Cara Chat Toko di Shopee

Bagaimana cara chat toko di Shopee? Bertanya tentang produk kepada penjual seringkali dilakukan guna memastikan hal-hal yang harus kita ketahui. Seperti keaslian produk yang akan dibeli, mengetahui ukuran produk dan stok warna yang tersedia.

Jadi untuk meminimalisir beberapa hal yang tak diinginkan, tak sedikit penjual menyarankan agar calon konsumen bertanya lebih dulu sebelum melakukan pembayaran atau biasa dikenal dengan istilah checkout. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara chat toko di Shopee.

Cara Chat Toko di Shopee

Cara Chat Toko di Shopee
Mengirim Chat Toko di Shopee

Mengirim Chat Toko di Shopee

Saat mellihat barang atau produk menarik di Shopee, sebelum Kamu melakukan pembelian sebaiknya tanyakan stok produk terlebih dahulu kepada penjualnya. Setelah mengirim chat toko di Shopee untuk menanyakan stok produk yang tersedia, baru bisa dilakukan checkout atau pembayaran.

Sementara bagi yang belum mengetahui cara chat toko di Shopee lewat smartphone, Kamu bisa mengikuti panduan berikut :

1. Mencari Seller di Shoee

Untuk menemukan toko di Shopee, maka Kamu tinggal mencarinya langsung lewat kolom pencarian, di halaman beranda akun Shopee. Kemudian tinggal ketikan ID toko atau nama tokonya dan Kamu pun akan langsung melihat toko yang dituju. Tak hanya itu, Kamu juga dapat mencarinya dengan menggunakan produk yang dijual.

2. Kunjungi Seller di Shopee

Sebenarnya sesudah memilih produk di aplikasi Shopee, Kammu langsung bisa mengirim chat toko di Shopee. Adapun cara chat toko di Shopee tersebut yaitu dengan mengklik tombol yang memiliki ikon/gambar bubble pada pojok kiri bagian bawah. Bisa juga mengunjungi toko atau sellernya terlebih dahulu.

3. Langsung Chat Toko di Shopee

Cara chat toko di Shopee selajutnya, sesudah masuk ke halaman toko tersebut. Tinggal tekan tombol yang bertuliskan chat, setelah itu Kamu akan langsung diarahkan menuju dialog chat. Tinggal kirim chat saja ke penjual atau toko sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa langkah cara chat toko di Shopee dengan mudah untuk mengirimkan pertanyaan ke penjual yang ada di Shopee mengenai ketersediaan barang atau produk yang Kamu inginkan.

Cara Mengetahui Apakah Chat Sudah Dibaca atau Belum

Cara mengetahui laporan chat sudah dibaca penjual atau belum mungkin penting bagi pembeli yang ingin segera mendapat balasan atau jawaban dari pihak seller atau toko di Shopee. Sebenarnya, tanda chat sudah dibaca oleh penjual atau belum tidak diperlihatkan. Meskipun demikian, Kamu tetap bisa melihat status seller yang online.

Untuk mengetahui dibaca atau belumnya chat yang Kamu kirimkan ke penjual Shopee biasanya dengan memperhatikan ikon tanda seru. Selain itu, umumnya hanya berpedoman terhadap aktivitas akun seller di Shopee tersebut. Selain itu, pastikan Kamu melihat performa chat seller yang bisa dilihat pada halaman toko Shopee tersebut.

Kamu bisa melihat performa pada halaman utama toko. Jika performa chat toko mencapai 99% biasanya semua pesan atau chat dari pembeli akan dibalas seluruhnya dengan jelas oleh penjual.

Jadi, tanda pesan telah dibaca Shopee umumnya akan muncul jika penjual membalas pesan atau chat langsung dari pembeli. Saat penjual mengaktifkan layanan auto reply pesan, secara otomatis chat yang Kamu kirimkan sudah masuk ke seller ata toko. Selanjutnya Kamu tinggal menunggu balasan toko tersebut saja.

Arti Ikon Tanda Seru Pada Chat Shopee

Dalam cara chat toko di Shopee, terkadang kita serinkali melihat tanda seru yang muncul di chat Shopee. Hal ini biasanya berkaitan dengan tingkat keamanan akuN Shopee. Adapun arti ikon tanda seru pada chat di Shopee ialah akun penjual sedang bermasalah karena telah melanggar kebijakan. Biasanya mereka terindikasi penipuan akibat laporan dari pembeli lain.

