Cara Membuat Status di Telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan yang fungsinya sama dengan Whatsapp yaitu mengirim pesan ke sesama pengguna Telegram secara online. Sama seperti WhatsApp, di Telegram kalian juga bisa buat status. Hanya saja, status tersebut disematkan di bagian deskripsi profil, jadi berbeda dengan WhatsApp. Selain itu, banyak pengguna Telegram yang belum mengetahui cara membuat status di Telegram.

Sebenarnya aplikasi perpesanan Telegram menawarkan banyak fitur yang mungkin belum bisa kalian dapatkan di WhatsApp. Fitur yang paling menonjol adalah jumlah anggota yang bisa kalian buat dalam grup Telegram bisa sampai ribuan, yang tentunya berbanding jauh dari WhatsApp yang hanya sekitar 256 anggota.

Read More

Fitur-fitur Telegram

Di bawah ini ada beberapa fitur unik yang dapat dimanfaatkan para pengguna Telegram, diantaranya :

1. Bot

Bot merupakan fitur yang khusus disematkan pada aplikasi perpesanan tertentu. Bot berfungsi untuk membantu para pengguna dalam melakukan berbagai hal. Seperti dapat menerjemahkan bahasa tertentu, bermain game, mengecek nilai tukar uang, kalkulator dan sebagainya.

Pada telegram telah disematkan bot secara gatis, bahkan dapat diterapkan pada obrolan tertentu sesuai keinginan.

2. Channel

Telegram menawarkan fitur channel, sebagai tempat seseorang dapat mengirimkan pesan sesuai keinginan kepada para followersnya. Pada channel Telegram, biasanya yang dapat mengirim pesan atau chat hanya pembuatnya.

3. Username

Pada Telegram telah dilengkapi username. Biasanya fitur ini digunakan untuk memudahkan para pengguna dalam mencari kontak tertentu tanpa mengetahui nomor hpnya.

Selain itu, saat pengguna mencari sebuah kontak lewat username, dengan demikian nomor hp dari pengguna tidak dapat terlihat.

4. Edit Pesan

Edit pesan sebenarnya sangat jarang ditemukan pada aplikasi perpesanan. Melalui fitur ini, saat kalian menulis pesan ‘salah ketik’ atau typo tapi terlanjur terkirim, maka kalian dapat mengubah pesan tersebut.

Untuk memudahkan kalian membedakan pesan yang diedit dengan pesan asli, biasanya ada penandaan pemberitahuan edited tepat di bawah pesan.

5. Secret Chat

Aplikasi Telegram menawarkan opsi secret chat. Fitur ini berguna untuk membuat sebuah pesan rahasia, sperti kalian dan kontak pengguna lain yang bersangkutan.

Hanya saja perbedaannya, keamanan secret chat tersebut lebih tinggi. Sebab kalian dapat mengatur kapan pesan di secret chat tersebut dapat terhapus otomatis. Di samping itu, fitur yang satu ini juga tidak mempunyai pilihan forward bahkan tidak dapat di screenshot.

Tidak dapat dipungkiri bahwa selain menawarkan banyak fitur, aplikasi Telegram memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan kompetitornya. Aplikasi Telegram merupakan aplikasi perpesanan ringan yang ukuran file-nya hanya 24 MB saja.

Bahkan sistem keamanan aplikasi Telegram lebih terjamin. Diantaranya seperti untuk bisa masuk ke akun Telegram, kalian harus menginputkan PIN terlebih dahulu yang ingin dikirimkan pada nomor hp terkait akun.

Cara Membuat Status Di Telegram

Cara Membuat Status di Telegram
Tutorial Membuat Status di Telegram

Salah satu kelemahan aplikasi Telegram adalah kalian belum bisa update status dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, status yang bisa kalian buat hanya dalam bentuk video pendek dan foto saja. Akan tetapi, semoga aplikasi Telegram ke depannya terus mengembangkan berbagai macam fitur, terlebih fitur update status dalam bentuk tulisan.

Di samping itu, Telegram tidak mempunyai fitur khusus untuk bisa melihat status dari pengguna lain. Kalia hanya dapat melihat status berbentuk foto lewat profil kontak dari pengguna lain. Sebagai alternatif status berbentuk tulisan, kalian bisa mengisi profil dalam biografi untuk menggantikannya, namun kata yang bisa ditulis hanya terbatas pada 70 huruf.

