Cara Crop di Photoshop

Saat melakukan proses editing gambar atau foto, biasanya Kamu harus memotong beberapa bagian gambar yang tidak diperlukan. Nah, pada saat inilah Kamu memerlukan cara crop di Photoshop memakai Crop tool. Alat crop adalah senjata paling ampuh untuk memotong beberapa bagian pada gambar. Selain croop tool sebenarnya ada Marque tool yang juga bisa dimanfaatkan untuk memotong objek pada gambar.

Adobe photoshop adalah software editing foto terpopuler dan terbaik dari Adobe System. Tidak hanya menambahkan efek dalam sebuah gambar atau foto saja. Tetapi juga dapat dipakai untuk fungsi lainnya, diantaranya memotong objek foto, menempelkan tulisan pada foto, dan lainnya. Oleh karena itu, aplikasi ini wajib sekali dimiliki oleh penggiat fotografi atau bagi pemula yang ingin mempelajari editing foto menggunakan Photoshop.

Meskipun tidak sepraktis cara crop foto di Hp, tentu saja crop gambar di Photohop lebih profesional. Selain itu, Photoshop sangat cocok dijadikan sebagai perangkat lunak untuk pembuatan banner, gambar logo dan lainnya.

Kenapa Objek Foto Harus di Crop?

Pemotongan objek foto biasanya dilakukan untuk menghilangkan bagian-bagian pada gambar yang tidak perlu. Jadi, Kamu hanya mengambil bagian-bagian yang dirasa penting pada objek gambar itu sendiri. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan untuk melakukan resize gambar menjadi lebih kecil.

Alasan lainnya, bisa jadi Kamu ingin membuat pas foto, sehingga perlu dilakukan pemotongan bagian tertentu pada objek. Atau bisa juga dengan menghapus latar/background pada foto karena ingin diganti menggunakan background warna yang sesuai.

Cara Crop di Photoshop

Cara Crop di Photoshop
Memotong Foto di Photoshop

Cara Memotong Foto di Photoshop

Bagi Kamu yang masih belum memahami teknik cropping pada Photoshop, silahkan ikuti beberapa panduan cara memotong foto di Photoshop berikut :

1. Teknik Memotong Foto di Photoshop Dengan Crop Tool

Crop tool adalah tool di Photoshop yang paling sering digunakan untuk memotong bagian tertentu pada foto. Kamu bisa memotong beberapa bagian yang dirasa tidak perlu pada doto. Saat memakai tool ini, Kamu bisa memotong gambar secara bebas atau bisa juga menyesuaikan ukurannya. Biasanya sesuai dengan rasio 5×7, 5×3, 4×5, 5 x4 atau yang lainnya.

Adapun tutorial cara crop di Photoshop memakai Crop Tool ini ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka foto atau gambar yang diinginkan untuk dipotong di aplikasi Photoshop, pilih file kemudian buka file tersebut dengan memilih tab Open. Untuk lebih mempersingkat waktumu, tekan kombinasi tombol CTRL+O saja jika ingin membuka file tersebut.
  • Jika gambar yang Kamu pilih tadi sudah terbuka, selanjutnya tekan Crop Tool di menu samping. Silahkan klik kanan jika ingin menampilkan tool semacamnya.
  • Seleksi bagian yang Kamu inginkan, lalu pilih bagian lainnya yang akan diambil.
  • Selanjutnya jika sudah selesai, Kamu tinggal tekan enter. Selain itu, Kamu juga bisa mengakses Move Tool lalu klik Crop.
  • Jika sudah, maka gambar yang sudah Kamu crop tadi akan terpotong. Selanjutnya, Kamu bisa menyimpan gambar dengan cara memilih tab File kemudian tekan Save As. Bisa juga memakai Shortcut atau dengan menekan kombinasi tombol Shift+Ctrl+S.

Namun tool tersebut hanya bisa digunakan untuk memotong foto dengan potongan persegi saja. Jika Kamu ingin memotong gambar lewat bentuk lainnya, Kamu bisa memakai alat untuk memotong gambar lainnya.

2. Teknik Memotong Foto di Photoshop Dengan Marque Tool

Cara crop di Photoshop berikutnya ialah dengan memanaatkan Marque Tool. Alat ini bisa digunakan untuk menyeleksi objek, Kamu bisa memakainya untuk meng-crop gambar. Memakai tool ini juga bisa dijadikan cara tercepat dalam memotong gambar.