Jika saat mengirimkan chat toko di Shopee Kamu melihat tanda seru, sebaiknya jangan teruskan percakapan sebab toko tersebut sudah terindikasi penipuan. Tanda seru biasanya muncul saat pengguna sering mengirimkan chat yang sama. Selain itu, ada link yang terdapat pada pesan tersebut.

Kendala Chat Shopee Tidak Terkirim

Chat Shopee yang tidak terkirim membuat seseorang tidak dapat membalas chat, baik dari seorang pembeli atau penjual. Sehingga bisa menyebabkan terjadinya pembatalan transaksi.

Adapun cara mengatasi chat tidak terkirim atau tidak dapat melakukan chat di Shopee ialah dengan memastikan ketersediaan koneksi itnernet stabil dan berkualitas. Selain itu juga, tidak memakai VPN. Kamu harus memperhatikan terlebih dahulu apakah akun sudah terhubung ke aplikasi Shopee atau masih sedang menghubungkan.

Chat tidak dapat dilakukan di Shopee biasanya dikarenakan akun tersebut telah terindikasi melanggar kebijakan Shopee, khususnya terkait unsur penipuan.

Auto Reply Chat di Shopee

Auto Reply Chat di Shoopee ialah layanan membalas pesan otomatis yang diaktifkan oleh penjual untuk membalas pesan pembeli. Biasanya pesan tersebut berisi informasi tentang mekanisme berbelanja di toko tersebut dan proses pengiriman barang. Auto Reply Chat ini umumnya dipakai agar dapat memberikan kepastian jika toko/seller sudah siap menerima pesanan.

Biasanya auto reply chat di Shopee sendiri harus berisi tentang kejelasan informasi berkaitan dengan toko tersebut, mulai dari mekanisme pembelian, waktu pengiriman barang, penawaran harga dan waktu operasional toko tersebut. Jika penjual menerapkan layanan auto reply chat. Maka secara otomatis membuat para pembeli lebih nyaman. Selain itu, layanan auto reply chat di Shopee sendiri bisa diatur sesuai kebutuhan pejual.

Dengan adanya fitur auto reply chat bagi penjual sendiri dapat meningkatkan penjualan produk karena para pembeli merasa lebih nyaman.

Cara Mengaktifkan Fitur Chat Auto Reply di Shopee

Selain cara chat toko di Shopee bagi pembeli, para penjual juga tentu harus memanfaatkan layanan auto reply chat untuk memaksimalkan pelayanan kepada penjual. Di samping itu, jika ingin tokomu banyak dibanjiri pembeli dan terlihat profesional di Shopee bisa mencoba cara daftar Shopee Seller Center.

Supaya toko online yang Kamu miliki semakin berkembang, maka Kamu selaku penjual harus selalu rajin membuka layanan toko online-mu. Selain itu, Kamu juga harus cepat membalas chat yang dikirimkan pembeli. Namun persoalannya, tak semua penjual selalu standby di online shop mereka, jadi perlu cara agar komunikasi dengan pembeli terjalin dengan lancar. Salah satunya ialah dengan mengaktifkan fitur auto reply chat di Shopee.

Untuk mengaktifkan layanan auto reply chat ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba, diantaranya :

  • Silahkan masuk ke aplikasi Shopee, jika belum memiliki aplikasinya unduh di link berikut!
  • Setelah itu, login akun online shop-mu di Shopee.
  • Pilih menu “saya”, kemudian pilih setelan.
  • Kemudian pilih setting atau pengaturan chat. Lalu aktifkan layanan “kirim auto reply chat”.
  • Silahkan tuliskan pesan apa yang ingin Kamu sampaikan ke pembeli. Selanjutnya tekan ceklis jika ingin menyimpannya.

Itulah langkah-langkah cara mengaktifkan fitur auto reply chat di Shopee bagi penjual. Dengan begitu, Kamu bisa meningkatkan performa toko online-mu di mata pembeli.

Demikian panduan cara chat toko di Shopee yang dapat dimanfaatkan oleh para pembeli yang ingin menanyakan tentang deskripsi dan stok produk lebih jelas lagi. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019