphone supaya lebih awet.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total
Cara Menghidupkan HP Xiaomi Yang Mati Total

Permasalahan handphone miliku mati total atau tidak dapat dihidupkan sama sekali mungkin bisa dialami siapa saja pengguna smartphone. Dan salah satunya adalah merek handphone Xiaomi, jika kamu sedang mengalami masalah handphone Xiaomi mati total dan kamu mencari cara untuk menghidupkannya lagi, maka artikel ini cocok untuk kamu simak.

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kamu coba untuk menyalakan kembali HP Xiaomi yang sudah mati total. Simak penjelasan berikut ini :

1. Tekan Tombol Power Selama 5 Detik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyalakan HP yang sudah terlanjur mati adalah dengan cara menekan tombol power selama 5 detik. Metode ini bisa kamu lakukan hanya jika tombol power handphone Xiaomi milikmu baik-baik saja dan tidak rusak.

Biasanya handphone yang tiba-tiba mati bisa saja karena adanya bug, oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba metode pertama ini. Setelah kamu menekan tombol power selama 5 detik, lalu tunggu hingga handphone menyala kembali.

Atau jika kamu ingin lebih cepat menyala, hubungkan handphone ke charger terlebih dahulu. Nantinya jika handphone sudah terhubung dengan daya, akan secara otomatis menyala sendiri.

2. Mengisi Daya Baterai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika handphone kehabisan daya bisa menjadi penyebab kenapa HP menjadi mati total. Oleh sebab itu, jika handphone kamu mati tanpa kamu tahu penyebabnya coba hubungkan handphone Xiaomi ke charger dan lakukan isi daya.

Apabila handphone kamu hidup setelah disi daya, maka kemungkinan besar smartphone milikmu memang kehabisan baterai. Jadi kondisi mati ini tidak disebabkan karena kerusakan pada HP. Namun apabila saat kamu mengisi daya dan terjadi overheat, segera cabut charger handphone kamu.

3. Periksa Kondisi HP Dengan Menggunakan Baterai Lain

Ada juga metode ketiga untuk menyalakan handphone Xiaomi yang mati total, yaitu dengan cara memeriksa kondisi handphone menggunakan baterai lain yang memiliki tipe baterai yang sama. Apabila penyebab handphone Xiaomi milikmu mati adalah karena adanya kerusakan dibagian baterai.

Maka hal ini bisa disebabkan karena masalah tegangan baterai yang sudah terlalu rendah. Untuk mengatasinya adalah dengan cara menganti baterai lama dengan baterai baru, sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika baterai baru tersebut dalam kondisi yang baik.

Supaya baterai handphone kamu menjadi awet, yang perlu kamu lakukan adalah selalu menggunakan charger original untuk handphone Xiaomi. Sebab menggunakan charger yang tidak original bisa menyebabkan baterai menjadi rusak karena tekanan daya yang tidak stabil.

4. Mengganti Baterai Dengan Baterai Original Xiaomi

Kemudian jika handphone kamu menjadi mati total disebabkan karena kamu tidak menggunakan baterai original dari Xiaomi maka solusinya adalah dengan mengganti baterai HP menjadi baterai original. Karena HP mati bisa disebabkan karena baterai yang rusak ataupun karena eror.

Apabila kamu sudah mengganti baterai menjadi baterai ori dan ternyata handphone masih belum bisa menyala. Berarti ada faktor yang yang menyebabkan handphone Xiaomi milikmu menjadi mati total.

5. Melepas Baterai, SIM Card, dan SD Card

Selain kamu bisa menggunakan keempat metode yang telah dijelaskan. Kamu juga dapat memilih untuk mencoba metode kelima ini yaitu dengan cara melepaskan baterai SIM Card dan juga SD Card. Namun cara ini bisa kamu lakukan apabila hanphone kamu tidak menggunakan jenis baterai tanam.

Meskipun terbilang cukup mudah, cara ini lumayan efektif untuk menghidupkan handphone. Sebab dengan melepaskan baterai, SIM Card, dan juga SD Card bertujuan untuk menyegarkan kembali sistem yang rusak pada handphone.

Caranya adalah lepas baterai apabila handphone kamu tidak menggunakan baterai tanam, lalu lepsa juga SIM Card dan juga SD Card. Setelah itu kamu bisa menunggu selama 30 menit, baru pasang kembali hal-hal tersebut. Kemudian periksa apakan handphone kamu sudah berhasil diaktifkan apa belum, jika belum coba metode lainnya.

6. Gunakan Software One Click Unbrick 

Selanjutnya ada juga metode lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan handphone Xiaomi yang mati total yaitu dengan bantuan software One Click Unbrick. Namun untuk melakukannya kamu memerlukan perangkat tambahan seperi laptop ataupun PC.

Kemudian untuk melakukannya, simak langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama download dan install software One Click Unbrick di website resminya.
  • Jika sudah install juga aplikasi java disitus web resminya.
  • Setelah itu hubungkan handphone Xiaomi milikmu dengan PC menggunakan kabel USB.
  • Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi dan pilih Unsoft Brick.
  • Kemudian akan muncul notifikasi eror, dan kamu bisa klik opsi Resolution Center.
  • Lalu klik folder yang memiliki nama heimdall.
  • Kemudian Extract Current Folder.
  • Selanjutnya Copy file One Click Unbrick dan juga One Click Loader yang sebelumnya kamu unduh.
  • Setelah itu klik kanan dan pada bagian One Click Loader.
  • Lalu tekan Run as Administrator.
  • Langkah berikutnya adalah akan muncul pesan eror, kamu bisa restart komputer milikmu.
  • Setelahnya lepaskan kabel USB dan juga kartu SIM serta kartu SD.
  • Dan tekan tombol volume bawah dan power pada handphone.
  • Setelah itu handphone Xiaomi milikmu akan secara otomatis melakukan flashing apabila langkah-langkah yang kamu lakukan sudah benar.
  • Tunggu hingga proses reboot selesai.

Demikianlah langkah-langkah untuk menyelakan handphone Xiaomi yang mati total menggunakan bantuan software One Click Unbrick.

7. Bawa Ke Service Center

Jika kamu sudah mencoba berbagai metode yang telah dijelaskan namun mash belum berhasil menyelakan handphone Xiaomi. Maka satu-satunya cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke service center.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menghidupkan HP Xiaomi yang mati total. Coba cara yang menurut kamu efektif dan efisien. Selamat mencoba.

Related posts