Berikut ini, ada beberapa cara membuat status di Telegram yang bisa kalian ikuti panduannya :

Metode 1 : Membuat Status Di Telegram Melalui Foto Profil

Cara membuat status di Telegram yang pertama adalah lewat foto profil. Walaupun sedikit berbeda dari aplikasi kebanyakan, tapi aplikasi ini cukup unik dan sedikit merepotkan. Jika kalian tertarik update status, kalian wajib membuat foto yang baru sebagai pengganti foto profil kalian terlebih dahulu.

Walaupun demikian, status pada foto profil kalian kemungkinan besar menjadi lebih gampang terlihat pengguna Telegram yang lainnya. Selain itu, akan langsung masuk ke list kontak Telegram yang tersimpan.

Simak cara membuat status di Telegram lewat foto profil berikut :

  • Buka ke aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  • Tekan ikon menu di ujung kiri atas.
  • Pilih opsi pengaturan.
  • Tekan ikon kamera.
  • Selanjutnya pilih foto untuk foto profil.
  • Kemudian crop foto sesuai yang kalian mau. Silahkan edit terlebih dulu sebelum kalian memakainya.
  • Setelah itu, tekan ikon cawang dan konfirmasi foto yang dipakai.
  • Selanjutnya foto profil kalian akan langsung berubah sesuai foto yang kalian pilih tadi.

Apabila kalian ingin menggunakan Telegram untuk edit foto, maka ada beberapa pilihan tombol edit yang bisa kalian gunakan, di antaranya :

  • Tombol rotasi, dapat memutar foto profil sesuai kebutuhan.
  • Tombol cermin, membuat foto bisa dibalik seperti cermin.
  • Tombol pensil, yang memingkinkan foto profil bisa di edit dengan menambahkan coretan pada foto, seperti pensil berbagai warna yang dapat disesuaikan kebutuhan.ng disesuaikan dengan kebutuhan, menambahkan stiker, hingga membuat tulisan pada foto.
  • Tombol mengubah warna foto, yang memungkinkan foto profil bisa diubah warna dasarnya sesuai dengan kebutuhan mulai dari penghalus, Tingkatkan, dan Exposur.

Selain memakai fitur editing bawaan dari Telegram, kalian juga dapat menggunakan beberapa aplikasi editing foto, seperti Canva, Lightroom, dan lain sebagainya. Jika sudah selesai diedit, kalian hanya perlu posting saja.

2. Membuat Status Di Telegram Melalui Fitur Biografi

Cara membuat status di Telegram yang kedua adalah dengan menggunakan fitur biografi. Fitur BIO di Telegram hanya dapat memuat sebanyak 70 huruf, jadi tergolong sedikit jika untuk melakukan update status. Namun jika kalian tidak begitu memeprmasalahkannya, bisa menulis bagian biografi ini sesukanya.

Cukup gunakan 70 huruf yang ada untuk membuat biografi sesuai keinginan. Tulisan biografi ini dapat dipakai sebagai status supaya orang lain dapat mengetahui diri kita sendiri. Silahkan coba cara membuat status di Telegram lewat Bio :

  • Buka aplikasi Telegram.

  • Masuk kembali pada menu pengaturan dengan klik ikon garis tiga horizontal di bagian kiri atas.
  • Selanjutnya di sana akan ada kolom Bio. Tekan kolom tersebut.
  • Silakan untuk memasukkan beberapa hal mengenai diri kalian. Pengguna lainnya ketika membuka profil kalian, maka akan secara otomatis melihat bio tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa melalui fitur biografi ini, kalian hanya diberikan 70 karakter saja, sehingga status harus singkat, jelas, dan padat.

Kesimpulan

Setiap aplikasi memang menawarkan kelebihanya masing-masing, tidak terkecuali Telegram dengan banyak kelebihan dan fitur yang telah dijelaskan. Tentu saja, fitur Telegram ini akan terus diperbarui. Mungkin saja ke depannya akan ada beberapa fitur lain.

Selain itu, terkait cara membuat status di Telegram sendiri hanya bisa dilakukan lewat foto profil dan Bio Telegram. Mudah-mudahan ke depannya Telegram lebih memperhatikan fitur update status tersebut untuk kenyamanan penggunanya.

Related posts