Adapun cara memotong foto di Photoshop dengan Marque Tool, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka foto atau gambar yang Kamu inginkan, caranya cukup memilih opsi “File” kemudian pilih “Open” atau bisa juga memakai Shortcut dengan menekan CTRL+O.
  • Jika gambar/foto yang akan di edit sudah terbuka, selanjutnya pilih tab Marque Tool dalam menu yang terletak di samping.
  • Pilih gambar yang akan di edit menggunakan tool tersebut, atau sesuai kebutuhan/keinginan. Silahkan tekan tombol Alt+I+P pada keyboard.
  • Foto atau gambar akan terpotong secara otomatis sesuai penyortiran yang Kamu lakukan sebelumnya.
  • Jika sudah fix, Kamu bisa menyimpan foto tersebut dengan cara pilih File dan Save As. Untuk proses lebih cepat silahkan tekan kombinasi tombol Shift+Ctrl+S.

3. Cara Memotong Foto di Photoshop Dengan Custom Shape Tool

Cara memotong foto di Photoshop melalui tool ini bisa dibilang unik, sebab Custom Shape Tool bisa memotong gambar sesuai dengan bentuk yang Kamu inginkan, seperti hewan, bentuk love, lingkaran dan lainnya. Simak panduannya berikut ini :

  • Silahkan buka foto atau gambar yang Kamu inginkan, pilih File kemudian Open.
  • Lalu jika gambar sudah terbuka, Kamu tinggal buka Custom Shape Tool di photoshop saja.
  • Silahkan pilih shape path lalu pilih bentuk gambar yang Kamu inginkan. Nah, jika software Photoshopmu tidak menyediakan jenis bentuk yang banyak, Kamu  bisa masuk ke opsi setting dan klik “All”.
  • Bentuk shape sesuai selera di objek gambar yang Kamu edit.
  • Jika sudah, selanjutnya tinggal pilih opsi Pen Tool.
  • Kamu bisa mengisi feather radius, opsi ini biasanya untuk menampilkan tingkat blur. Apabila Kamu ingin tingka ketajaman yang kuat, tinggal mengisinya dengan 0.
  • Lalu tekan tombol kombinasi Ctrl+X di keyboard. Metode ini dilakukan untuk memotong atau menggunting objek gambar yang sudah terseleksi.
  • Silahkan buat canvas yang baru, caranya tekan Ctrl+N. Lakukan pengaturan ukkuran pada canvas yang dibuat lebih besar dibandingkan hasil crop yang Kamu lakukan sebelumnya.
  • Selanjutnya di canvas baru, silahkan tekan Ctrl+V yang digunakan untuk menempelkan bagian atau objek yang sudah terseleksi.

4. Cara Memotong Foto di Photoshop Dengan Quick Selection Tool

Teknik crop foto di Photoshop ini adalah hasil perkembanga dari teknologi, sebab Kamu bisa mengambil sebuah objek foto. Baru kemudian bisa menempelnya di foto/gambar lain. Selain itu jiika Kamu ingin mengganti latar belakang foto, bisa juga memakai metode ini.

Quick Selection Tool adalah tool yang bisa digunakan untuk menyeleksi foto dengan otomatis sesuai kebutuhan. Adapun langkah-langkah cara crop di Photoshop menggunakan Quick Selection Tools ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka foto atau gambar yang Kamu inginkan, caranya pilih “File” kemudian tekan “Open” atau bisa juga memakai tombol kombinasi Ctrl+O.
  • Jika gambar sudah terbuka, Kamu tinggal pilih tab Quick Selection Tool di menu samping.
  • Untuk mempermudah proses sortir, Kamu bisa mengatur ukuran tool.
  • Seleksi foto atau gambar menggunakan Quick Selection Tool. Pilih objek yang akan dipotong. Kamu bisa melakukannya sampai sesuai keinginan.
  • Jika sudah, cukup tekan Ctrl+X untuk memotng objek yang sudah terseleksi.
  • Silahkan buat canvas yang baru dengan menekan Ctrl+N. Selanjutnya tinggal atur ukuran pada cancas, bisa lebih besar dibandingkan hasil crop objek, atau sesuai keinginan.
  • Jika sudah masuk ke canvas baru, silahkan tekan Ctrl+V apabila ingin menempelkan objek foto yang sudah terseleksi sebelumnya.

Dengan 4 cara crop di Photoshop di atas, kini Kamu bisa leluasa menggunakan Photoshop untuk memotong bagian pada objek. Selamat mencoba!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019